X
  • Martunis Ronaldo

IntipSeleb – Nama Martunis pasti sudah tidak asing lagi bagi penggemar sepak bola. Pasalnya, Martunis merupakan korban tsunami Aceh 2004 silam yang menginsipirasi pesepak bola dunia Cristiano Ronaldo. Tak hanya dijadikan sebagai inspiratornya, Martunis justru diangkat sebagai anak oleh pemain terbaik dunia itu.

Meski sudah diangkat menjadi anak, Martunis tetap kesulitan berkomunikasi dengan ayahnya. Kini, di usia 22 tahun ia akan menggelar acara pernikahan. Di tengah jadwalnya yang sibuk, Cristiano Ronaldo sempat mengucapkan selamat atas rencana pernikahan yang akan digelar pada Februari mendatang. Lantas, siapa sebenarnya Martunis? Simak ulasan berikut.

Korban tsunami Aceh 2004

Martunis Ronaldo
Sumber: Instagram/@martunis_ronaldo

Nama Martunis mulai melambung setelah dikabarkan sebagai anak kecil berusia 6 tahun yang terombang-ambing di laut selama sembilan hari. Hal ini lantaran dirinya merupakan korban tsunami Aceh 2004. Saat ditemui, Martunis mengenakan jersey Portugal dengan nomor punggu dan nama Cristiano Ronaldo. Berita itu sampai ke telinga Ronaldo yang langsung bersimpati dan menemui Martunis seperti dilansir dari VIVA.co.id.

Martunis menjadi salah satu inspirator Ronaldo karena kegigihannya dalam menyelamatkan diri. Tahun 2013, Ronaldo ditetapkan sebagai duta Mangrove di Bali. Penghargaan itu diberikan setelah mengetahui kisah perjuangan Martunis dari musibah yang melanda tempatnya, Aceh. Ia berhasil diselamatkan setelah tersangkut di hutan mangrove. Itulah asal usul mengapa Ronaldo terinpirasi dari kisah Martinus dan mendapat predikat sebagai duta mangrove.

Anak angkat Cristiano Ronaldo

Martunis Ronaldo
Sumber: Instagram/@martunis_ronaldo

Sejak bencana tsunami Aceh melanda tempat kelahiran, Martunis kehilangan ibu, kakak dan adiknya. Kisah perjuangan melawan arus tsunami sempat menghebohkan publik hingga mancanegera. Ia selamat setelah meraih sepotong kayu, berpindah ke kasur yang kemudian tenggelam, memanjat pohon hingga ditemukan pada 15 Januari 2005. Perjuangan selama 21 hari bertahan dari arus tsunami itu diketahui oleh awak media televisi Inggris yang meliput wilayah itu. Karena mengenakan jersey Portugal, akhirnya Martinus sempat viral di televisi Eropa. Perjuangan itu diketahui oleh Ronaldo dan kini menjadikan Martunis sebagai anak angkatnya.

Selain Cristiano Ronaldo, para pemain bintang top sepak bola Portugal bersimpati seperti Luis Figo, Nuno Gomes, pelatih Luiz Felipe Scolari, serta Gilberto Madail, ketua Federasi Sepak Bola Portugal. Akhirnya Federasi Sepak Bola Portugal mengundang secara resmi Martunis ke negaranya. Ia juga pernah diundang oleh Madonna ke tempat tinggalnya. Mereka berdua berkeliling ke tempat wisata serta kota-kota di Inggris.

Akan menikah

Martunis Ronaldo
Sumber: Instagram/@martunis_ronaldo

Telah menjalin hubungan sebagai sepasang kekasih dengan wanita bernama Sriwahyuni, Martunis telah bertunangan pada 29 Desember mendatang. Dilansir dari VIVA.co.id, Martunis dan Sriwahyuni akan menggelar pernikahan pada Februari 2020 mendatang. Pernikahannya belum diketahui apakah dihadiri oleh ayah angkat atau tidak. Pasalnya, untuk berkomunikasi dengan Ronaldo saja harus melalui asisten pribadinya. Bukan hal yang mudah untuk mengundang pesepak bola ternama dunia itu untuk hadir di acara pernikahan anak angkatnya.

“Kalau misalkan Ronaldo ya kita kalau misalnya ada waktu, pasti kita undang ya. Tapi karena kita butuh investor yang cukup sponsori, dia datang ke sini. Tapi kalau misalkan dia enggak sibuk, nanti datang,” kata Martunis saat ditemui tim VIVA.co.id. 

Pernah gabung dalam sepak bola Eropa

Martunis Ronaldo
Sumber: Instagram/@martunis_ronaldo

Kepiawaiannya terhadap olahraga kaki, sepak bola membuahkan hasil. Martunis menjadi bagian dari akademi tim muda Sporting pada 2015 lalu. Berdasarkan laporan VIVA.co.id, saat berusia 17 tahun, Martunis dikontak direktur klub asal Portugal, Sporting CP.​ Kontrak Martunis bersama Sporting Lisbon sudah usai bulan Juni 2016 lalu. Lewat awak media, Martunis menceritakan kendalanya di Sporting, mulai dari harus bersaing dengan pemain berpostur besar, masalah cuaca, hingga makanan. Ia juga mengatakan, nasihat dari Cristiano Ronaldo yang bisa membuatnya terus bertahan di Sporting seperti dilansir dari VIVA.co.id.

Jadi YouTuber

Martunis Ronaldo
Sumber: Instagram/@martunis_ronaldo

Seperti yang sedang marak, Martunis juga aktif di media sosial, bahkan Instagram @martunis_ronaldo telah diverifikasi. Ia juga melebarkan sayapnya ke dunia YouTube. Kanal Martunis Ronaldo 07 dipenuhi dengan konten video dirinya. Yang terbaru, ia membuat video vlog di Ibu Kota Jakarta bersama calon istrinya. Cowok 22 tahun itu juga mengemas cerita dengan Ronaldo dalam bentuk video.