img_title
Foto : Pexels/element5 digital

IntipSelebJenis tanaman hias rupanya terdapat berbagai macam, mulai dari jenis tanaman hias indoor dan juga jenis tanaman hias outdoor. Seiring perkembangan waktu, penjualan jenis tanaman hias juga meningkat. Pasalnya, kini banyak yang mencari jenis tanaman hias untuk menempati ruang-ruang kosong di rumah, kafe, restoran, perkantoran, dan tempat lainnya.

Untuk kamu yang sedang mencari jenis tanaman hias yang mudah dirawat dalam ruangan, maka cocok untuk merawat jenis tanaman hias indoor.

Kamu dapat menggunakan jenis tanaman hias indoor yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Fungsi dari jenis tanaman hias indoor sendiri di dalam sebuah ruangan, untuk membuat sirkulasi udara yang nyaman dan memberikan oksigen alami sehingga bisa disebut sebagai air filter alami.

Penggunaan jenis tanaman hias indoor di sebuah ruangan juga seakan-akan membuatnya terlihat lebih hidup. Namun, biasanya tanaman identik dengan pertumbuhan dari cahaya matahari, perlu air, dan hanya di outdoor saja.

Namun dengan banyaknya jenis tanaman, tanaman hias indoor pun menjadi pilihan pas untuk berada di dalam. Tak perlu cahaya matahari maksimal dan juga dapat dirawat dengan mudah, tanaman hias indoor cocok untuk pemula.

Selain tanaman hias indoor, kamu juga dapat mencoba merawat tanaman hias outdoor. Bagi kamu yang mungkin lebih senang dengan tanaman hias outdoor, Tanaman hias outdoor pun banyak pilihannya dan mudah juga merawatnya bila kamu tekun.

Lantas apa sajakah jenis dari tanaman hias yang mudah dikenali bagi pemula yang ingin memulai merawat tanaman? Penasaran? Jangan khawatir. IntipSeleb akan merangkum untuk kamu mengenai tanaman hias indoor dan outdoor yang bisa dijadikan rekomendasi. Tunggu apa lagi, check it out!

Tanaman Hias Indoor

1. Daun Monstera

Siapa yang tak mengenal tanaman hias satu ini yang sangat populer. Daun monstera menjadi sebuah tanaman yang memang sangat menarik di tempatkan di dalam rumah. Daun lebar unik dengan bagian rongga pada tengah daun benar-benar sangat menarik perhatian dan menjadi ciri khas dari daun monstera.

Melansir pada Pinhome, daun monstera hadir dari keluarga araceae. Di mana daun monstera masuk dalam kategori tanaman hias yang mudah dirawat. Dikarenakan tidak memerlukan asupan cahaya matahari secara langsung, maka ia sangat cocok berada dalam ruangan.

2. English Ivy

Menjadi salah satu tanaman yang digantung, daun tersebut cocok berada di dalam ruangan. Tanaman unik ini ditempatkan di dalam pot tanaman. Selain itu, tanaman satu ini juga dapat dijadikan tanaman pagar yang cantik. Cocok ditempatkan pada pot gantung, english ivy memiliki daun unik dan masuk dalam jenis tanaman yang merambat.

Berbeda dengan dua daun di atas, english ivy ini membutuhkan perhatian dari kamu. Pasalnya, tanaman ini harus dijaga kelembapannya dan harus rajin dibersihkan bagian daunnya. Karena debu yang akan menempel pada tanaman atau daun tersebut dapat menyebabkan kerusakan.

Kamu tak ingin bukan, niat mempercantik sebuah tempat justru jadi terlihat angker karena kurangnya perhatian. Sehingga merawatnya bagaikan keluarga sendiri dianjurkan untuk tanaman ini.

3. Rosemary

Hampir menyaingi popularitas daun monstera, rosemary ini juga digemari oleh para pecinta tanaman. Pasalnya, rosemary menjadi salah satu tanaman dengan sejuta manfaat bagi kesehatan. Tidak heran kehadirannya dalam sebuah ruangan sangat dinanti apalagi untuk para penggiat tanaman.

Selain sebagai dekorasi ruang yang menarik, rosemary mampu menurunkan kadar gula dalam darah, meringankan nyeri hingga menjaga kesehatan otak. Kamu akan dengan mudah mengetahuinya dari harum yang dikeluarkan tumbuhan ini. Daun rosemary pun juga mudah ditemukan bibitnya, sehingga cocok untuk pemula yang ingin fokus bertanam. Perawatannya sendiri cukup mudah. Kamu dapat menaruhnya di ruangan yang memiliki air conditioner.

4. Lidah Buaya

Tentunya, tanaman satu ini tak boleh ketinggalan menjadi tanaman pelengkap dalam ruangan yang kamu bangun. Terkenal sebagai tanaman yang memiliki manfaat untuk kecantikan, tanaman dalam ruangan bernama lidah buaya ini juga terkenal dengan manfaat lainnya.

Di mana lidah buaya bermanfaat untuk menghancurkan senyawa benzena yang dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan.

Senyawa benzena itu sendiri biasanya terkandung di dalam cat dinding rumah. Kamu bisa meletakkan tanaman lidah buaya ini di atas meja kerja atau meja belajar agar pikiran lebih fresh. Jangan lupa untuk memberikan perhatian dengan menaruhnya beberapa saat di bawah sinaran matahari serta menyiramnya dengan seperlunya saja.

Tanaman Hias Outdoor

1. Fuchsias

Nama yang cantik untuk sebuah tanaman. Jarang ditemukan di Indonesia, tetapi tanaman ini terlihat sangat tropis. Namun mereka sebenarnya menjadi tanaman yang cocok di musim dingin dalam kisaran 60 hingga 70 F. Tanaman ini mendapat manfaat dari musim dingin, jadi jangan berharap banyak bunga selama musim dingin.

Tanaman ini dapat tumbuh sangat cantik jika di tempatkan di tempat yang sejuk (45 hingga 50 derajat Fahrenheit) dengan cahaya rendah. Di musim semi, pindahkan tanaman kembali ke tempat yang cerah dan lanjutkan penyiraman secara teratur. Agar pertumbuhannya mulai dan menghasilkan tanaman yang bagus. Kamu harus merawatnya dengan menyiramnya setiap hari.

2. Pakis Jepang

Pakis Jepang menjadi tanaman outdoor yang sangat disukai oleh masyarakat Indonesia untuk ditanam di halaman rumah. Tanaman outdoor ini miliki ciri khas unik, yakni daunnya yang berenda dengan bentuk kelopak daun yang kecil.

Jika daun pakis biasanya hanya berwarna hijau, daun pakis Jepang memiliki tampilan warna hijau agak keunguan. Saat menanam tanaman satu ini, usahakan untuk meletakkannya di area yang teduh tapi masih tetap mendapatkan sinar matahari dan selalu jaga kelembapan tanahnya.

3. Aglaonema

Dikenal juga dengan sebutan sri rejeki merupakan tanaman hias yang populer dan banyak diburu. Menariknya, tanaman hias daun ini cocok dijadikan tanaman indoor maupun outdoor, karena aglaonema mampu tumbuh subur di iklim panas maupun dingin.

Tanaman hias daun yang satu ini banyak digandrungi oleh masyarakat karena keunikan corak pada daunnya yang berwarna merah, dan tulang daunnya yang berwarna hijau memikat mata bagi siapapun yang melihatnya.

Selain itu, tanaman hias ini baik untuk kesehatan. Aglaonema mampu menyuplai udara bersih lebih banyak serta menyerap zat beracun di udara, sehingga udara terasa lebih segar.

4. Pohon Palem

Tanaman hias outdoor lainnya adalah pohon palem. Tanaman hias daun yang satu ini juga cocok ditanam di wilayah tropis selama air dan sinar matahari yang didapatkan cukup.

Palem dapat tumbuh hingga ketinggian 12 meter dengan diameter 12 cm. Daunnya dapat berdiri tajam dengan panjang 10 cm.

Tanaman hias ini juga baik untuk kesehatan, karena mampu menyerap polusi sehingga meningkatkan kualitas udara di sekitarnya.

Itulah deretan tanaman hias indoor dan outdoor yang termasuk dalam jenis-jenis tanaman hias yang bisa kamu rawat dengan mudah.

Topik Terkait