img_title
Foto : Pinterest/rachel crowther

IntipSeleb – Tempat wisata di Lombok menyimpan berbagai destinasi wisata populer dan biasanya menjadi alternatif untuk mereka yang ingin merasakan pemandangan indah ala Bali namun dengan kondisi yang lebih sepi.

Lombok sendiri sudah dikenal oleh wisatawan domestik maupun mancanegara sebagai salah satu destinasi wisata yang memiliki pesona yang indah. Meski selama ini lebih banyak dikenal dengan keindahan pantainya, namun Lombok ternyata juga menyimpan destinasi alam lainnya yang akan membuat Anda takjub.

Selain itu, biaya yang diperlukan untuk berlibur ke Lombok pun relatif lebih terjangkau dibandingkan destinasi wisata populer seperti Bali. Sudah menempatkan Lombok di daftar kunjungan liburan, tapi masih bingung dengan destinasi yang harus dikunjungi? Nah, berikut ini deretan rekomendasi tempat wisata di Lombok untuk Anda.

1. Pantai Malimbu

Pantai Malimbu merupakan tempat wisata di Lombok yang masih sangat bersih karena jarang terjamah oleh wisatawan dibandingkan pantai-pantai lainnya di Lombok. Oleh karenanya, pemandangan yang ditawarkan Pantai Malimbu pun sangat menyegarkan mata.

Anda dapat menikmati lembutnya pasir pantai atau menyewa perahu dan berkeliling menikmati keindahan laut. Ada pula lokasi foto menarik di pantai ini yang dinamakan Karang Bolong Malimbu. Seperti namanya, Karang Bolong Malimbu merupakan batuan karang besar dan indah, sehingga sering dijadikan spot foto tersendiri.

Menariknya, untuk masuk ke Pantai Malimbu tidak dikenakan biaya, alias gratis. Sehingga Anda dapat langsung masuk dan menikmati panorama yang ada.

2. Gunung Rinjani

Tempat wisata di Lombok memang terkenal akan keindahan pantainya. Akan tetapi, Lombok juga punya destinasi wisata pegunungan untuk Anda yang gemar mendaki, yakni gunung Rinjani.

Anda tentu tak asing dengan nama gunung ini, bukan? Gunung Rinjani sendiri memang dikenal sebagai salah satu ikon dari Lombok. Gunung ini terletak di Lombok bagian utara dan memiliki ketinggian kurang lebih 3.726 mdpl. Hal ini menjadikan Gunung Rinjani sebagai puncak tertinggi ketiga dari Tujuh Puncak Tertinggi yang ada di Indonesia.

Tak hanya mendaki, Anda juga bisa menikmati aktivitas lainnya yaitu memancing atau berkemah. Aktivitas tersebut biasanya dilakukan sambil menikmati keindahan panorama di area Danau Segara Anak yang terdapat di kawasan Gunung Rinjani.

Danau Segara Anak juga memiliki beberapa gua yang bisa Anda jelajahi, contohnya seperti Gua Susu, Gua Manik, dan Gua Payung. Tak sampai disitu, terdapat pula kolam air panas alami yang terletak di bagian bawah area danau. Anda dapat mencoba berendam dan berelaksasi di kolam air panas tersebut.

3. Bukit Pergasingan

Senang menikmati pemandangan dari ketinggian, tapi tak ingin merasakan lelahnya mendaki? Kalau begitu, Bukit Pergasingan akan menjadi destinasi wisata yang sangat pas untuk Anda. Bukit ini berlokasi di Sembalun, Lombok timur. Pemandangan berupa persawahan, pedesaan, hutan, hingga kokohnya Gunung Rinjani dapat Anda nikmati dari Bukit Pergasingan ini.

Selain itu, Bukit Pergasingan juga bisa dijadikan titik yang tepat untuk menikmati momen matahari terbt dan juga matahari terbenam. Beberapa aktivitas lainnya yang bisa dilakukan di bukit ini adalah berkemah, paralayang, dan menaiki sepeda gunung.

Salah satu hal yang menjadi kekurangan mungkin adalah tidak adanya kendaraan umum untuk menuju ke area perbukitan. Namun jangan khawatir, karena terdapat banyak sekali penyewaan kendaraan baik mobil ataupun motor di sekitar area ini.

4. Gili Trawangan

Gili Trawangan merupakan salah satu destinasi wisata Lombok yang populer. Salah satu aspek yang membuat tempat ini begitu digemari adalah karena keindahan terumbu karangnya yang menawan. Wisatawan dapat menikmati keindahan terumbu karang tersebut dengan memanfaatkan fasilitas scuba diving dan snorkeling. Tersedia pula fasilitas untuk berselancar dan bermain kayak.

Tak perlu khawatir soal makanan, karena di Gili Trawangan Anda akan mudah menemukan beragam pertokoan dan penjual kuliner yang menggugah selera. Layaknya pantai Lombok lain, Anda juga akan disuguhkan pemandangan matahari terbit dan terbenam yang mempesona.

5. Dusun Sade

Selain keindahan panorama alamnya, Anda juga bisa mengenal lebih jauh tentang budaya asli Lombok dengan berkunjung ke Dusun Sade. Di dusun ini, terdapat Suku sasak yang hingga saat ini masih mempertahankan kehidupan tradisional mereka sejak enam abad yang lalu.

Hal itu terlihat dari desain rumah penduduk yang atapnya terbuat dari alang-aang, menggunakan dinding dari anyaman bambu, serta ditunjang dengan kayu. Jika berkunjung ke Dusun Sade, Anda juga bisa menyaksikan sendiri proses pembuatan kain ikat tradisional. Selain itu Anda pun berkesempatan untuk mencoba belajar menenun dari warga lokal.

Jika tertarik dengan keindahan kain tradisional yang ada, Anda juga dapat membelinya secara langsung dari para penduduk di sana. Para warga juga kerap mengadakan berbagai ritual dan festival tradisional di desa ini. Selama ritual dan festival berlangsung, para wisatawan bebas mengabadikan momen tersebut, namun tetap diwajibkan menjaga perilaku dan bersikap sopan.

6. Pink Beach

Pink Beach atau Pantai Pink merupakan salah satu destinasi wisata favorit di Lombok karena keunikan yang dimilikinya, yakni pasir pantai yang berawarna pink atau merah muda. Selain keunikan warna pasirnya, Pink Beach juga memiliki air yang jernih dan pemandangan bawah laut indah yang cocok untuk penikmat diving dan snorkeling.

Untuk dapat masuk dan menikmati keindahan Pink Beach, pengunjung lokal diberi tarif masuk sebesar Rp10.000 per orang. Sedangkan bagi pengunjung mancanegara, biayanya adalah Rp50.000 per orang.

7. Pantai Kuta Lombok

Nah, ternyata bukan hanya Bali saja yang punya Pantai Kuta, di Lombok juga ternyata ada Pantai Kuta tersendiri, lho. Meski begitu, jika dibandingkan dengan versi yang ada di Bali, Pantai Kuta Lombok memang relatif lebih sepi dari pengunjung, Namun hal ini justru yang membuat Pantai Kuta Lombok jadi lebih bersih.

Pantai ini terletak di Desa Kuta, Lombok Tengah. Anda akan disambut oleh pasir pantai yang lembut, ombak yang tenang, serta pemandangan bawah laut yang indah. Oleh karenanya, beberapa kegiatan yang populer dilakukan di pantai ini adalah berselancar untuk tingkat pemula hingga menengah, snorkeling, berenang, menyewa perahu, hingga menikmati matahari terbenam.

Fasilitas yang disediakan pun cukup lengkap dengan adanya homestay, penyewaan perlengkapan selancar dan snorkeling, hingga tempat makan. Jika ingin belajar berselancar, direkomendasikan untuk datang pada pukul 09.00 – 15.00 karena kondisi ombak masih optimal. Namun jika hanya sekedar ingin menikmati matahari terbenam, Anda bisa datang pada pukul 16.00 – 17.00.

8. Air Terjun Tiu Kelep

Tempat wisata di Lombok selanjutnya yang menawarkan panorama alam mempesona adalah Air Terjun Tiu Kelep. Berlokasi di Desa Senaru, kaki Gunung Rinjani, Lombok Utara, Air Terjun Tiu Kelep menawarkan suasana yang asri dan teduh karena dikelilingi banyak pepohonan rimbun dan hutan.

Air terjun di lokasi ini memiliki ketinggian sekitar 45 meter. Di bawahnya terdapat kolam dengan air segar untuk berendam. Jika ingin mengunjungi Air Terjun Tiu Kelep, Anda bisa menyewa motor atau mobil. Anda juga bisa membayar penduduk setempat agar bersedia menjadi pemandu selama berwisata di Air Terjun Tiu Kelep.(prl).

Topik Terkait