img_title
Foto : Google Maps/Kawi Boedisetio

IntipSeleb – Ada beragam jenis tempat wisata di Palembang yang bisa Anda jadikan destinasi wisata untuk menghilangkan penat. Bukan Cuma terkenal dengan makanan khasnya yakni pempek, kota Palembang juga ternyata menyimpan banyak tempat-tempat indah yang sayang sekali jika dilewatkan.

Sebagai ibukota dari provinsi Sumatera Selatan, kota Palembang terhampar luas menyajikan banyak spot yang menanti untuk dikunjungi para wisatawan. Mulai dari tempat untuk wisata alam, wisata sejarah, hingga wisata religi semuanya tersedia di Palembang. Tak ketinggalan berbagai bangunan ikonik juga berdiri kokoh di kota ini.

Sebagian dari Anda mungkin punya ketertarikan untuk mengunjungi berbagai destinasi wisata yang disediakan di Kota Palembang. Nah, untuk Anda yang masih bingung dengan tempat-tempat apa saja yang patut dikunjungi saat ke Palembang, berikut ini 8 tempat wisata di Palembang yang pas untuk membuat pikiran segar kembali.

1. Masjid Cheng Ho

Rekomendasi pertama untuk tempat wisata di Palembang adalah Masjid Cheng Ho. Masjid ini menjadi simbol multikulturalisme dan juga sebagai ikon yang menggambarkan toleransi antar umat beragama.

Hal tersebut terlihat dari desain yang dimiliki rumah ibadah yang satu ini. Masjid Cheng Ho memadukan unsur budaya lokal Palembang dengan unsur khas Tionghoa dan Arab. Terlihat bangunan masjid didominasi warna hijau dan merah.

Jika berkunjung ke masjid ini, Anda tentu akan dimanjakan dengan arsitekturnya yang unik dan indah. Pengunjung juga bebas mengambil foto di Masjid Cheng Ho. Ditambah lagi, untuk masuk ke dalam masjid tak dipungut biaya masuk apapun.

Lokasi Masjid Cheng Ho juga tak terlalu jauh dari pusat kota Palembang. Sehingga dapat dengan mudah dijangkau menggunakan kendaraan seperti motor ataupun mobil.

2. Jembatan Ampera

Jembatan Ampera merupakan salah satu tempat yang wajib dikunjungi jika meginjakkan kaki di kota Palembang. Hal tersebut karena Jembatan Ampera adalah bangunan ikonik dari kota ini. Sehingga tak lengkap rasanya jika tak menyempatkan diri menyaksikan sendiri keindahan jembatan kebanggaan kota Palembang ini.

Jembatan ini memiliki panjang hingga lebih dari 1000 meter. Angka tersebut membuat Jembatan Ampera dahulu pernah menjadi jembatan terpanjang di Asia Tenggara. Sementara lebarnya sekitar 22 meter dan tingginya kurang lebih 63 meter.

Jembatan yang terletak di Jalan Lintas Sumatera ini semakin dipercantik saat perhelatan Asian Games pada 2018 lalu. Kala itu, Jembatan Ampera dibenahi dengan pemasangan dua buah jam besar pada kedua menara yang terdapat pada jembatan.

Jika ingin mengunjungi Jembatan Ampera, maka disarankan untuk datang pada malam hari. Karena pemandangannya akan jauh lebih cantik dengan adanya hiasan lampu warna-warni di sekitar jembatan.

3. Benteng Kuto Besak

Pecinta wisata sejarah sebaiknya jangan sampai melewatkan Benteng Kuto Besak saat berwisata ke kota Palembang. Melansir dari situs Pemerintah Kota Palembang, benteng bersejarah ini merupakan bangunan keraton yang menjadi pusat Kesultanan Palembang.

Benteng ini dibangun sejak tahun 1780 silam oleh Sultan Mahmud Badaruddin I. Saat ini, pelataran Benteng Kuto Besak telah ditata sedemikian rupa oleh pemerintah setempat, sehingga berubah menjadi alun-alun yang terbuka untuk para pengunjung.

Saat mengunjungi kawasan Benteng Kuto Besak, pengunjung tak hanya disuguhkan dengan keindahan arsitektur bangunannya, namun juga dapat menikmati pemandangan Sungai Musi dari area benteng ini. Untuk tiket masuknya, Anda hanya perlu menyiapkan budget sebesar Rp5000 saja.

4. Air Terjun Bidadari

Bukan namanya saja yang terdengar cantik, kawasan Air Terjun Bidadari juga akan menyambut Anda dan para wisatawan lainnya dnegan pemandangan yang memanjakan mata.

Tempat wisata di Palembang ini menawarkan kemilau air terjun yang menyegarkan. Dilengkapi dengan hijaunya pepohonan rindang yang membuat nuansa yang dirasakan menjadi semakin teduh. Anda juga akan dengan mudah menemukan banyak burung dan kupu-kupu yang beterbangan bebas di kawasan ini, menandakan Air Terjun Bidadari memang kawasan yang asri.

5. Gunung Dempo

Tertarik dengan wisata alam lainnya selain air terjun? Kalau begitu, Gunung Dempo menjadi destinasi yang pas untuk Anda. Gunung ini masih menjadi bagian dari pegunungan Bukit Barisan, sehingga letaknya pun berada di perbatasan antara provinsi Bengkulu dan Sumatera Selatan.

Layaknya kawasan gunung pada umumnya, Anda akan merasakan keasrian alam pegunungan yang segar dan rimbun. Untuk menikmati hijaunya alam Gunung Dempo, Anda hanya perlu menempuh jarak kurang ebih 7 km dari pusat kota Palembang.

Agar dapat sampai ke kawasan gunung ini, Anda akan melewati sebuah kota kecil yang disebut Pagar Alam. Kota ini terkenal sebagai penghasil kopi robusta yang nikmat dan memiliki udara yang dingin.

6. De Jakabaring

Jika Anda senang mengambil banyak foto Instagram-able selama berwisata, maka De Jakabaring tak boleh sampai luput dari kunjungan Anda. Tempat wisata di Palembang yang satu ini berlokasi di Komplek Graha Teknologi Jakabaring.

Tempat ini terhitung sebagai destinasi wisata baru di kota Palembang karena baru dibuka untuk umum sejak 2018 lalu. Pengunjung dapat menemukan banyak spot foto unik dengan berbagai gambar bernuansa tiga dimensi (3D) yang bertema Asian Games.

Beberapa gambar 3D yang tersedia di antaranya seperti gambar tengah laut, hewan buas, panjat tebing, lumba-lumba, hingga kebun binatang. Totalnya ada 35 spot foto yang bisa Anda pilih untuk bersenang-senang dengan berbagai macam gaya.

Tertarik memasukkan De Jakabaring ke dalam daftar kunjungan Anda? Jika iya, Anda hanya perlu menyiapkan budget untuk membayar tiket masuk seharga Rp20.000 untuk hari Senin-Jumat. Sedangkan pada Sabtu-Minggu, harga tiketnya adalah sebesar Rp25.000.

7. Bukit Siguntang

Bukit Siguntang tak hanya menawarkan keindahan alam, namun juga menyediakan tempat wisata sejarah tersendiri. Di bukit ini, terdapat sebuah makam tempat tokoh keturunan Kerajaan Sriwijaya bersemayam.

Bukit Siguntang juga pernah menjadi tempat beribadah para penganut agama Buddha. Hal ini dibuktikan dengan adanya peninggalan berupa arca Buddha yang memiliki tinggi sekitar 2,7 meter dan terbuat dari batu granit.

Keindahan alam yang ditawarkan bukit ini menjadikannya salah satu spot favorit untuk pasangan yang hendak melakukan foto pre-wedding. Jika Anda tertarik berkunjung ke Bukit Siguntang, tempat ini mulai dibuka pada pukul 7 pagi hingga 4 sore. Harga tiket masuknya pun terjangkau, yakni Rp3000 untuk orang dewasa dan Rp2000 untuk anak-anak

8. Arung Jeram Sungai Manna

Suka dengan tempat wisata yang menghadirkan wahana ekstrim dan menantang? Tenang, kota Palembang juga punya destinasi wisata yang cocok untuk Anda. Tempat tersebut bernama Arung Jeram Sungai Manna.

Layaknya wahana pemacu adrenalin lainnya, Arung Jeram Sungai Manna juga selalu ramai didatangi para wisatawan. Wajar saja, sensasi seru dan menegangkan akan didapat dari wahana yang satu ini.

Arung jeram ini berlokasi di kecamatan Tanjungsakti, Kota Palembang. Anda dapat menikmati paket arung jeram yang sudah disediakan dan terbagi berdasarkan tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Sehingga tak perlu khawatir jika sensasinya terlalu ekstrim, karena Anda dapat menyesuaikan sendiri dengan kemampuan.

Berita Terkait
Topik Terkait