img_title
Foto : Pinterest/robertharding

IntipSeleb – Tempat wista di Medan miliki beragam tempat yang seru untuk dikunjungi. Medan sendiri merupakan Ibukota provinsi Sumatera Utara. Sehingga tempat wisata di Medan pun berupa bentuknya,

Dari tempat wisata di Medan yang bertemakan alam, tempat wisata di Medan santai, atau bahkan tempat wisata di Medan yang menjadi trademark atau ikon dari kota tersebut.

Kota yang dipenuhi dengan ras melayu dan batak tersebut memiliki tempat wisata di Medan yang terus berkembang. Bagaimana tidak, Medan sendiri merupakan salah satu kota terbesar di Indonesia. Sehingga pengembangan tempat wisata di Medan pun cukup masif.

Lantas kira-kira, apa sajakah tempat wisata di Medan yang wajib kamu datangi? Penasaran? Jangan khawatir! IntipSeleb akan merangkum dari berbagai sumber untuk memberikan rekomendasi tempat wisata di Medan yang seru untuk dikunjungi. Tunggu apa lagi, yuk langsung intip ke bawah tempat wisata di Medan!

1. Masjid Raya Al-Mashun

wikipedia.com
Foto : wikipedia.com

Masjid Raya Medan atau Masjid Raya Al-Mashun merupakan sebuah masjid besar di Kota Medan dan menjadi salah satu ikon dari wilayah tersebut. Masjid ini sendiri dibangun di masa Kesultanan Deli, dengan gaya arsitektur perpaduan Maroko, Spanyol, dan Melayu.

Bentuknya pun unik seperti segi delapan, membentuk bagian dalam yang berbeda dibandingkan masjid lain pada umumnya. Kabarnya, luas Masjid Raya Medan ini mencapai 5 ribu meter persegi dan mampu menampung jumlah jamaah yang besar hingga 2.000 orang.

2. Tjong Yong Hian Gallery

lokasinesia.com
Foto : lokasinesia.com

Tjong Yong Hian Gallery adalah sebuah taman yang dibangun oleh Tjong Yong Hian, salah satu pengusaha sukses sekaligus tokoh berpengaruh lainnya di Kota Medan di akhir abad 19. Ia juga merupakan kakak Tjong A Fie, sang pendiri Museum Tjong A Fie Mansion.

Kedua kakak beradik tersebut bahu membahu membangun bisnis untuk menjadi salah dua orang terkaya di Medan. Selain bentuk bangunan yang khas, tempat wisata satu ini menyediakan pemandangan taman. Taman yang disebut juga Taman Kebun Bunga atau Taman Tjong Yong Hian ini diresmikan pada 2011.

Dulunya, tempat wisata satu ini merupakan rumah dari Tjong Yong Hian. Taman ini pun dibuka sebagai salah satu tempat wisata seru di Medan, untuk mengenang peran besar Tjong Yong Hian dalam perkembangan kota. Taman ini sangat seru bila dikunjungi, pasalnya tempat ini cocok untuk menghabiskan waktu santai, foto-foto konten, bahkan mendamaikan pikiran dengan tamannya yang ditata rapi dan kolam kecilnya yang terlihat cantik.

3. Danau Toba

wikipedia.com
Foto : wikipedia.com

Tak lengkap bila ke Sumatera Utara jika tidak mengunjungi Danau yang paling terkenal seantero perlegendaan Indonesia. Bagi sebagian besar orang, Danau Toba menjadi alasan utama untuk liburan ke Medan.

Danau Toba merupakan salah satu danau terbesar di Indonesia yang terletak di Sumatera Utara. Danau yang juga mendapat predikat sebagai danau vulkanik terbesar di dunia ini memiliki luas sekitar 1.130 kilometer persegi.

Terletak sekitar 150km di selatan Kota Medan, berbagai area wisata di sekitar Danau ini bisa dicapai dengan berkendara minimal 4 jam dari Medan. Cukup jauh, dan akan lebih baik jika menginap di berbagai hotel yang ada di sekitar Toba jika ingin ke sana. Opsi lainnya adalah mengikuti Day Tour dari Medan agar bisa beristirahat sepanjang perjalanan dan tak begitu alami kelelahan saat di sana.

Kalau menginap di sekitar Danau Toba, salah satu cara terbaik untuk keliling Danau Toba dan Pulau Samosir adalah dengan mengikuti Cycling Tour! Dengan tour ini, kamu bisa berkelilling beberapa spot bagus di Danau Toba dan Pulau Samosir, dan bahkan mengunjungi desa adat yang ada di sana.

Danau Toba sendiri dipercaya masyarakat setempat adalah sebuah dataran kering yang ditinggali seseorang pria bernama Toba. Dikisahkan bahwa Toba suatu hari mendapatkan seekor ikan emas ajaib ketika sedang memancing. Ikan emas tersebut kemudian berubah menjadi seorang wanita cantik dan membuat Toba jatuh cinta. Singkat cerita, Toba menikah dengan wanita tersebut dan memiliki seorang anak laki-laki yang diberi nama Samosir. Namun rupanya terdapat beberapa konflik yang membuat Toba menguak masa lalu sang istri sebagai ikan di hadapan Samosir. Akhirnya, Saat itu juga, dari jejak kaki Toba muncul mata air yang mengalir sangat deras. Mata air itu tidak bisa berhenti dan akhirnya menenggelamkan desa Toba beserta beberapa desa di sekitarnya.

4. Istana Maimun

wikipedia.com
Foto : wikipedia.com

Tempat wisata di Medan selanjutnya adalah Istana Maimun. Ini merupakan istana Kesultanan Deli dan menjadi ikon Kota Medan, istana ini didesain oleh arsitek dari tentara Kerajaan Belanda untuk Sultan Deli.

Arsitekturnya inilah yang membuat istana ini unik dan begitu populer -desain interiornya memadukan unsur-unsur Melayu, Islam, Spanyol, India, Belanda, dan bahkan Italia. Sekarang, Istana Maimun telah berubah menjadi sebuah museum dan salah satu tempat wisata di Medan yang populer.

5. Tjong A Fie Mansion

ksmtour.com
Foto : ksmtour.com

Bersaudara dengan Tjong Yong Hian Gallery, Tjong A Fie Mandion adalah sebuah mansion di Kota Medan yang dibangun oleh Tjong A Fie, seorang pedagang sukses di kota Medan pada akhir abad 19 hingga awal abad 20 dan menjadi salah satu tokoh paling berpengaruh di kota ini.

Mansion ini sekarang telah disulap menjadi sebuah museum, dan kamu pun bisa datang dan mengagumi bangunannya yang bergaya Art Deco dengan kombinasi pengaruh budaya China dan Eropa. Konon, arsitekturnya dipengaruhi oleh Cheong Fatt Tze Mansion yang tersohor di Penang, yang pernah muncul di salah satu adegan berpengaruh di film Crazy Rich Asians. Sejak saat itu, banyak yang mengunjungi tempat wisata satu ini untuk pemotretan atau menikmati karya arsitektur unik di Indonesia.

6. Merdeka Walk

pegipegi.com
Foto : pegipegi.com

Merdeka Walk terletak di Jalan Balai Kota, Kesawan, Kecamatan Medan Barat, Kota Medan. Wisata ini digagas pada zaman Bapak H. abdillah, SE. MBA sebagai Walikota Medan saat itu dan diresmikan pada tanggal 14 April 2005.

Lokasi Medan Walk didirikan di area bekas tempat parkir dan direnovasi sehingga menjadi tempat kuliner. Pengunjung dapat menikmati beragam sajian kuliner yang ditawarkan atau berjalan-jalan di sekitar. Terdapat banyak gerai yang menawarkan berbagai hidangan, mulai dari makanan tradisional seperti soto Medan, sup buntut, pecal, gado-gado, hingga western food seperti pizza, hamburger, dan lainnya.

Tersedia kurang lebih 700 kursi untuk pengunjung di Medan Walk. Posisinya berada di bawah pepohonan Trembesi sehingga memberikan keteduhan dari panas matahari. Pada malam hari, kelap-kelip lampu menghiasi tempat wisata ini sehingga mempercantik suasana.

Sehingga tak heran bila tempat wisata ini menjadi tempat yang cocok untuk menghabiskan waktu bersama dengan teman, keluarga, ataupun kekasih. Karena terdapat berbagai pilihan kegiatan selama di sana. Merdeka Walk pun menjadi tempat favorit warga Medan nongkrong loh!

Itulah dia sejumlah tempat wisata di Medan yang bisa jadi pilihan kalau kamu sedang berada di Medan. Jangan lupa dicatat ya!

Topik Terkait