img_title
Foto : Pinterest

IntipSelebTempat wisata di Cirebon bisa menjadi pilihan anda berlibur. Jawa Barat memang memiliki pesona yang menawan dan menjadi daya pikat wisatawan untuk berkunjung. Cirebon merupakan salah satu kota yang memiliki destinasi wisata yang memikat dan tidak banyak orang tahu.

Cirebon berasal dari Cai (air) dan Rebon (udang rebon) yang berkembang menjadi Cirebon yang kita kenal sekarang ini. Cerita asalnya berawal dari sebuah dukuh kecil yang dibangun oleh Ki Gedeng Tapa, yang kemudian berkembang menjadi desa yang ramai bernama Caruban.

Carub dalam bahasa Cirebon berarti bersatu padu, dimana wilayah tersebut terdapat percampuran budaya antara pendatang dengan penduduk setempat. Pelafalan kata caruban kemudian berubah menjadi carbon dan cerbon yang juga tak lepas dari mata pencaharian penduduk setempat yang mayoritas adalah nelayan penangkap ikan dan rebon (udang kecil) bahan baku terasi.

Cirebon juga dikenal sebagai wilayah yang memiliki empat keraton yaitu Keraton Kasepuhan, Keraton Kanoman, Keraton Kacirebonan, dan Keraton Kaprabonan. Melansir laman cirebonkota.go.id, kesultanan yang berdiri menjadi jembatan antara budaya Jawa dan Sunda sehingga memiliki kebudayaan sendiri yaitu kebudayaan Cirebon.

Kesultanan Cirebon yang didirikan Pangeran Cakrabuana, putra pertama dari Prabu Siliwangi dengan Subanglarang. Seiring berjalannya waktu, Keraton ini berkembang menjadi Keraton Kasepuhan, Keraton Kanoman, dan Keraton Kacirebonan melalui pembagian kekuasaan.

Sementara melansir laman jabarprov.go.id, Keraton Kaprabonan merupakan wilayah yang dibuat seorang pangeran dari Keraton Kanoman yang menolak tahta dan memilih membuat padukuhan sendiri untuk memperdalam ilmu agama Islam.

Tanpa berlama-lama lagi, ini dia tempat wisata di Cirebon yang asyik untuk dikunjungi. Yuk terus scroll kebawah ya!

1. Bukit Gronggong

Beautynesia
Foto : Beautynesia

Ingin menikmati kota Cirebon dari ketinggian? Bukit Gronggong bisa menjadi solusi untuk liburan anda. Anda bisa memanjakan mata dengan balkon di puncak bukit yang populer dengan panorama malam & restoran outdoor di teras yang dihiasi lentera.

Di Cirebon, terdapat destinasi wisata di kawasan dataran tinggi yang menyajikan panorama alam dan citylights. Objek wisata tersebut bernama Bukit Gronggong.

Sebagai tempat rekreasi, Bukit Gronggong menawarkan banyak destinasi dan kegiatan yang bisa dijajal bersama keluarga maupun orang tersayang. Bahkan, sejak dulu Bukit Ini sudah populer sebagai destinasi wisata romantis, lho!

Untuk menikmati keindahan dari destinasi wisata alam Bukit Gronggong Cirebon, anda tidak butuh banyak biaya. Sajian wisata satu ini bisa anda nikmati dengan harga tiket masuk terjangkau. Karena cukup mengeluarkan biaya tiket masuk wisata Bukit Gronggong seharga Rp.5.000/orang.

Meskipun menjadi tempat wisata baru, Bukit Gronggong bisa anda kunjungi dengan mudah. Karena akses jalan yang sudah baik dan plang penunjuk jarah yang akan memudahkan perjalanan liburan anda di Cirebon Jawa Barat.

Bukit Gronggong lokasinya berada di Patapan, Kec. Beber, Cirebon, Jawa Barat. Jarak obyek wisata Bukit Gronggong kurang lebih 10 km ketika berangkat dari pusat kota Cirebon. Destinasi wisata Bukit Gronggong bisa anda kunjungi menggunakan kendaraan dengan waktu tempuh sekitar 30 menit perjalanan.

2. Wanawisata Ciwaringin

Kaskus
Foto : Kaskus

Setelah penat aktivitas pekerjaan, tidak ada salahnya untuk mengunjungi alam pedesaan yang menyegarkan. Kamu bisa menemukannya pada objek wisata yang satu ini.

Ciwaringin ialah nama sebuah desa yang berada di Kecamatan yang memiliki nama yang sama, yakni Ciwaringin, yang berada di Kabupaten Cirebon. Wana Wisata Ciwaringin menjadi tempat yang cocok untuk anda kunjungi ketika suasana hati sedang jenuh dan jiwa yang penat. Keasrian alam yang disajikan Wanawisata Ciwaringin akan mendamaikan dan merelaksasi siapa saja yang ingin mendapatkan ketenangkan.

Panorama alam hijau dengan udara yang segar akan merefresh bosan, jenuh dan pusing akan beban pikiran sehari-hari. Kabupaten Cirebon memang menjadi salah satu daerah di Jawa Barat yang menyimpan banyak pesona wisata. Tidak hanya wisata sejarah dan budaya saja, namun juga wisata alam yang mempesona.

Menikmati indahnya alam dan pesona wisata yang ada di Cirebon Jawa Barat memang menyenangkan. Selain keindahannya, banyak tempat menarik yang bisa anda nikmati dengan biaya tiket masuk murah.

Salah satu wisata ramah kantong di Cirebon yaitu Wana Wisata Ciwaringin. Untuk menikmati sajian wisata alam satu ini, anda cukup mengeluarkan biaya Rp.10.000/orang. Untuk biaya tambahan ketika berlibur di Wana Wisata Ciwaringin yaitu retribusi parkir kendaraan Rp.2.000 untuk sepeda motor dan Rp.5.000 ketka berkunjung menggunakan mobil. (Harga tiket masuk destinasi Wana Wisata Ciwaringin bisa berubah setiap waktu).

3. Gua Sunyaragi

cagarbudaya.kemendikbud
Foto : cagarbudaya.kemendikbud

Ingin wisata sambil belajar sejarah? Gua Sunyaragi bisa menjadi pilihan. Kesan sakral akan kamu rasakan ketika memasuki area ini. Area ini konon masih digunakan untuk pertapaan.

Situs Cagar Budaya Taman Kepurbakalaan Sunyaragi awalnya merupakan Taman Kelangenan (taman kenikmatan) atau Tamansari yang fungsi utamanya untuk bermeditasi atau menyepi, maka dikenal pula sebutan taman Kelangenan Sunyaragi (‘sunya’ berarti sunyi, sepi; ‘ragi’ seperti raga).

Kesan sakral berasal dari lorong-lorong bekas tempat berkhalawat (pertapaan), kolam-kolam pemandian (petirtaan), ruang-ruang tempat meditasi, dan benda-benda arkeologis lainnya. Kesan profan lebih banyak didukung oleh adanya bangunan-bangunan bentuk joglo dan lepa yang dibentuk di dinding tembok dengan motif kembang kanigaran serta benda-benda arkeologis berupa artefak logam, kayu, dan keramik.

Secara visual, motif wadasan dan mega mendung sangat mendominasi di sebagian besar tembok kompleks Gua Sunyaragi. Susunan batu karang ditata sedemikian rupa sehingga membentuk corak Wadasan dan Mega Mendung. Pada bagian-bagian tertentu dilengkapi pula dengan motif-motif tanaman rambat, baik berupa patran (bentuk-bentuk ikal/sulur) maupun simbaran (bentuk-bentuk segitiga). Motif wadasan dan mega mendung diyakini merupakan simbol kehidupan. Mega melambangkan langit atau udara sedangkan wadas yang berarti batuan melambangkan bumi. Sedangkan motif-motif tanaman merambat, patung-patung hewan dan manusia melambangkan isi dari dunia yang memiliki bumi dan langit beserta isinya.

Sebagai peninggalan kesultanan Islam, Taman Sunyaragi dilengkapi dengan pola-pola arsitektur bergaya Islam atau Timur Tengah, antara lain relung-relung pada dinding beberapa bangunan, tanda-tanda kiblat pada tiap-tiap pasalatan atau mushola, adanya beberapa pawudlon atau tempat wudhu, dan bentuk bangunan Bangsal Jinem yang menyerupai bentuk Ka’bah jika dilihat dari sisi belakang Bangsal Jinem.

Taman Sunyaragi didirikan pada zaman penjajahan Belanda (tahun 1741 M) sehingga gaya arsitektur Eropa turut memengaruhi arsitektur Taman Sunyaragi. Tanda tersebut dapat terlihat pada bentuk jendela yang terdapat pada bangunan Kaputren, bentuk tangga berputar pada gua Arga Jumut, dan bentuk gedung Pesanggrahan.

4. Situ Sedong

Instagram/abuchaerudin
Foto : Instagram/abuchaerudin

Setu Sedong menjadi destinasi wisata alam murah meriah di Cirebon namun tetap rekomended untuk menghabiskan waktu libur bersama keluarga. Kabupaten Cirebon memang menjadi salah satu kota di Jawa Barat yang menyajikan destinasi wisata lengkap.

Mulai dari tempat pikinik bersejarah, wisata alam, budaya, pantai dan lainnya. Salah satu destinasi wisata alam menarik di Cirebon yang menjadi tempat asyik menghabiskan waktu libur yaitu Setu Sedong. Penatnya pikiran dengan suasana menjenuhkan tidak akan anda rasakan lagi ketika menikmati sajian Setu Sedong Cirebon satu ini.

Suasana alam di Setu Sedong mampu memberi rasa nyaman bagi suasana hati dan pikiran. Pada sisi waduk sebelah barat yang berbatasan dengan jalan telah dibuat dinding beton untuk mencegah air danau agar tidak mengalir ke jalan. Disepanjang dinding beton ini menjadi tempat favorit pengunjung untuk bersantai menikmati tenangnya air danau. Bahkan tidak sedikit pengunjung yang punya hobi memancing menjadikan sepanjang sisi waduk di pinggir jalan ini sebagai spot untuk memancing.

Untuk menuju kawasan Setu Sedong dapat dicapai melalui dua alternatif jalan. Anda yang dari arah kota di Cirebon dapat melalui jalan Cirebon menuju Sindang laut dan berbelok ke kanan menuju ke kecamatan Sedong. Atau bisa juga diakses lewat jalan Cirebon-Kuningan dan berbelok kearah timur memasuki Desa Durajaya hingga akhirnya menuju ke wilayah Sedong.

5. Pantai Kejawanan

pantainesia
Foto : pantainesia

Pantai Kejawanan salah satu pantai favorit masyarakat Cirebon. Berada tak jauh dari pusat kota. Seringkali menjadi tujuan untuk menghabiskan sore warga. Karena pemandangannya yang begitu memukau saat sore hari. Tak hanya itu, di pagi hingga siang pun wisatawan memadati pantai dengan berbagai aktivitas.

Untuk memasuki pantai ini, pengunjung tidak perlu untuk membayar. Sebagai gantinya, ada tiket masuk bagi yang memiliki kendaraan. Rp 2.000 untuk mobil dan motor dikenakan tarif Rp. 5.000.

Itulah dia beberapa objek wisata yang bisa dikunjungi ketika berada di Cirebon. Anda bisa menambahkan tempat-tempat tersebut pada list wisata anda berikutnya. Selamat berlibur!

Topik Terkait