img_title
Foto : Berbagai sumber

IntipSelebTempat wisata di Jakarta ada banyak sekali. Tentunya, sebagai Ibu Kota negara, Jakarta menjadi salah satu wilayah yang menjadi tujuan wisata. Baik dari wisatawan lokal maupun wisatawan dari mancanegara. Maka tak heran jika banyak tempat wisata di Jakarta yang namanya sudah tak asing alias populer di kalangan masyarakat.

Meskipun banyak destinasi wisata di Jakarta yang populer karena menawarkan fasilitas dan juga lokasi yang menarik untuk dikunjungi, terkadang tentunya anda akan merasa bosan bukan jika hanya datang ke tempat wisata yang itu-itu saja.

Selain itu, anda juga pasti terkadang ingin menikmati suasana baru yang orang lain belum banyak yang tahu, sehingga memiliki kesan tersendiri ketika mengunjungi. Karena tak jarang, jika tempat wisata sudah terlalu populer maka jumlah pengunjungnya akan sangat banyak, sehingga mungkin saja malah akan membuat masa liburan anda terganggu karena terlalu ramainya.

Jika anda merasakan hal demikian, maka tak perlu khawatir, karena berikut ini akan kami sajikan beberapa rekomendasi tempat wisata di Jakarta yang belum banyak orang yang tahu. Jadi cocok banget untuk anda yang hendak menentukan lokasi wisata yang hendak dikunjungi di Ibu Kota Jakarta.

Penasaran ada apa saja tempat wisata di Jakarta yang jarang orang tahu? Simak beberapa wisata di Jakarta yang akan kami rekomendasikan berikut ini.

1. Museum Moja

Gmaps/MOJA Museum
Foto : Gmaps/MOJA Museum

Tempat wisata di Jakarta pertama yang akan kami rekomendasikan adalah Museum Moja. Untuk anda yang gemar berfoto, anda wajib sekali datang ke tempat ini. Karena di sini, banyak spot foto yang menarik dan tentunya akan sangat ciamik jika menghiasi feed Instagram anda.

Museum Moja berada di Gelora Bung Karno, Senayan dan cukup populer di kalangan kaum millenial. Untuk bisa masuk ke tempat ini, anda perlu merogoh kocek sekitar Rp110.000 saat hari biasa dan Rp125.000. Dan sekali masuk, akan diberi durasi selama kurang lebih dua setengah jam. Akan tetapi tentunya setara dengan suasana yang menarik untuk dikunjungi.

2. Pasar Petak Sembilan

Instagram/@ibnuwijayakusuma
Foto : Instagram/@ibnuwijayakusuma

Sudah tahukah anda jika ada tempat wisata di Jakarta yang berbentuk pasar yang menjajakan segala pernak-pernik maupun kuliner khas Tionghoa? Destinasi wisata di Jakarta pertama yang menjadi rekomendasi untuk mengisi waktu libur anda ada Pasar Petak Sembilan.

Pasar Petak Sembilan berada di Jalan Kemenangan Raya, Glodog, Tamansari, Jakarta Barat. Meskipun pasar, namun di sini anda bisa merasakan seolah berada di China, sebab, para pedagang di tempat ini banyak yang merupakan orang Tionghoa serta dagangan yang dijual pun serba-serba Tionghoa, yang tentunya lekat dengan warna merah dan lamphion khasnya.

Jika anda mengunjungi Pasar Petak Sembilan saat perayaan hari raya Tionghoa seperti Imlek, wah, sudah bisa dipastikan bahwa akan ramai dan yang pasti seru! Di tempat ini, anda bisa mencoba berbagai kuliner dan juga membeli makanan ringan seperti kue atau camilan serta permen.

Jika ingin menjajal kulinernya, anda bisa lebih baik bertanya terlebih dahulu sebab sebagian besar kuliner yang dijajakan non halal, akan tetapi masih ada yang halal dan tentunya enak dan sayang untuk dilewatkan, lho!

Selain itu, di sini juga menjual berbagai macam lamphion, dupa, baju Imlek untuk pria dan wanita serta perlengkapan ibadah untuk umat Hindu dan Budha.

Selain itu, banyak juga yang datang ke Pasar Petak Sembilan dengan tujuan untuk memberli obat-obatan herbal. Para pedagang di Pasar Petak Sembilan biasanya mulai berjualan saat subuh.

3. Museum di Tengah Kebun

Madewahyuni.net
Foto : Madewahyuni.net

Seperti namanya, museum yang berlokasi di Jalan Kemang Timur, Jakarta Selatan ini memang berada di tengah Kebun. Unik, ya. Untuk datang ke tempat wisata di Jakarta yang satu ini, anda tidak perlu membayar tiket masuk alias gratis. Namun sayangnya masih banyak yang belum tahu tentang keberadaan museum yang satu ini.

Selain itu, sedikit sulit untuk bisa masuk dan melihat-lihat isi koleksi museum ini. Setidaknya, satu rombongan hanya terdiri dari 7 hingga 12 orang saja. Selain itu jika memang sangat ingin datang ke tempat ini, anda perlu membicarakannya terlebih dahulu untuk pengelola museum. Lalu bagaimana dengan isi museum ini?

Begitu memasuki halamannya, anda perlu berjalan menyusuri kebun untuk menuju gedung utama. Bagian inilah yang disebut sebagai "lorong waktu". Setelah itu, di bangunan utama terdapat koleksi topeng, patung, hingga fosil. Kurang lebih koleksi yang ada di dalam Museum di Tengah Kebun ini terdapat 2.841 koleksi.

Karena sulitnya masuk ke tempat ini, itu menandakan bahwa isinya adalah barang-barang yang sangat berharga.
Jika anda tertarik, anda bisa mulai mencaritahu informasi tentang Museum di Tengah Kebun dan mengunjunginya bila mendapat kesempatan.

4. Pantai Pasir Putih PIK 2

Gmaps/Faruq Erfianto
Foto : Gmaps/Faruq Erfianto

Tempat wisata di Jakarta berikut ini mungkin anda sudah sering mendengarnya. Sebab, belakangan tempat ini mulai banyak diketahui dan menjadi tujuan wisata bagi sebagian orang. Sebab, Pantai Pasir Putih PIK 2 ini memiliki pemandangan yang bagus. Maklum saja, tempat ini pun baru rampung dikerjakan tahun 2020 lalu.

Di tempat ini, anda tentunya akan disajikan pemandangan pasir pantai yang indah seperti namanya. Anda juga bisa menggelar tikar dan duduk santai disana sambil menikmati makanan apabila anda membawanya. Menawarkan suasana alam dan juga pemandangan gedung-gedung tinggi yang membuat tempat ini tampak apik.

Jika tak membawa makanan sendiri, jangan khawatir, di sini juga menyediakan area foodcourts. Tak hanya itu saja, ada juga live music yang membuat suasana santai anda akan semakin menyenangkan. Dan yang paling penting, jika anda sangat gemar berfoto, mengabadikan foto di tempat ini hasilnya akan sangat bagus.

Sebab suasananya yang bersih dan 'fresh', membuat pemandangan sekitar layaknya berada di luar negeri. Pokoknya, wajib sekali untuk anda datang ke destinasi wisata di Jakarta yang satu ini.

5. Museum Macan

Gmaps/Museum Macan (Modern and Contemporary Art in Nusantara)
Foto : Gmaps/Museum Macan (Modern and Contemporary Art in Nusantara)

Tempat wisata di Jakarta selanjutnya yang menjadi rekomendasi untuk mengisi waktu liburan anda adalah Museum Macan yang berada di Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Di sini anda bisa melihat-lihat koleksi seni modern dan kontemporer Indonesia maupun Internasional.

Selain bisa melihat koleksi seni yang unik dan menarik, anda juga bisa mengabadikan potret di sini dan yang pasti Instagrammable banget!

Untuk masuk ke Museum Macam, maka diperlukan biaya kurang lebih Rp70.000. Jika yakin ingin mengunjungi Museum Macan, anda bisa cek kembali harga tiket officialnya, sebab dikhawatirkan harganya akan berubah sewaktu-waktu.

Demikian adalah sederet rekomendasi tempat wisata di Jakarta yang menarik dan jarang diketahui oleh orang lain. Anda bisa mencoba mengunjungi destinasi wisata di Jakarta di atas untuk mengisi waktu liburan anda. Semoga informasi di atas dapat berguna dan bermanfaat bagi anda ke depannya. (bbi)

Topik Terkait