img_title
Foto : Instagram/@ngemillterus.co & wulandari_dr21

IntipSelebBasreng alias Baso Goreng adalah salah satu camilan yang sudah tidak asing lagi di telinga anda bukan. Camilan yang satu ini mudah sekali ditemui dimana-mana, di pasar, di pedagang kaki lima, bahkan saking terkenalnya, banyak pula kini yang menyulap basreng dengan menggunakan kemasan yang apik, sehingga memiliki nilai jual yang lebih tinggi dibanding biasanya.

Lantas tahukah anda tentang asal usul camilan yang satu ini? Ternyata, basreng berasal dari daerah Jawa Barat, tepatnya di daerah Bandung. Jajanan ini sangat terkenal di Kota tersebut. Maka tak heran ya, jika ada panganan yang laris manis di suatu kota, pasti akan dicoba untuk dipasarkan di kota lainnya.

Pasalnya, meski berasal dari Bandung, jajanan yang satu ini sudah sangat merakyat. Hampir di setiap daerah di Indonesia, kita dapat menjumpai jajanan yang satu ini. Untuk yang belum tau, basreng terbuat dari bakso yang di potong kecil-kecil memanjang, kemudian digoreng sampai garing dan renyah.

Setelah itu, barulah diberi bumbu bubuk penyedap beraneka rasa, ada yang gurih dan juga pedas. Sekali coba basreng, pasti ingin terus memakannya. Karena memang seenak itu! Biasnya bakso yang dipilih untuk membuat basreng adalah bakso yang terbuat dari daging ikan. Namun kini banyak juga yang mencoba inovasi dengan menggunakan bakso ayam hingga daging sapi.

Nah, jika basreng adalah makanan favorit anda, sudahtahukah anda bagaimana cara membuat basreng? Jika belum, yuk simak artikel ini sampai selesai untuk mengetahui cara membuat basreng di rumah yang tentunya mudah.

1. Basreng bojot

Instagram/@wulandari_dr21
Foto : Instagram/@wulandari_dr21

Basreng bojot ini memiliki tekstur bakso goreng yang masih sedikit basah, jadi tidak garing dan renyah. Namun tetap, rasanya tidak kalah enak dengan basreng pada umumnya. Anda bisa mencoba membuatnya dengan resep di bawah ini. Resep di bawah ini dikutip dari YouTube Wais Alqorni.

Bahan-bahan membuat basreng

- 7 butir bakso goreng ikan ukuran besar
- 7 siung bawang putih
- 5 lembar daun jeruk
- 1 1/2 sdm cabai bubuk kasar
- 2 sdm cabai bubuk halus
- 1 sdm kaldu ayam
- 1 sdm bumbu atom

Cara membuat basreng bojot

1. Langkah pertama membuat basreng adalah dengan memotong kecil-kecil bakso yang telah disiapkan. Setelah selesai, kemudian taburi potongan bakso yang telah diiris tipis dengan tepung terigu (sedikit saja). Ini bertujuan agar bakso yang telah diiris tidak menempel satu sama lain. Pastikan tepung telah terbaluri di bakso.
2. Setelah itu cincang bawang putih hingga bertektur agak kasar dan sisihkan.
3. Goreng irisan bakso, usahakan seluruh permukakan bakso terendam ke dalam minyak. Masak sebentar saja, sampai bakso mengapung di atas minyak.
4. Setelah itu tumis bawang putih yang telah dicincang. Setelah itu, tambahkan daun jeruk yang telah diiris tipis-tipis. Masak hingga harum (jangan tumis terlalu gosong). Setelah itu angkat.
5. Bakso yang telah digoreng kemudian diberi bumbu atom, kaldu ayam dan juga bubuk cabainya. Kemudian aduk-aduk atau kocok di dalam wadah tertutup agar semua bumbu tercampur rata.
6. Setelah itu tambahkan minyak dari bumbu yang telah ditumis. Aduk-aduk dan basreng bojot siap dinikmati!

2. Basreng pedas daun jeruk

Instagram/@ngemillterus.co
Foto : Instagram/@ngemillterus.co

Bahan-bahan basreng pedas daun jeruk (dikutip dari YouTube Masak Bareng Teteh Vika)

- 1 pax basreng ikan (10 butir: disarankan untuk disimpan selama semalam terlebih dahulu di kulkas agar saat dipotong tidak lengket)
- Minyak goreng secukupnya
- 3 sdm cabai bubuk
- Bumbu tabur atom sesuaikan dengan selera
- setengah sachet bubuk bawang putih
- 10 lembar daun jeruk (diiris tipis dan digoreng, setelah itu ditumbuk)
- 5 sdm minyak goreng panas

Cara membuat basreng pedas daun jeruk

1. Langkah pertama adalah potong kecil-kecil bakso goreng, kemudian setelah selesai tambahkan tepung terigu. Taburi hingga merata agar potongan bakso tidak lengket.
2. Selanjutnya, goreng bakso hingga teredam minyak semua. Masak hingga benar-benar kering. Jika warna bakso mulai kecokelatan, kecilkan api agar matang sampai ke dalam.
3. Setelah itu siapkan wadah, dan tambahkan 3 sdm cabai bubuk, bubuk bawang putih, kemudian beri minyak goreng panas sebanyak 5 sdm. Aduk-aduk bumbu tersebut hingga tercampur rata.
4. lalu tambahkan basreng dan aduk-aduk hingga tercampur rata. Setelah itu barulah tambahkan daun jeruk yang telah digoreng dan ditumbuk. Tambahkan secukupnya saja.
5. Basreng siap dinikmati!

3. Basreng untuk bisnis

Instagram/@ngemillterus.co & wulandari_dr21
Foto : Instagram/@ngemillterus.co & wulandari_dr21

Bahan-bahan basreng (dikutip dari YouTube Wais Alqorni)

- 15 pcs basreng (Rp 10.000)
- 2 sdm Tepung Terigu (Rp 200)
- 30 gr cabe rawit kering (Rp 2500)
- 10 siung bawang putih (Rp 1000)
- 7 lembar daun jeruk (Rp 200)
- 1 bks kaldu jamur By Halawa (Rp 1000)
- 1 sdt micin (Rp 200)
- 1/2 sdt garam (Rp 200)

Cara membuat basreng

1. Hal yang pertama yang perlu anda lakukan adalah memotong basreng menjadi potongan kecil-kecil. Ukurannya tidak terlalu tipis namun tidak terlalu tebal juga. Setelah itu tambahkan 1 sdm tepung terigu agar potongan bakso tidak menempel.
2. Setelah itu panaskan minyak dan goreng bakso hingga matang atau kecokelatan. Setelah itu angkat dan tiriskan.
3. Setelah itu haluskan cabai rawit kering bisa diblender tanpa menggunakan air (jadi tercacah kasar). Setelah itu haluskan pula bawang putih dan tambahkan sedikit air. Kemudian disaring agar airnya tidak terlalu banyak.
4. Lalu iris tipis daun jeruk. Lalu tumis bawang putih yang telah dihaluskan, setelah matang, tambahkan daun jeruk hingga kering. Kemudian matikan kompor setelah matang dan tambahkan cabai bubuk yang telah dihaluskan. Jangan lupa tambahkan kaldu jamur, micin dan juga garam. Aduk-aduuk hingga tercampur rata.
5. Setelah itu baru lah tambahkan basrengnya. Aduk hingga semuanya tercampur rata.
6. Untuk dijadikan berbisnis, anda bisa mengemas basreng yang telah anda buat dengan standing pouch ataupun cup plastik. Semoga bisnis baru anda berjalan lancar!

Demikian adalah sederet resep sekaligus cara membuat basreng alias bakso goreng untuk anda. Basreng kini menjadi primadona, bahkan banyak bisnis yang ikut memasukkan basreng ke dalam salah satu produk mereka.

Membuat kemasan secantik mungkin. serta promosi yang baik, dapat membuat bisnis anda berkembang. Jangan lupa, pikirkan pula harga yang sesuai dengan kantong masyarakat agar produk anda tetap bisa laris manis di pasaran.

Dengan modal yang terbilang kecil, anda berkemungknan besar bisa lancar berbisnis basreng. Sebab, peminatnya sendiri cukup banyak di tiap daerah di Indonesia. Semoga informasi terkait resep basreng di atas bisa bermanfaat bagi anda dalam mengembangkan bisnis maupun dalam mengasah skill memasak anda di rumah.

Topik Terkait