img_title
Foto : Pinterest/Go Dairy Free

IntipSelebMakanan yang mengandung kalsium kerap dikaitkan dengan kesehatan serta memperkuat tulang. Sehingga jika menyebut makanan yang mengandung kalsium akan teringat dengan sebuah santapan yang mengandung susu.

Tapi rupanya makanan yang mengandung kalsium bukan hanya ada bahan susu di dalamnya saja loh. Rupanya makanan yang mengandung kalsium sangat banyak. Sebelum mengetahui makanan yang mengandung kalsium, alangkah lebih baiknya kamu mengenal seberapa penting sih bagi tubuh untuk mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium?

Kamu mungkin berpikir kalsium hanya untuk tulang saja, tetapi sebenarnya kalsium dapat memberi manfaat bagi tubuh dalam banyak cara. Melansir pada Hello Sehat, kalsium merupakan jenis mineral yang berperan penting dalam membuat tubuh berfungsi dengan baik.

Dari lahir sampai tua, tubuh akan terus membutuhkan kalsium. Dalam tubuh, kalsium paling banyak ditemukan pada tulang dan gigi. Sebab, keduanya bertindak sebagai tempat penyimpanan kalsium. Nantinya, tulang dan gigi melepaskan kalsium setiap tubuh kamu membutuhkannya. Manfaat dari mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium melansir pada Tokopedia ialah:

1. Perkuat Tulang

Mempunyai tulang yang sehat tentunya adalah hal yang diharapkan oleh semua orang, khususnya pada masa pertumbuhan bayi. Asupan kalsium juga sangat dibutuhkan dalam mempertahankan massa tulang di masa dewasa.

Jika kekurangan asupan kalsium, tentunya tulang bisa menjadi lebih tipis dan rapuh. Selain itu, tulang yang lemah juga dapat menyebabkan osteoporosis. Oleh karena itu, dibutuhkan makanan ataupun minuman yang mampu memenuhi kebutuhan kalsium agar dapat menjaga kesehatan tulang.

2. Bantu Jaga Berat Badan

Memiliki berat badan yang ideal tentunya adalah hal yang diharapkan semua kalangan mulai dari anak-anak hingga dewasa. Agar berat badan tetap stabil, tentunya asupan kalsium harus tetap terpenuhi.

Kekurangan kalsium dapat menyebabkan berat badan, namun dalam hal ini, kalsium tidak menyebabkan percepatan penurunan berat badan. Oleh karena itu, kebutuhan kalsium harus tetap terpenuhi untuk menjaga metabolisme tubuh yang sehat dalam menjaga berat badan.

3. Menangkas Gejala Pencernaan

Kalsium merupakan mineral yang paling berperan penting dalam pertumbuhan dan pemeliharaan tulang maupun gigi. Kalsium didapatkan melalui beberapa jenis makanan dan minuman seperti susu dan produk olahannya, sayuran hijau, salmon dan sarden.

Selain baik dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi, kalsium juga sangat baik dalam mengurangi masalah pencernaan. Kalsium karbonat digunakan dalam suplemen makanan, namun juga digunakan pada antasida. Antasida sendiri memiliki fungsi dalam membantu meredakan perut asam dan gangguan pencernaan.

4. Menguatkan Gigi

Gigi yang kuat tentunya sangat diharapkan oleh semua orang. Untuk mendapatkan gigi yang kuat tentunya Kamu harus rajin merawatnya dan tidak lupa untuk memenuhi kebutuhan akan kalsium. Dalam hal ini, kalsium berperan penting dalam menjaga kesehatan dan kekuatan gigi.

Selain itu, kalsium juga memiliki peran yang sangat penting dalam mengembangkan dan menjaga kesehatan tulang rahang. Dalam hal ini, tentunya tulang rahang berfungsi untuk menahan gigi dan bekerja dengan fosfor dalam menjaga dan mengembangkan kekuatan pada gigi.

5. Mengatur Kontraksi Otot

Kontraksi otot merupakan keadaan pada saat otot menegang ataupun memendek. Kontraksi otot berfungsi untuk menggerakkan tulang dan rangka tubuh. Agar otot dapat berfungsi dengan baik, tentunya asupan kalsium sangat dibutuhkan dalam kontraksi otot.

Kalsium sangat membantu dalam mengatur kontraksi otot yang berinteraksi dengan magnesium. Ketika otot merangsang saraf, kalsium akan dilepaskan. Kalsium juga dapat mengikat protein pada otot sehingga menghasilkan kontraksi.

Dalam hal ini magnesium memblokir kalsium dengan tujuan agar membantu merilekskan otot. Proses inilah yang sangat penting dalam fungsi otot.

Lantas kira-kira apa saja makanan yang mengandung kalsium bagus untuk tubuh kamu? Penasaran? Jangan khawatir. IntipSeleb akan merangkum dari sumber alodokter mengenai makanan yang mengandung kalsium baik. Yuk cek ke bawah untuk makanan yang mengandung kalsium!

1. Ikan sarden

Ikan satu ini menjadi makanan yang juga mengandung kalsium baik untuk tubuh. Diperlukan dua setengah ons ikan sarden mengandung kalsium sebanyak 286 mg. Jika bisa, jangan sisihkan tulangnya karena tulang lunak pada ikan ini juga mengandung kalsium.

2. Ikan salmon

Mengonsumsi 2 setengah ons ikan salmon dalam kaleng dapat memberikan asupan sekitar 180 mg kalsium. Tidak hanya mengandung kalsium, ikan ini juga mengandung omega-3 yang dapat menurunkan risiko kanker, protein yang bermanfaat menjaga kesehatan otot, dan kalium yang berfungsi mengendalikan tekanan darah.

3. Brokoli

Tidak hanya ikan, sayuran juga mengandung kalsium. Salah satu sayuran yang tinggi kalsium adalah brokoli. Dalam 50 gram sayuran ini, terdapat setidaknya 30 mg kalsium. Untuk mengonsumsinya, brokoli dapat disajikan sebagai lalapan atau bahan pelengkap masakan.

4. Pokchoy

Sayuran hijau yang sering disajikan secara mentah sebagai lalapan dan terkadang menjadi bahan campuran asinan ini juga kaya akan kalsium. Satu cangkir pok choy kecil dapat mengandung kalsium sekitar 150 mg.

5. Bayam

Tidak kalah dari pok choy, bayam juga mengandung tinggi kalsium. Dalam 100 gram bayam, terkandung setidaknya 150 mg kalsium. Sayuran ini umum diolah menjadi masakan sayur bening, yang dikombinasikan dengan jagung dan juga bisa merebus sayur bayam tanpa tambahan bumbu apa pun tetapi menghasilkan rasa tetap enak.

6. Tahu

Selain dikenal makanan yang kaya akan protein nabati, tahu juga memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi. Dengan mengonsumsi 150 gram tahu, kamu bisa mendapatkan 300-500 mg kalsium.

7. Biji wijen

Meski ukurannya kecil dan biasanya hanya dijadikan pelengkap hidangan kue, biji wijen sebenarnya memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi. Satu sendok makan biji wijen mengandung sekitar 160 mg kalsium.

8. Almond

Kacang yang sering dikombinasikan dengan cokelat ini mengandung banyak kalsium. Kamu bisa mendapatkan sekitar 75 mg kalsium dengan mengonsumsi 20 buah kacang almond.

9. Susu kedelai

Bila tidak suka atau tidak bisa minum susu sapi, kamu bisa mencoba minum susu kedelai untuk mendapatkan asupan kalsium. Dalam tiap cangkir (200ml) susu kedelai, terkandung sekitar 240 mg kalsium.

10. Kacang merah

Tidak hanya kacang almond, kacang merah juga kaya akan kalsium. Satu cangkir kacang merah, atau sekitar 185 gram, mengandung 80 mg kalsium. Kamu bisa menyantapnya dengan beragam cara, salah satunya adalah dengan menjadikannya sup kacang merah.

11. Buah Jeruk

Buah jeruk menjadi salah satu buah tinggi kalsium yang murah dan mudah didapatkan apalagi di musim kemarau yang berangin. Dalam 150 gram penyajian, jeruk memiliki 60 mg kalsium. Oleh karena rasanya yang manis masam segar, jeruk bisa dinikmati baik secara langsung maupun dibuat jus yang dikonsumsi setiap pagi untuk menambah asupan kalsium dan juga. vitamin C.

Itulah makanan-makanan yang mengandung kalsium baik untuk tubuh kamu, selamat mencoba semoga sehat selalu!

Topik Terkait