img_title
Foto : Instagram/@maybelin_ma

IntipSelebResep sop daging sapi pada dasarnya cukup mudah. Sop daging merupakan salah satu kuliner Indonesia yang memiliki banyak sekali penggemar. Sop daging pada dasarnya adalah makanan yang berbahan dasar daging sapi yang dimasak bersama dengan potongan sayuran dan disajikan dengan kuah yang gurih nan nikmat.

Pembuatan atau resep sop daging sapi sebenarnya cukup muda, selain itu bahan bakunya pun tidak sulit didapatkan. Sop daging sapi juga dapat dimakan langsung maupun menjadi pendamping nasi. Wah, kebayang, ya, bagaimana rasa gurih dari kuah sop daging yang betemu dengan potongan daging sapi yang lembut. Pastinya enak dan bikin ingin nambah terus!

Untuk anda yang sedang malas keluar mencari sop daging sapi, anda bisa membuatnya di rumah, lho. Penasaran dengan resep sop daging sapi yang mudah? Yuk simak beberapa resep sop daging sapi berikut yang bisa anda coba di rumah.

Resep sop daging sapi

Berikut ini adalah sederet resep sop daging sapi yang dikutip dari beberapa channel YouTube yakni Lestari Putri, DAPUR MAMA ENTI, dan tri pujis.

1. Resep Sop Daging

Instagram/@rahmi_mol
Foto : Instagram/@rahmi_mol

Bahan-bahan sop daging

- 250 grm daging sapi
- 2 buah kentang
- 1 buah wartel ukuran sedang
- 1 tangkai daun bawang
- 5 tangkai seledri
- 1 1/2 liter air
- Minyak goreng

Bumbu-bumbu

- 7 siung bawang merah
- 5 siung bawang putih
- 2 sdt lada putih bubuk
- 2 cm jahe
- 1 cm biji pala
- Kaldu sapi bubuk
- Garam

Rempah kering

- 3 buah cengkeh
- 4 cm kayu manis

Pelengkap

- Bawang merah goreng
- Sambal
- Jeruk nipis/jeruk limo

Cara membuat atau resep sop daging sapi

1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan daging sapi kemudian dicuci bersih
2. Setelah itu, potong-potong kentang dan wortel potong tipis melintang.
3. Kemudian, rebus daging sapi yang telah dicuci bersih hingga setengah matang bersama seledri dan daun bawang utuh (tidak dipotong).
4. Jika daging sudah setengah matang, angka, kemudian anda bisa potong dadu atau potong sesuai dengan keinginan anda. Setelah itu baru direbus kembali hingga benar-benar matang

5. Selagi menunggu daging matang, anda bisa mulai haluskan bumbu yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, jahe, lada putih, biji pala.
6. Kemudian, tumis bumbu yang telah dihaluskan hingga tercium harum atau berubah warna kecokelatan
7. Jika sudah, masukkan tumisan bumbu beserta kentang ke dalam rebusan daging. Lalu masak hingga matang dan empuk
8. Jika sudah matang, barulah anda bisa menambahkan wortel. Jangan lupa untuk tambahkan garam dan kaldu sapi bubuk. Untuk seledri dan daun bawang yang tadi direbus bersama dengan daging, bisa diangkat dan buang.
9. Setelah air mendidih dan daging telah matang, angkat,
10. Sop daging sapi siap disajikan.

2. Resep sop daging sapi

Instagram/@suprabajati
Foto : Instagram/@suprabajati

Bahan-bahan

- 500 gram daging sapi
- 2 buah wortel (yang telah dipotong)
- 1 buah kentang (yang telah dipotong)
- 1 buah kembang kol (potong kecil)
- daun bawang
- seledri secukupnya
- bawang goreng

Bumbu-bumbu

- 4 siung bawang putih
- lada bubuk atau lada butir secukupnya
- 1/2 buah biji pala
- 2 ruas jahe
- 2 sdt garam
- 1 bungkus kaldu sapi bubuk penyedap rasa ( boleh ga pake)

Cara membuat atau resep sop daging sapi

1. Langkah pertama adalah dengan merebus dagingnya terlebih dahulu. Perhatikan cara perebusan berikut ini.
2. Didihkan air, jika sudah mendidih, masukkan 1 ruas jahe untuk mengurangi bau amis dan juga mempercepat agar daging sapi empuk. Setelah itu tutup dan masak selama 5 menit, jangan buka tutup panci selama 5 menit.
3. Setelah itu matikan api dan diamkan 30 menit dan tetap jangan dibuka tutup pancinya. Lalu jika sudah 30 menit, masak kembali selama kurang lebih 7 menit (tutup panci tetap jangan dibuka). Setelah itu barulah boleh diangkat dan potong kecil-kecil daging yang telah direbus.

4. Selanjutnya adalah haluskan bawang putih. Setelah itu, tumis bawang putih yang telah dihaluskan hingga harum dan kecokelatan. Jangan lupa, tumis bersama dengan jahe dan biji pala kemudian sisihkan jika sudah matang.
5. Siapkan panci dan panaskan air. Jika air sudah mendidih, barulah masukkan daging yang sebelumnya telah anda rebus. Tambahkan pula bumbu yang telah ditumis, aduk-aduk dan tutup.
6. Setelah itu tambahkan wortel dan juga kentang lalu tutup kembali. Setelah kentang mulai empuk, baru tambahkan kembang kol, lada bubuk secukupnya, kaldu bubuk sapi, 2 sdt garam kemudian aduk. Jangan lupa untuk koreksi rasa, jika ada yang kurang, anda bisa menambahkan lagi bumbu sesuai dengan selera anda.
7. Terakhir tambahkan potongan daun bawang dan juga daun seledri. Setelah matang, matikan kompor dan angkat.
8. Sop daging sapi siap disajikan.

3. Resep sop daging sapi

Instagram/@maybelin_ma
Foto : Instagram/@maybelin_ma

Bahan-Bahan sop daging sapi
- 250 gr daging sapi (potong kecil-kecil)
- 1 buah wortel (potong kecil)
- 1 buah kentang (potong dadu)
- kubis (secukupnya)
- buncis (secukupnya)
- 1 batang daun bawang
- 1 buah tomat

- 2 siung bawang merah
- 5 siung bawang putih
- 1/2 sdt garam
- 1/2 sdt kaldu bubuk
- 1/2 sdt lada bubuk
- 2 sdm gula
- bawang goreng untuk taburan
- 700-800 ml air untuk kuah

Cara membuat atau resep sop daging sapi

1. Langkah pertama adalah siapkan air di dalam panci, kemudian masukkan daging sapi, tutup dan masak hingga mendidih. Biasanya saat proses ini kuah rebusan daging tampak berbusa. Oleh sebab itu anda perlu mengganti air rebusannya dengan yang baru.
2. Setelah itu rebus kembali daging dengan keadaan panci yang ditutup. Proses merebus yang kedua ini sampai 5 menit saja. Setelah itu, diamkan hingga 30 menit dan jangan dibuka tutup pancinya.
3. Setelah didiamkan selama 30 menit, rebus kembali hingga mendidih selama 7 menit. Setelah mendidih, matikan dan diamkan selama 25 menit.
4. Sembari menunggu, anda bisa siapkan bumbunya. Iris tipis bawang merah dan bawang putih. Setelah itu, tumis bawang yang telah diiris tersebut hingga wangi dan berubah warna menjadi kecokelatan.

5. Setelah didiamkan selama 25 menit, masukkan bawang yang telah ditumis, garam, lada bubuk, kaldu bubuk, dan gula pasir. Tutup panci dan masak kembali hingga mendidih.
6. Kemudian, masukkan potongan kentang dan wortel dan masak kembali hingga kentang dan wortel empuk. Lalu barulah tambahkan potongan bunci dan kol. Aduk-aduk hingga kol layu.
7. Jangan lupa untuk koreksi rasa, anda bisa menambahkan bumbu yang sekiranya menurut anda kurang.
8. Jika sudah dirasa pas, masukkan potongan daun bawang dan juga tomat.
9. Angkat dan sop daging sapi siap disajikan.

Demikian adalah sederet resep sop daging sapi yang bisa menjadi bahan referensi anda untuk membuat menu masakan di rumah. Semoga artikel terkait resep sop daging sapi ini dapat berguna bagi anda.(prl).

Topik Terkait