img_title
Foto : Pexels/cottonbro

IntipSelebPosisi tidur yang baik untuk ibu hamil rupanya beragam loh. Pasalnya posisi tidur yang baik untuk hamil dapat membantu kenyamanan dalam mengandung. Pasalnya ada manusia yang sedang kamu bawa di dalam rahim dan pasti tak ingin merasa menyakiti calon buah hati, bukan? Pastinya kamu merasa jika posisi tengkurep seakan-akan menindih atau menekan bayi dalam kandungan.

Namun sebelum kamu menemukan posisi tidur yang baik untuk ibu hamil, alangkah kamu memperbaiki gaya pola tidur kamu. Di mana jika sebelum hamil mungkin kamu menerapkan tidur tengah malam atau begadang, alangkah baiknya untuk dikurangi.

Jika merasa lelah di siang hari dan merasa ingin tidur, maka kamu dapat melakukannya. Pasalnya, menemukan posisi tidur yang baik untuk ibu hamil dan nyaman dapat menjadi tantangan dengan bentuk tubuh benjolan yang sedang tumbuh, dan tidak semua posisi berhasil selama kehamilan. Ada hal-hal yang perlu kamu ketahui agar tetap nyaman dan aman selama tidur.

Kira-kira mengapa tidur penting untuk ibu hamil? Melansir What to Expect, tidur merupakan waktu ketika tubuh mengatur ulang dan memperbaiki dirinya sendiri. Saat itulah otak kamu membuat kenangan, menjadikannya sekutu dalam pertempuran melawan otak bayi. Sehingga posisi tidur yang baik untuk ibu hamil dapat membantu tekanan alirah darah.

Tak hanya itu, posisi tidur yang baik untuk ibu hamil dapat disesuaikan dengan posisi trismester kehamilan kamu. Meskipun banyak para ahli yang mengatakan secara umumnya bahwa posisi tidur yang baik untuk ibu hamil menghadap ke kiri. Namun hal tersebut tak menutup kemungkinan jika kamu nyaman dengan posisi menghadap ke kanan.

Tapi hal paling jelas ialah, sejak kamu melewati trismester pertama, maka posisi tidur tengkurap hampir mustahil. Dengan posisi terngkurep, kamu menyadari saat hamil payudara menjadi lebih empuk dan perut terus membesar, keduanya membuat tidur tengkurap menjadi tidak nyaman.

Menggunakan bantal berbentuk donat (dengan lubang di tengah) dapat membantu tidur tengkurap dengan nyaman. Dan tidur telentang pun lewat di pikiran kamu karena menjadi opsi yang pas untuk menggantinya, sayangnya hal itu tidak disarankan. Pasalnya, tidur telentang dapat menyebabkan masalah dengan sakit punggung, pernapasan, sistem pencernaan, wasir, tekanan darah rendah dan menyebabkan penurunan sirkulasi ke jantung dan bayi kamu. Karena bertumpu pada usus dan pembuluh darah utama (aorta dan vena cava).

Namun banyak yang belum terbiasa dengan tidur posisi lainnya sehingga membuatnya ingin mengganti posisi yang lebih ‘pewe’ atau nyaman. Lantas kira-kira posisi tidur yang baik untuk hamil menghadap ke mana saja ya? Penasaran? Jangan khawatir. IntipSeleb akan merangkum dari berbagai sumber mengenai posisi tidur yang baik untuk ibu hamil. Tunggu apa lagi, yuk langsung aja cek ke bawah untuk selengkapnya, check it out!

1. Tidur Hadap Kiri

Posisi tidur untuk ibu hamil yang baik pertama ialah menghadap ke kiri atau miring ke sampinng kiri. Posisi lateral kiri akan menjadi yang terbaik untuk tidur selama kehamilan karena menurut National Sleep Foundation (NSF), posisi tidur untuk ibu hamil ini merupakan posisi terbaik bagi ibu hamil.

Karena memungkinkan oksigen dan nutrisi yang optimal mengalir ke janin di dalam kandungan, dan tentu cenderung akan lebih nyaman bagi ibu. NSF juga menjelaskan bahwa tidur miring ke kiri dapat membantu memastikan bahwa ibu hamil tidak memberikan tekanan berlebih pada hati.

Ini juga dapat meningkatkan kesehatan ginjal, yang membantu mengurangi pembengkakan di tangan dan kaki kita. Posisi tidur lain yang dapat di coba selama kehamilan termasuk tidur miring ke kanan, terutama jika mengalami sakit maag, tidur dengan posisi setengah berbaring. Selain itu, tempatkan bantal di bawah perut agar lebih rileks.

2. Tidur Miring Tigaperempat

Jika tidak ada yang cocok untuk memberikan kenyamanan pada tidur saat hamil, cobalah tidur dalam posisi satu ini. Sangat mudah mendapatkan bantal bersalin yang akan membantu kita menopang kepala dengan lebih mudah. Perlengkapan tersebut juga akan membantu ketika nanti memilih untuk menyusui. Caranya, pertahankan satu kaki ditekuk dan satu kaki terentang dengan bantal atau bantalan di antara paha kamu.

Posisi Ini memungkinkan aliran darah yang tepat dan mengurangi ketegangan otot dan persendian. Ada tekanan ekstra pada persendian ibu hamil karena mulai sekarang mereka akan membawa bayi sepanjang hari dalam aktivitas yang dilakukan. Untuk kenyamanan, jangan ragu untuk mengambil banyak bantal dan meletakkannya di mana pun di sekitar tubuh kamu, seperti di bawah lengan, perut, dan belakang punggung.

Tips Posisi Tidur Hamil yang Nyaman

Tidak terbiasa berbaring miring? Atau selalu tidur miring tetapi sepertinya tidak bisa beristirahat sekarang seperti yang diharapkan? Berikut adalah beberapa tips untuk mengatasi masalah tidur saat hamil dan membuat diri kamu nyaman tidur dengan posisi menyamping:

1. Gunakan banyak bantal. Cobalah menyilangkan satu kaki di atas kaki lainnya dan letakkan satu bantal di antara mereka dan bantal lain di belakang punggung atau kombinasi lain yang membantu kamu tidur.
2. Dapatkan bantal khusus. Untuk dukungan ekstra, coba gunakan bantal berbentuk huruf U atau bantal kehamilan setinggi 5 kaki.
3. Topang diri kamu. Jika bantal tidak membantu, cobalah tidur dalam posisi semi-tegak di kursi malas (jika ada) alih-alih di tempat tidur.

Perlu diingat, adalah normal untuk merasa tidak nyaman selama beberapa malam atau bahkan beberapa minggu. Tubuh kamukemungkinan besar akan menyesuaikan diri dengan posisi baru dalam waktu tertentu.

Bagaimana jika kamu bangun tidur telentang saat hamil? Sangat sedikit orang yang bertahan dalam satu posisi sepanjang malam. Jika kamubangun tidur telentang selama kehamilan, atau tengkurap, jangan khawatir dan panik. Tidak ada salahnya dilakukan apabila tidak sengaja.

Fakta bahwa jika kamu terbangun di tempat pertama mungkin adalah cara tubuh hamil memberitahu kamuuntuk mengubah posisi (dan mungkin pergi ke kamar mandi lagi dan masalah tidur umum lainnya).

Tips Agar Tidur Nyenyak

a. Sebaliknya, coba lakukan beberapa cara-cara berikut ini yang dapat meningkatkan peluang Moms untuk tidur nyenyak dengan aman.
b. Hindari minuman berkafein seperti soda, kopi, dan teh.
c. Hindari minum banyak cairan atau makan makanan lengkap dalam beberapa jam sebelum tidur.
d. Biasakan untuk tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari.
e. Hindari olahraga berat tepat sebelum tidur.
f. Angkat kaki di atas bantal atau tembok untuk mengatasi kram kaki.
g. Ikuti kelas yoga atau pelajari teknik relaksasi lainnya.
h. Ikuti kelas melahirkan atau kelas parenting untuk menghilangkan rasa khawatir dan takut berlebihan jelang persalinan.
i. Dan jika memungkinkan, cobalah untuk tidur siang singkat selama 30-60 menit lamanya di siang hari untuk menggantikan tidur malam hari yang hilang.

Topik Terkait