img_title
Foto : Pinterest/Doyan Resep

IntipSelebCumi asam manis merupakan salah satu sajian kuliner yang cukup menjadi idola saat mengunjungi restoran atau tempat makan seafood. Cumi-cumi memang banyak diolah menjadi berbagai jenis masakan bercita rasa yang beragam, mulai dari oseng cumi hitam, cumi goreng tepung hingga salah satu yang paling populer adalah cumi asam manis.

Pada dasarnya, cumi asam manis terbuat dari bahan dasar cumi yang diiris kecil-kecil kemudian dimasak dengan saus yang bercita rasa pedas, manis hingga asam. Rasa asam itu bisa didapat dari potongan buah nanas atau pun buah tomat yang dicampur saat proses memasak cumi-cumi.

Jika cumi asam manis merupakan salah satu menu makanan favorit anda, tentunya anda ingin sekali bisa memakan makanan tersebut terus menerus. Namun tentu rasanya juga tidak mungkin jika harus setiap hari menghabiskan uang anda hanya untuk jajan cumi asam manis.

Lalu terpikirkah anda tentang memasak cumi asam manis sendiri di rumah? Sebenarnya, memasak cumi asam manis cukup mudah, lho. Bahannya mudah didapat dan proses memasaknya tidak terlalu lama. Berikut ini tim IntipSeleb akan sajikan sederet resep cumi asam manis yang dikutip dari berbagai sumber.

Resep cumi asam manis

Berikut ini adalah sederet resep cumi asam manis yang dikutip dari channel YouTube Adiyanti Ulyana, Dapur A2, dan juga Tastemade Indonesia.

1. Resep cumi asam manis ala resto

Instagram/@anitha_ellen
Foto : Instagram/@anitha_ellen

Bahan-bahan cumi asam manis
300 gram Cumi-cumi (Bisa lebih banyak)
1 Buah Jeruk Nipis
2-3 sdm Minyak Goreng untuk menumis
300 ml Air
1/2 sdt Garam
1/2 sdt Kaldu Bubuk
1/2 sdt Lada Bubuk
5 sdm Saos Tomat
1 sdm Saos Tiram
1/2 sdm Gula Pasir

Bumbu iris :
3 Siung Bawang Putih, cincang halus
5 buah Cabe Rawit
1 buah Cabe Merah
1 Buah Tomat
1 Buah Bawang Bombay2 Batang Daun Bawang

Cara membuat cumi asam manis

1. Langkah pertama adalah beri perasan jeruk nipis ke atas cumi-cumi yang telah dipotong-potong sesuai dengan selera anda. Aduk-aduk kemudian diamkan selama 15 menit agar bau amisnya hilang.
2. Lanjut ke bumbunya, cincang kasar bawang putih, kemudian iris cabai rawit, cabai merah dan juga tomat. Potong-potong juga bawang bombay serta daun bawang.
3. Selanjutnya tumis bawang putih hingga harum dan kecokelatan, kemudian oseng bersama dengan cabai dan juga tomat. Setelah harum dan matang tambahkan air.

4. Masukkan garam, kaldu bubuk, lada bubuk, saus tomat, saus tiram lalu aduk hingga tercampur rata. Jangan lupa tambahkan pula gula pasir agar tercipta rasa manis. Jangan lupa untuk koreksi rasa, jika ada yang kurang, anda bisa menambahkan bumbu-bumbu sesuai dengan selera anda.
5. Jika rasa sudah pas, masak hingga mendidih.
6. Setelah mendidih, tambahkan cumi yang telah disiapkan tapi kemudian masak-masak kurang lebih 5 menit saja.
7. Kemudian tambahkan daun bawang dan bawang bombay yang telah dipotong-potong sebelumnya. Masak sebentar lalu angkat.
8. Cumi asam manis siap disajikan.

2. Resep cumi asam manis ala rumahan

Instagram/@lusiaa_vv
Foto : Instagram/@lusiaa_vv

Bahan-bahan

- 350 gram cumi yang telah dipotong-potong
- 2 buah jeruk nipis
- 3 cabai merah besar
- 7 siung bawang putih
- 1 buah bawang bombay
- daun bawang secukupnya
- 5 sdm saus tomat
- 1 sdm gula pasir
- 1/2 sdt garam
- merica secukupnya
- 1/4 sdt penyedap rasa

Cara membuat cumi asam manis ala rumahan

1. Langkah pertma adalah beri perasan jeruk nipis ke cumi-cumi yang telah dipotong-potong. Aduk, kemudian diamkan selama kurang lebih 10 menit jika sudah kemudian bilas dengan air bersih.
2. Selanjutnya iris cabai merah, daun bawang, bawang bombay. Sedangkan bawang putihnya bisa dicincang kasar
3. Kemudian tumis bawang putih, bawang bombay hingga harum atau berubah warna menjadi kecokelatan. Tambahkan pula cabai merah.
4. Cumi yang telah didiamkan dan dicuci bersih, kemudian bisa langsung dimasukkan dan aduk-aduk untuk beberapa saat.
5. Masukkan saus tomat kemudian tuangkan air secukupnya. Setelah itu masukkan garam, gula, penyedap rasa, merica, lalu aduk-aduk. Anda bisa koreksi rasa dan menambahkan bahan-bahan yang sekiranya menurut anda kurang.
6. Setelah itu masak hingga mendidih. Setelah mendidih tambahkan daun bawang yang sebelumnya telah diiris. Aduk-aduk sebentar kemudian sajikan.
7. Cumi asam manis siap disajikan.

3. Resep cumi asam manis favorit

Pinterest/Doyan Resep
Foto : Pinterest/Doyan Resep

Bahan-bahan cumi asam manis
- 400 g cumi-cumi
- Biji wijen secukupnya
- Minyak goreng untuk menggoreng

Bahan Rendaman:
- 1 sdt minyak wijen
- 1 butir putih telur
- 1 sdt air jeruk lemon
- 2 cm jahe, parut
- 1 sdm kecap asin
- 1½ sdm tepung pati jagung maizena

Bahan saus:
- 1/2 buah bawang bombai
- 3 siung bawang putih, cincang kasar
- 1 buah cabai merah, iris tipis
- 1 buah cabai hijau, iris tipis
- 1 sdm larutan tepung pati jagung
- ½ sdm air jeruk lemon
- 5 sdm saus tomat
- ½ sdm cuka
- Gula secukupnya
- Garam secukupnya
- Lada secukupnya

Cara membuat cumi asam manis favorit

1. Langkah pertama membuat cumi asam manis adalah dengan mencuci bersih cumi terlebih dahulu. Setelah itu, potong sesuai dengan selera (biasanya berbentuk cincin).
2. Kemudian, campurkan cumi yang telah dipotong itu dengan minyak wijen, putih telur, air jeruk lemon, jahe parut, kecap asin, dan tepung pati jagung, kemudian aduk-aduk hingga semuanya tercampur rata, diamkan selama kurang lebih 10 menit agar semua bahan meresap.
3. Selanjutnya, panaskan minyak kemudian goreng cumi sampai berubah warna menjadi cokelat keemasan. Lalu angkat kemudian sisihkan.
4. Langkah selanjutnya adalah menulis bumbu. Panaskan sedikit minyak kemudian tumis bawang bombai, bawang putih, cabai merah dan cabai hijau besar. Tumis semua bahan hingga berbau wangi matang.

5. Setelah itu, tambahkan saus tomat, air jeruk lemon dan juga cuka. Aduk-aduk kembali hingga rata.
6. Selanjutnya, tambahkan air lalu aduk sebentar. Barulah tambahkan bumbu penyedap seperti garam, lada dan gula pasir. Aduk-aduk sebentar lalu masak hingga air bumbu mendidih.
7. Untuk membuat agar saus mengental, kuncinya adlaah dengan menambahkan larutan tepung pati jagung. Tambahkan larutan tepung pati jagung secukupnya kemudian aduk-aduk hingga mengental.
8. Kemudian baru tambahkan cumi yang sebelumnya telah digoreng kemudian aduk-aduk.
9. Angkat dan cumi asam manis siap untuk disajikan.

Demikian adalah sederet resep cumi asam manis untuk anda. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan juga menjadi inspirasi bagi anda. Jangan lupa untuk mencoba resep yang telah dicantumkan di atas di rumah, ya! (nes)

Topik Terkait