img_title
Foto : Gmaps/Tri Pramudiyanto & Indra Susandi

IntipSelebTempat wisata di Sukabumi sangatlah beragam dan sayang anda lewatkan. Saat liburan, tak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi tempat wisata. Untuk anda yang sedang berwisata atau mengunjungi daerah Sukabumi, maka anda boleh sekali untuk mengunjungi tempat-tempat wisatanya.

Banyak destinasi wisata di Sukabumi yang bertemakan laut dan pantai, hal ini dikarenakan wilayahnya yang cukup luas hingga ke bagian pesisir pantai. Maka jangan heran, jika salah satu daerah yang masih masuk ke wilayah Jawa Barat itu memiliki wisata pantai yang cukup menakjubkan.

Tahukah anda destinasi wisata di Sukabumi mana saja yang menarik untuk dikunjungi? Yuk simak artikel ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai rekomendasi tempat wisata di Sukabumi yang sayang untuk anda lewatkan.

1. Pantai Pangumbahan

gmaps/Cahyo Wiwoho
Foto : gmaps/Cahyo Wiwoho

Tempat wisata di Sukabumi pertama yang wajib anda kunjungi adalah Pantai Pangumbahan. Tempat wisata yang satu ini berada di wilayah Ciracap dan daerah Ujung Genteng. Pantai Pangumbahan menjadi salah satu destinasi wisata di Sukabumi yang paling favorit. Banyak wisatawan lokal yang menghabiskan waktu libur mereka di tempat ini.

Tentunya bukan tanpa sebab, pantai ini memiliki pesona tepi pantai yang indah. Lautnya masih asri, berwarna biru laut kehijauan dan belum lagi tempatnya yang bersih. Pasir pantainya pun berwarna putih bersih, membuat wisatawan yang datang bersama dengan anak-anak, pasti betah bermain pasir di sana.

Jika ingin mengunjungi Pantai Pangumbahan, anda hanya perlu membeli tiket seharga Rp5000 per orang. Cukup terjangkau bukan? Selain membeli tiket, anda juga perlu membayar parkir jikalau membawa kendaraan pribadi. Jika anda ingin menginap, di Pantai Pangumbahan juga menyediakan hotel dan juga villa.

Harga yang ditawarkan pun mulai dari Rp200.000. Fasilitas di dalamnya pun cukup memadai tentunya. Jadi jika anda ingin berlama-lama di Pantai Pangumbahan, boleh sekali jika anda juga menyewa penginapan. Selain bisa menyegarkan pikiran usai penat beraktivitas, di sini tentunya anda bisa berfoto sebebasnya.

Jadi manfaatkan waktu anda ya jikalau datang ke Pantai Pangumbahan.

2. Konservasi Penyu Ujung Genteng

gmaps/Iwan Thio
Foto : gmaps/Iwan Thio

Untuk anda yang ingin berwisata sambil belajar, datang ke tempat wisata di Sukabumi yang berikut ini dapat menambah wawasan dan juga pengalaman bagi anda. Yaps, Konservasi Penyu Ujung Genteng. Tempat wisata yang satu ini meerupakan tempat penangkaran tukik (anak penyu) yang nantinya akan dilepas ke lautan.

Jika kebun binatang hanya memperbolehkan anda untuk melihat satwa saja, di tempat ini anda berkesempatan untuk mencoba pengalaman baru untuk mengikuti kegiatan saat melepas tukik ke laut bebas. Namun, jika anda memang ingin ikut momen ini, anda perlu datang di sekitar pukul 17.00 hingga 18.00 WIB. Karena pada kesempatan itulah momen para anak penyu dilepas ke laut.

Untuk masuk ke tempat Konservasi Penyu Ujung Genteng, anda hanya perlu membayar sebesar Rp10 ribu untuk orang dewasa dan Rp5 ribu untuk anak-anak. Selain bisa ikut melepas penyu, di sini anda juga bisa masuk ke bangunan konservasi dan melihat berbagai jenis dari penyu-penyu yang ada di tempat konservasi.

Pasti seru ya. Namun, karena lokasinya yang cukup jauh dari pusat Kota Sukabumi, anda perlu mempersiapkan diri agar tidak terlambat jika ingin ikut melihat anak penyu yang dilepas bebas ke laut. Lokasi konservasi penyu ini berjarak kurang lebih 2 hingga 3 jam.

3. Alun-alun Sukabumi

gmaps/Novri Yanto
Foto : gmaps/Novri Yanto

Alun-alun Sukabumi bisa menjadi alternatif wisata bagi anda jika penat dengan aktivitas sehari-hari. Lokasinya berada di Kota Sukabumi, sehingga cukup mudah untuk diakses. Jika mengunjungi alun-alun Sukabumi, anda tidak perlu membayar tiket, karena memang tempat ini terbuka untuk umum.

Di sini juga ada Masjid Agung Sukabumi yang besar seolah mirip dnegan bangunan Taj Mahal Alun-alun Sukabumi dan Lapangan Merdeka ini juga belum lama ini telah diresmikan oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil pada Januari 2022 setelah di;akukan revitalisasi. Jadi tempat ini makin seru dikunjungi, belum lagi ada taman yang bisa digunakan untuk duduk-duduk.

4. Wisata Bukit Baros

gmaps/Wayan Lindu
Foto : gmaps/Wayan Lindu

Tempat wisata di Sukabumi selanjutnya adalah Wisata Bukit Baros. Tempat wisata yang satu ini berada di daerah Sasagaran, Kabupaten Sukbumi. Lokasinya pun cukup dekat jika ditempuh dari Alun-alun Sukabumi, kurang lebih hanya 1 jam saja. Selain dikenal memiliki tempat wisata tepi laut yang indah, siapa sangka, Sukabumi juga memiliki pesona alam yang luar biasa apik.

Di tempat ini anda akan merasa lebih segar karena seperti namanya, lokasinya berada di bukit, sehingga seluruh mata anda memandang, akan dipenuhi dengan pohon-pohon tinggi nan rindang. Tempat wisata yang luasnya kurang lebih 28 hektar ini juga dihias dengan berbagai macam pernak pernik yang dapat menambah keestetikan hasil jepretan anda.

Tak hanya menawarkan pemandangan alam yang asri saja, namun Wisata Bukit baros juga menyediakan Kolam Renang, arena outbond, taman bermain hingga penginapan. Tentunya dengan fasilitas yang memadai tentunya. Selain itu, di sini juga anda bisa mencoba pengalaman untuk camping, lho. Lokasinya pun tak jauh dengan aliran sungai.

Untuk masuk ke tempat wisata yang satu ini, anda hanya perlu membayar Rp25.000 saja. Dengan biaya sekian, itu sudah termasuk biaya parkir kendaran dan juga biaya untuk masuk ke kolam renang lho. Tempat wisata ini pun buka setiap hari mulai pukul 8 pagi hingga 4 sore. Wah, jika anda sedang di Sukabumi, tak lengkap ya jika tidak mengunjungi tempat wisata di Sukabumi yang satu ini!

5. Pantai Ombak Tujuh atau Seven Waves Beach

gmaps/Yoss Yasin
Foto : gmaps/Yoss Yasin

Tempat wisata di Sukabumi selanjutnya yang tak boleh anda lewatkan adalah Pantai Ombak Tujuh atau banyak yang menyebutnya dengan Seven Waves Beach. Seperti namanya, banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang sengaja datang ke tempat ini untuk merasakan tantangan surfing atau berselancar.

Konon, penamaan tempat ini pun dikarenakan dari ombak yang ada di pantai ini yang disebut-sebut selalu berjumlah tujuh saling bergulung berurutan satu dengan yang lainnya. Meskipun dikenal dengan ombaknya yang cocok untuk surfing, untuk anda yang memang tidak gemar berselancar, anda bisa juga menikmati keindahan pantai ini.

Pantainya putih bersih dan juga lautnya biru kehijauan. Sangat indah dan tentunya akan sangat seru jika anda memasukkan tempat wisata di Sukabumi yang satu ini ke dalam list liburan anda.

Demikian adalah rekomendasi tempat wisata di Sukabumi untuk anda. Jika memang anda ingin berkunjung te tempat wisata di Sukabumi yang telah disebutkan di atas, ada baiknya mencari informasi lebih lanjut lagi terkait harga tiket dan akomodoasi yang lain.

Sebab, dikhawatirkan harga yang tertera dalam artikel ini nantinya telah berubah ketika anda membaca artikel ini. Akhir kata, semoga artikel rekomendasi destinasi wisata di Sukabumi ini bermanfaat bagi anda dan selamat berlibur! (Cy)

Topik Terkait