img_title
Foto : Freepik/jcomp

IntipSeleb – Siapa yang tak pernah mendengar tentang susu kedelai? Seperti namanya, cara membuat susu kedelai adalah dengan cara mengambil sari dari kacang kedelai. Karena asalnya yang terbuat dari kacang kedelai, maka minuman ini termasuk ke dalam jenis susu nabati.

Susu kedelai biasanya menjadi favorit bagi kalangan yang sedang menjalankan program diet. Hal itu karena jenis susu ini memiliki kalori yang rendah dibandingkan jenis susu hewani. Susu kedelai juga merupakan alternatif yang baik untuk orang-orang yang alergi terhadap susu sapi ataupun susu hewani lainnya.

Mereka yang menerapkan gaya hidup vegan juga biasanya memilih susu kedelai daripada susu sapi. Seperti yang sudah umum diketahui, penganut gaya hidup vegan akan menghindari makanan atau minuman yang berasal dari hewan.

Tak kalah dari jenis susu lainnya, susu kedelai juga kaya akan gizi seperti tingginya kandungan protein, serat, magnesium, dan fosfor. Cara pembuatannya pun terbilang cukup sederhana, sehingga Anda akan dengan mudah menemukan tempat-tempat yang menjual susu kedelai ini.

Nah, jika tak ingin membelinya, maka Anda juga bisa mencoba membuatnya sendiri. Alat-alat yang dibutuhkan untuk membuatnya pun bisa dengan mudah ditemukan di rumah. Tanpa perlu berlama-lama lagi, berikut ini cara membuat susu kedelai sendiri.

Alat dan Bahan Membuat Susu Kedelai

Sebelum masuk ke pembahasan mengenai cara membuat susu kedelai, sebelumnya Anda perlu mengetahui apa saja peralatan dan bahan yang perlu disiapkan. Untuk bahan-bahannya, silahkan siapkan:

- 150 gram kacang kedelai kering

- Gula secukupnya

- Garam secukupnya

- Air Mineral secukupnya

- Bahan perasa seperti vanili, cokelat, atau stroberi

Sementara untuk peralatan dalam membuat susu kedelai, Anda sebaiknya menyiapkan beberapa perlengkapan seperti berikut ini:

- Saringan besi atau plastik

- Saringan kain

- Mangkuk besar

- Blender

- Teko

- Panci

Jika semua alat dan bahan yang dibutuhkan sudah selesai disiapkan, maka proses pembuatan susu kedelai sudah bisa dimulai.

Cara Membuat Susu Kedelai

1. Cuci Kacang Kedelai Hingga Bersih

Cara membuat susu kedelai diawali dengan mencuci kedelai terlebih dahulu. Tuangkan 150 gram kacang kedelai ke dalam saringan, kemudian tuangkan air untuk mencucinya. Pastikan kacang kedelai tercuci dengan bersih dengan cara mengaduk-aduknya dengan tangan.

2. Rendam Kacang Kedelai

Setelah kacang kedelai selesai dicuci hingga bersih, selanjutnya silahkan rendam kedelai terlebih dahulu sebelum mulai diproses. Perendaman kedelai ini dimaksudkan agar nantinya kedelai lebih mudah dikupas kulit arinya. Selain itu, kedelai juga akan menjadi lebih lunak sehingga semakin mudah untuk dihaluskan dan diambil saripatinya.

Siapkan mangkuk besar dan tuangkan air bersih hingga seluruh kacang kedelai dapat terendam. Kemudian biarkan kacang kedelai tersebut terendam selama kurang lebih 8 jam. Jika ingin lebih aman, Anda bisa membiarkannya terendam semalaman penuh.

Jika sudah merendamnya selama 8 jam atau semalaman, Anda bisa mengecek tingkat kelunakan dari kacang kedelai tersebut. Cara mengeceknya, silahkan ambil pisau dan cobalah untuk membelah butiran kedelai.

Apabila sudah terasa lunak dan mudah terbelah, maka kedelai sudah cukup lunak untuk diproses. Namun apabila kedelai dirasa masih keras, Anda bisa merendamnya kembali dan cek secara berkala hingga dirasa sudah cukup lunak.

3. Keringkan Kacang Kedelai yang Sudah Direndam

Apabila sudah selesai direndam, keringkan kacang kedelai dengan cara ditiriskan menggunakan saringan. Setelah semua air terbuang dan kedelai menjadi kering, masukkan ke dalam mangkuk besar.

Selanjutnya, kupas kulit ari dari kedelai tersebut. Untuk mengupasnya, bisa dengan cara meremas kedelai dengan tangan atau bisa juga merendamnya kembali ke air kemudian remas-remas kedelai saat di dalam air. Nantinya kulit ari dari kedelai akan terlepas dan mengambang di air. Bersihkan kulit ari yang terlihat mengambang di permukaan air menggunakan sendok.

Pengelupasan kulit ari ini dilakukan untuk membuat susu kedelai yang lebih bersih. Karena jika kulit ari kedelai tidak dibersihkan, bisa jadi susu kedelai yang dihasilkan akan memiliki tekstur yang lebih kasar.

Akan tetapi tidak perlu membuang keseluruhan kulit ari. Jika masih ada sedikit kulit ari yang tersisa maka tidak mengapa, karena tak akan terlalu berpengaruh lagi pada hasil akhir susu kedelai.

4. Blender Kacang Kedelai Sampai Halus

Tiriskan kacang kedelai yang sudah dibuang kulit arinya, kemudian masukkan kedelai tersebut ke dalam blender. Lalu tambahkan kira-kira tiga sampai empat cangkir air ke dalam blender, dan tutup blender dengan rapat.

Nyalakan blender dengan kecepatan tertinggi selama kurang lebih 1 menit. Setelah itu, cek apakah kedelai sudah lumat dengan halus dan tak tersisa butiran-butiran kasar. Apabila masih menemukan butiran yang kasar, Anda bisa melumatkannya lagi dengan blender selama sekitar 15 detik.

5. Saring dan Rebus Susu Kedelai

Keluarkan kedelai yang sudah lumat dari blender, kemudian letakkan pada saringan kain. Saringan kain tersebut bisa juga diganti dengan kain kasa. Penyaringan ini dilakukan untuk mendapatkan saripati dari kedelai.

Letakkan saringan kain di atas panci, kemudian perlahan-lahan peras saringan yang berisi kedelai tersebut hingga kedelai kering dan semua saripatinya tertuang ke atas panci.

Jika seluruh saripati sudah tertuang ke panci, kedelai yang tersisa akan menjadi kering dan berbentuk seperti ampas. Anda bisa memilih apakah ingin memanfaatkan ampas tersebut atau ingin membuangnya saja.

Panaskan susu kedelai yang sudah terisi ke dalam panci dengan menggunakan api sedang. Sesekali aduk susu kedelai, dan perhatikan agar jangan sampai susu menguap terlalu banyak karena susu kedelai dikenal mudah sekali menguap.

Tunggu hingga susu kedelai mendidih, kecilkan api pada kompor. Selanjutnya tambahkan sedikit garam agar susu kedelai nantinya memiliki rasa yang lebih seimbang. Kemudian tambahkan juga gula sesuai selera, serta perasa yang sudah disiapkan sebelumnya. Sebaiknya anda memilih salah satu perasa saja ke dalam susu agar jangan sampai rasa susu menjadi aneh.

Setelah garam, gula dan perasa sudah selesai ditambahkan, selanjutnya kembali didihkan susu kedelai sambil diaduk hingga rata selama kurang lebih 20-25 menit. Dengan begitu, rasa susu kedelai akan menjadi lebih menyatu dengan bahan-bahan perasa lainnya.

6. Sajikan Susu Kedelai yang Sudah Jadi

Jika susu kedelai sudah dirasa menyatu dengan bahan-bahan perasa, selanjutnya matikan api kompor. Biarkan susu kedelai di dalam panci agar menjadi lebih dingin. Jika suhu dari susu kedelai sudah mencapai suhu ruang, siapkan teko dan tuangkan susu ke dalamnya. Kemudian masukkan teko yang berisi susu ke dalam lemari es.

Apabila susu kedelai selesai didinginkan, di bagian permukaannya akan terlihat sebuah lapisan tipis. Sebelum susu disajikan, singkirkan lapisan tipis itu terlebih dahulu dengan menggunakan sendok. Kemudian silahkan buang saja lapisan tersebut.

Setelah seluruh lapisan tipis sudah dibuang, sediakan gelas untuk menyajikan susu kedelai dan Anda pun sudah bisa menikmatinya. Sisa dari susu kedelai di teko bisa disimpan kembali di lemari es. Susu kedelai yang disimpan di lemari es bisa awet hingga satu minggu. (nes)

Topik Terkait