img_title
Foto : Cookpad/Regina Mila Wiranata

IntipSelebResep kue kering modern biasanya akan banyak dicari pada saat momen-momen tertentu, contohnya seperti momen puasa dan hari lebaran. Meski begitu, kue kering tentu saja bisa dinikmati kapanpun tanpa perlu menunggu datangnya momen spesial.

Di Indonesia sendiri ada beraneka ragam jenis kue kering mulai dari yang tradisional hingga kue kering modern. Kue kering memang menjadi favorit bagi banyak kalangan. Ada beberapa faktor yang membuat kue jenis ini banyak diminati.

Rasanya yang renyah, ukurannya yang kecil sehingga praktis untuk dimakan, hingga daya tahannya yang lebih baik dibandingkan kue basah membuat kue kering banyak dijadikan pilihan untuk camilan ataupun sebagai buah tangan.

Meski kue kering banyak tersebar dan di jual di berbagai toko baik online maupun toko fisik, namun tak ada salahnya untuk mencoba membuatnya sendiri. Nah, berikut ini aneka resep kue kering modern untuk Anda yang tertarik mencoba membuat sendiri di rumah.

1. Resep Kue Kering Modern Bola Cokelat Kacang

Cookpad/Veni KM
Foto : Cookpad/Veni KM

Bahan Kue Kering:

- 1 bungkus biskuit

- 60 gram margarin cair

- 125 gram selai kacang

- 1 sendok makan gula halus

Bahan Celupan:

- 40 gram kacang tanah

- 100 gram cokelat batang yang sudah dilelehkan

Cara Membuat Kue Keing Bola Cokelat Kacang

1. Hancurkan terlebih dahulu seluruh biskuit hingga halus. Kemudian campurkan dengan gula halus dan aduk hingga rata.

2. Tuangkan margarin cair ke dalam adonan biskuit dan gula. Kemudian aduk kembali hingga tercampur rata. Setelah itu masukkan selai kacang ke dalam adonan, dan aduk kembali.

3. Bentuk adonan menjadi bola-bola berukuran sedang. Kemudian masukkan ke dalam freezer dan simpan selama 30 menit.

4. Selama bola-bola biskuit disimpan di dalam freezer, Anda dapat lanjut membuat bahan celpuan dengan mencampurkan cokelat leleh dengan kacang tanah yang sudah dicincang dan dipanggang.

5. Setelah 30 menit berlalu, keluarkan bola-bola biskuit dan celupkan seluruhnya ke dalam bahan celupan. Selesai, kue bola cokelat kacang sudah siap untuk disantap.

2. Resep Kue Kering Modern Cookies Cokelat

resepkoki.id
Foto : resepkoki.id

Bahan:

- 200 gram butter

- 100 gram margarin

- 1 butir kuning telur

- 1 butir telur utuh

- ½ sdt vanili

- 450 gram tepung terigu

- Susu bubuk full cream

- 2 sendok makan gula pasir halus

- 300 gram cokelat stik yang dibelah sesuai selera

Bahan olesan:

- 2 buah kuning telur

- 1 sendok makan minyak

- 2 sendok makan susu kental manis

Cara Membuat Kue Kering Cookies Cokelat

1. Campurkan terlebih dahulu buter, margarin, kuning telur, telur utuh, dan vanili dan kocok semuanya dengan mixer sampai tercampur rata dan mengembang.

2. Kemudian masukkan sedikit demi sedikit tepung terigu, susu bubuk full cream, dan gula ke dalam adonan pada yang sudah dikocok. Lakukan langkah ini sambil mengaduk adonan hingga rata.

3. Selanjutnya ambil adonan secukupnya, dan giling hingga ketebalannya mencapai sekitar 5 mm. Setelah itu potong-potong adonannya hingga sebesar ukuran cokelat stik.

4. Di atas adonan kuenya, letakkan cokelat stik dan tambahkan lagi sedikit adonan untuk menutup bagian atasnya.

5. Ambil loyang dan olesi dengan margarin tipis-tipis serta olesi juga dengan bahan olesan. Susun adonan di atas loyang tersebut, dan panggang di oven dengan suhu sekitar 150 derajat celcius selama 15 menit.

6. Kecilkan api terlebih dahulu hingga menjadi 100 derajat, kemudian panggang kembali adonan selama 15 menit sampai matang.

7. Jika sudah matang, keluarkan adonan dari oven dan dinginkan di atas rak pendingin. Apabila adonan sudah benar-benar menjadi dingin, barulah nikmati atau bisa juga disimpan dalam wadah maupun toples.

3. Resep Kue Kering Oatmeal Pisang

simple-veganista.com
Foto : simple-veganista.com

Bahan:

- 2 buah pisang

- 2 cangkir oatmeal

- 2 sendok makan mentega

- 2 sendok makan madu

- ½ ons chocochip

Cara Membuat Kue Kering Oatmeal Pisang:

1. Hancurkan pisang terlebih dahulu sampai benar-benar lembut dan tak ada yang menggumpal. Lalu tambahkan mentega cair dan madu, barulah diaduk hingga rata.

2. Masukkan oatmeal dan chocochip ke dalam adonan, kemudian aduk kembali sampai merata.

3. Ambil sebagian adonan dan bentuk menjadi kue bulat berukuran kecil.

4. Kemudian susun semua adonan yang sudah dibentuk menjadi bulat dan kecil di atas loyang. Tekan sedikit semua adonan satu per satu hingga bentuknya agak pipih.

5. Panaskan oven, kemudian panggang adonan dengan suhu sebesar 180 derajat celcius selama kurang lebih 15-20 menit.

6. Selesai, kue kering oatmeal pisang sudah dapat dinikmati.

4. Resep Kue Kering Modern Matcha

justinesnacks.com
Foto : justinesnacks.com

Bahan:

- 150 gram mentega

- 120 gram margarin

- 200 gram gula halus

- 1 sdt baking powder

- 1 sdt perenyah kue kering

- ¼ sdt garam

- ½ sdt vanili bubuk

- 2 kuning telur

- 1 putih telur

Bahan Tepung Kue Kering:

- 200 gram tepung terigu

- 30 gram susu bubuk

Bahan Tepung Matcha:

- 200 gram tepung terigu

- 30 gram susu bubuk

- 1 sendok makan matcha bubuk

- 90 gram almond

Cara Membuat Kue Kering Matcha

1. Campurkan mentega, margarin, perenyah kue, gula, garam, vanili, dan baking powder. Lalu, kocok hingga adonan mengembang.

2. Masukkan putih dan kuning telur, kemudian kocok kembali semuanya hingga tercampur rata.

3. Buat adonan menjadi dua bagian. Campurkan adonan bagian pertama dengan bahan tepung kue kering. Adonan perama ini nantinya akan berwarna putih. Kemudian campurkan adonan bagian kedua dengan bahan tepung matcha, nantinya adonan akan menjadi warna hijau.

4. Bentuk adonan matcha menjadi segitiga memanjang dan simpan di dalam kulkas hingga teksturnya berubah menjadi mengeras.

5. Kemudian giling adonan yang berwarna putih dengan ketebalan sekitar 2 mm saja. Tambahkan adonan matcha di atasnya, dan tumpuk lagi seluruh adonan matcha dengan adonan berwarna putih.

6. Simpan ke dalam kulkas selama kurang lebih 30 menit, atau hingga adonan benar-benar sudah mengeras.

7. Lalu potong-potong adonan dengan bentuk segitiga memanjang dan ketebalan sekitar 3 mm.

8. Selanjutnya susun adonan di atas loyang yang sudah diolesi margarin. Kemudian masukkan dan panggang di dalam oven dengan suhu 150 derajat celcius. Panggang selama sekitar 20 menit.

9. Kecilkan suhu oven menjadi 100 derajat, lalu lanjutkan memanggang kue hingga sekitar 15 menit sampai kue matang dan benar-benar kering.

10. Jika sudah matang dan kering, angkat dan dinginkan di suhu ruang. Setelah berubah dingin, simpan di dalam toples kedap udara.

Demikianlah 4 resep kue kering modern untuk Anda yang tertarik ingin membuat kue kering sendiri ala rumahan. Semoga berhasil membuat kue kering yang lezat, ya! (nes)

Topik Terkait