img_title
Foto : Freepik/benzoix

IntipSelebUrutan skincare harus diperhatikan secara tepat, baik untuk penggunaan skincare di pagi hari ataupun malam hari. Karena jika dilakukan secara acak dan kurang benar urutannya, maka bisa jadi skincare yang Anda gunakan tidak bekerja maksimal.

Dalam memakai skincare, bukan hanya mengetahui jenis kulit dan memilih produk saja yang penting untuk diperhatikan, melainkan juga bagaimana urutan pemakaiannya. Idealnya, skincare digunakan secara berurutan mulai dari produk dengan konsistensi paling cair hingga produk dengan konsistensi paling kental.

Selain itu, urutan skincare pagi dan malam hari juga berbeda. Begitu pula produk yang harus digunakan untuk pagi dan malam hari memiliki perbedaan.

Lantas, seperti apa urutan pemakaian skincare yang benar agar dapat menghasilkan kulit yang sehat dan terawat? Yuk, simak sampai akhir!

Urutan Skincare Pagi Hari

Freepik/artursafronovvvv
Foto : Freepik/artursafronovvvv

Pagi hari menjadi awal bagi sebagian besar orang untuk memulai aktivitas. Untuk itu, skincare yang dipakai pada pagi hari sebaiknya tak hanya berfungsi untuk merawat kulit saja, melainkan juga untuk membuat kulit terlindungi. Berikut ini urutan skincare pagi hari yang benar.

1. Mencuci Wajah dengan Sabun

Kunci dari pemakaian skincare yang baik adalah kulit yang bersih. Oleh karena itu, penting untuk selalu memastikan bahwa kulit wajah berada dalam keadaan yang bersih sebelum mengaplikasikan skincare apapun.

Pilihlah produk sabun pembersih wajah yang sesuai dengan tipe kulit Anda. Khusus pemilik kulit sensitif, pastikan produk tersebut tidak mengandung bahan-bahan yang dapat memicu iritasi seperti alkohol maupun pewangi buatan.

Setelah wajah selesai dibersihkan, keringkan wajah secara lembut dan Anda dapat melanjutkan ke tahap skincare selanjutnya.

2. Menggunakan Toner yang Melembabkan

Urutan skincare selanjutnya adalah menggunakan toner yang melembabkan pada wajah. Penggunaan toner ini berfungsi untuk mengembalikan kondisi pH kulit Anda setelah mencuci wajah.

Toner juga dipercaya membantu mempersiapkan kulit wajah agar dapat menerima produk skincare selanjutnya yang akan Anda aplikasikan. Sehinga produk-produk selanjutnya dapat terserap dengan baik pada kulit.

Penggunaan toner berbeda-beda, dapat dilakukan dengan cara menggunakan kapas atau langsung dituang ke tangan untuk diaplikasikan pada wajah. Untuk mengetahui cara penggunaan toner yang benar, Anda dapat membaca instruksinya di kemasan produk.

3. Mengaplikasikan Essence

Jika Anda merupakan pecinta skincare dan senang mencari tahu mengenai berbagai produk skincare terbaru, tentu pernah mendengar tentang essence. Meski produk ini sebenarnya opsional dan tidak wajib, namun banyak wanita yang memasukannya ke dalam rutinitas pemakaian skincare mereka.

Essence sendiri adalah produk dengan konsistensi cair yang mengandung bahan aktif yang tinggi. Bahan aktif yang terkandung dalam essence dapat membantu meredakan berbagai masalah kulit. Essence juga dapat memaksimalkan kerja toner dalam mempersiapkan kulit menerima produk selanjutnya.

Mengenai cara pemakaiannya, Anda dapat menuangkan essence ke telapak tangan, kemudian aplikasikan ke kulit wajah. Setelah itu tepuk lembut kulit wajah agar essence dapat lebih mudah meresap.

4. Menggunakan Serum Wajah

Urutan skincare selanjutnya adalah serum. Meski sama-sama berbentuk cair, namun konsistensi serum sebenarnya lebih pekat daripada toner ataupun essence. Oleh karena itu, serum digunakan setelah memakai toner dan essence.

Selain itu, kandungan bahan aktif yang ada pada serum juga biasanya lebih tinggi daripada essence. Sehingga produk ini akan sangat membantu untuk mengatasi permasalahan wajah yang sedang Anda alami.

Tuangkan serum sebanyak satu atau dua tetes pada telapak tangan, kemudian usapkan pada wajah dan oleskan hingga merata. Agar serum menyerap dengan maksimal, tepuk-tepuk kulit wajah dengan lembut.

5. Memakai Pelembap

Pelembab atau moisturizer merupakan produk wajib dalam urutan skincare yang sebaiknya jangan Anda lewatkan. Selain fungsinya untuk melembapkan wajah, penggunaan pelembap juga akan membantu toner, essence dan serum yang telah digunakan sebelumnya terkunci dengan baik di kulit.

Anda dapat memilih pelembap yang sesuai dengan jenis kulit. Jika Anda pemilik kulit berminyak, pelembap dengan tekstur gel dan bahan yang ringan akan sangat cocok. Sementara bagi pemilik kulit kering, pelembab bertekstur krim akan membantu menghidrasi kulit Anda dengan baik.

6. Melindungi Kulit dengan Tabir Surya

Tahap ini sangat penting untuk dilakukan dalam urutan skincare pagi hari, apalagi jika Anda akan terpapar sinar matahari baik secara langsung ataupun tidak langsung selama beraktivitas.

Kulit yang terlalu lama terpapar sinar matahari dapat mengalami beberapa masalah seperti warna kulit tidak merata, flek hitam, hingga penuaan dini. Oleh karenanya, penggunaan tabir surya sangat penting agar kulit senantiasa terlindungi.

Gunakan tabir surya 15-30 menit sebelum Anda pergi keluar rumah. Anda dapat memilih berbagai jenis tabir surya mulai dari yang berjenis krim, gel, hingga spray. Selain itu, sebaiknya menggunakan tabir surya yang memiliki SPF minimal 30.

Urutan Skincare Malam Hari

Freepik/lookstudio
Foto : Freepik/lookstudio

Pemakaian skincare juga penting untuk digunakan pada malam hari, terutama menjelang waktu tidur. Karena skincare akan bekerja dengan lebih maksimal saat tubuh dalam kondisi istirahat. Nah, di bawah ini merupakan urutan skincare malam hari yang tepat.

1. Membersihkan Wajah

Setelah seharian beraktivitas, tentu kulit wajah akan terpapar debu dan kotoran. Oleh karena itu penting untuk memastikan wajah bersih sebelum Anda hendak beristirahat.

Jika Anda memakai makeup seharian, maka lakukanlah double cleansing dengan menghapus makeup menggunakan micellar water, cleansing balm atau pembersih makeup lainnya.

Setelah makeup pada wajah sudah terhapus, selanjutnya Anda dapat membersihkan wajah dengan menggunakan face wash.

2. Melakukan Eksfoliasi

Malam hari merupakan saat yang tepat untuk melakukan eksfoliasi yang berfungsi mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah. Anda dapat menggunakan produk eksfoliasi berjenis physical exfoliator atau chemical exfoliator.

Namun, perlu diketahui jika penggunaan eksfoliator sebaiknya hanya 1-2 kali seminggu saja. Karena jika terlalu sering, dapat menyebabkan kulit iritasi bahkan mengelupas.

3 Toner dan Essence

Setelah kulit dieksfoliasi dan terangkat seluruh sel kulit matinya, Anda dapat melanjutkan dengan menggunakan toner serta essence. Tahapan ini sama dengan urutan memakai skincare di pagi hari, yakni untuk mempersiapkan kulit agar menyerap produk yang diaplikasikan selanjutnya.

4. Serum

Setelah itu Anda dapat menggunakan serum yang sesuai dengan permasalahan kulit yang sedang dialami. Kebanyakan serum memang sebaiknya dipakai pada pagi dan malam hari agar lebih maksimal. Kecuali untuk jenis serum tertentu, seperti serum yang mengandung retinol yang sebaiknya hanya digunakan pada malam hari saja.

5. Pelembap Malam

Tahap terakhir, yakni menggunakan pelembap khusus malam hari seperti krim malam hingga krim mata. Penggunaan krim malam akan membantu kulit ternutrisi dengan baik selama Anda sedang tidur.

Sedangkan penggunaan krim mata penting untuk merawat area mata yang sensitif terhadap kerutan dan tanda-tanda penuaan dini.

Nah, demikianlah urutan skincare pagi dan malam hari yang benar. Pastikan untuk menggunakan skincare sesuai urutan agar seluruh produk yang Anda gunakan bekerja dengan baik, ya. (bbi)

Topik Terkait