img_title
Foto : Berbagai Sumber

IntipSeleb – Musik dangdut begitu melekat di hati masyarakat Indonesia dan menjadi identitas bangsa yang kini sudah merambah ke kancah global. Semakin berkembang, musik dangdut melahirkan sub baru yakni dangdut koplo yang mulai populer di era 2000-an hingga saat ini.

Memiliki irama gendangan yang khas, intip yuk deretan OM (orkes Melayu) dangdut koplo populer yang ada di Indonesia melalui ulasan di bawah ini!

1. OM Sagita

Soundcloud
Foto : Soundcloud

Berasal dari Nganjuk, Jawa Timur, grup koplo Sagita dibentuk oleh Eny Sagita dengan menggabungkan musik koplo serta kesenian jaranan atau kuda lumping, yang kerap disingkat Jandut (jaranan dangdut).

Aktif sejak tahun 2009, Sagita telah menggandeng sederet penyanyi untuk membawakan lagu-lagunya, diantaranya ada Nella Kharisma, Happy Asmara, Irenne Ghea, dan masih banyak lagi. Selain itu, Sagita juga memiliki jargon Assololley yang melekat di telinga masyarakat.

2. OM Sonata

Facebook
Foto : Facebook

Masih dari wilayah Jawa Timur, grup musik dangdut koplo Sonata berasal dari Jombang yang diketuai oleh Edy Sonata. Dua dekade lebih berkaya di genre musik koplo, Sonata telah menggandeng banyak penyanyi diantaranya Deviana safara, Suliana, hingga Dian Marshanda.

Selain itu, grup Sonata juga memiliki MC bernama Budi Sadewo yang unik dengan gaya berbicara bahasa Inggrisnya yang khas hingga banyak menarik perhatian generasi muda.

3. OM New Pallapa

Berbagai Sumber
Foto : Berbagai Sumber

Berasal dari Sidoarjo, Jawa Timur, New Pallapa merupakan grup koplo yang sudah eksis sejak tahun 2000-an yang sebelumnya bernama OM Palapa atau Orkes Melayu Palapa.

Semakin eksis di kancah genre musik koplo, New Pallapa telah berkolaborasi dengan banyak penyanyi terkenal seperti Via Vallen, Tasya Rosmala, Jihan Audy, dan masih banyak lagi. 

4. OM Monata

Berbagai Sumber
Foto : Berbagai Sumber

Diketuai oleh Cak Gatot, Monata merupakan grup musik dangdut koplo yang dibentuk pada tahun 1995. Grup ini juga dikenal dengan vokalisnya yang bernama Shodiq, dengan penampilan khasnya yakni rambut gimbal.

Selain itu, Monata juga banyak melahirkan penyanyi dangdut Tanah Air yang kini sukses besar seperti Inul Daratista, Duo Virgin, dan masih banyak lagi.

1.OM Pantura

Berbagi Sumber
Foto : Berbagi Sumber

Grup musik dangdut koplo Pantura menjadi salah satu yang terpopuler, terlebih namanya memiliki kesamaan dengan nama jalur yang biasa dilewati ketika ingin bepergian di daerah Pulau Jawa.

Berasal dari Demak, Jawa Tengah, Pantura dipimpin oleh Bambang Riyanto dan menggandeng penyanyi-penyanyi dengan suara menggelegar seperti Reza Lawangsewu, Acha Kumala, Ratna Nurma, dan masih banyak lagi.

Untuk kamu yang tertarik terjun ke genre musik dangdut koplo dan memiliki bakat di bidang tersebut, segera daftarkan diri untuk menjadi bintang di program terbaru besutan ANTV x Rans Entertainment yakni Koplo Superstar

Temukan informasi selengkapnya tentang program terbaru Koplo Superstar dengan meng-klik link di sini.

Berita Terkait
Topik Terkait