img_title
Foto : Pinterest/warunggelo pedas

IntipSelebResep seblak mie masih menjadi makanan favorit atau jajanan yang dicari oleh para pecintanya, terutama penggemar kuliner asal Bandung ini. Seblak sendiri merupakan makanan cepat saji yang melunakkan kerupuk dalam sebuah kuah pedas dilengkapi dengan tambahan topping lainnya.

Biasanya, topping dari seblak berupa ceker, bakso, sosis, dan chikuwa. Namun semakin kesini, banyak yang memodifikasi makanan satu ini dengan menambahkan topping lainnya, yaitu mie sehingga resep seblak mie banyak dicari, termasuk kamu bukan?

Resep seblak mie yang mudah membuat masakan satu ini cocok untuk dijadikan ide bisnis yang patut dicoba. Bahkan telah banyak yang berhasil menjadi pengusaha sukses berkat resep seblak mie, di mana pastinya kamu mengetahui merek-merek apa saja itu, sehingga kamu terinspirasi untuk mencari tahu bagaimana resep seblak mie.

Menyajikan rasa yang unik dan lezat, resep seblak mie cocok dimasak saat cuaca dingin atau sedang memiliki nafsu makan pedas. Saking pedasnya, resep seblak mie dapat membuat kunyahanmu terasa panas dan seakan-akan ingin mengobarkan api. Lantas kira-kira seperti apa sih resep seblak mie yang lezat anti micin bikin nambah? Penasaran? Jangan khawatir. Yuk simak ke bawah untuk tahu resep seblak mie lezat.

Seblak Mie Sederhana

Bahan-bahan:
- 100 gram kerupuk mentah.
- 1 sendok makan minyak untuk tumisan.
- 2 siung bawang putih.
- 5 siung bawang merah.
- 1 bungkus mie telur.
- 300 ml air.
- 2 butir telur.
- 1 sendok teh penyedap rasa.
- 1 sendok teh garam.
- 4 buah cabai rawit.
- 1 1/2 cm kencur.
- 1 sendok teh gula pasir

Cara pembuatan serta penyajian;
1. Pertama, hal yang kamu lakukan ialah rendam kerupuk terlebih dahulu dengan menuang kerupuk pada wadah. Kemudian masukkan air panas agar cepat mengembang atau bantat.
2. Siapkan panci kemudian rebus mie telur. Kamu harus masukkan air dan masak hingga mendidih lalu masukkan mie kedalamnya. Masak selama kurang lebih 1-2 menit, jangan masak hingga terlalu matang. Setelah itu angkat saring dan sisihkan dahulu.​
3. Lanjut ada bumbu, kamu dapat mencampurkan 2 siung bawang putih, 5 siung bawang merah, 4 buah cabai rawit (sesuai selera), 1 1/2 cm kencur dengan cara menguleknya. Kemudian bumbu yang telah diulek tersebut ditumis dengan sedikit minyak hingga bau harum tercium. Jika sudah, kamu dapat masukkan telur ke dalamnya dan aduk atau oseng hingga merata dengan bumbu yang ditumis.
4. Selesai tumis, masukkan air matang 300 ml tadi dan tambahkan garam, penyedap rasa, gula pasir yang telah disiapkan kemudian aduk hingga merata. Jangan lupa untuk koreksi rasa.
5. Jika sudah, masukkan mie dan kerupuk dalam satu tempat tersebut. Kemudian masak hingga kuah meresap dan menjadi sedikit.
6. Seblak mie pun telah jadi dan dapat kamu angkat dan sajikan di piring kesayanganmu.

Seblak Mie diganti Kwetiau

Bahan-bahan:
- 200 gram kwetiau.
- 50 gram kerupuk.
- 1 butir telur.
- 1 buah sosis.
- 2 buah bakso.
- Garam, merica, kaldu jamur, gula pasir, dan air secukupnya.
- Seladar air secukupnya.

Bahan untuk bumbu halus:
- 1 biji kemiri.
- 2 ruas kencur.
- 2 siung bawang putih.
- 3 siung bawang merah.
- 6 buah cabai rawit hijau.

Cara pembuatan serta penyajian:
1. Pertama-tama kamu harus siapkan bahan terlebih dahulu dan rendam kerupuk serta kwetiau dengan air panas hingga terasa lunak.
2. Potong kecil sosis dan bakso. Kemudian, cuci selada air hingga bersih.
3. Haluskan kemiri, kencur, bawang putih, bawang merah, dan cabai rawit hijau.
4. Panaskan minyak di wajan lalu tumis bumbu halus tersebut hingga matang dan tercium wangi harum. Sesudahnya kamu dapat campur adukkan telur ke dalam wajan. Tuangkan air secukupnya dan masak hingga mendidih.
5. Tambahkan kwetiau, kerupuk, gula pasir, garam, merica, kecap, dan kaldu jamur dalam satu tempat. Lalu masukkan selada air yang telah dicuci bersih dan dipotong ke dalam wajan. Aduk dan masak hingga matang.
6. Seblak mi kwetiau pun jadi dan siap berada di atas piring kamu.

Seblak Mie Tanpa Benyek

Bahan-bahan:
- 1 mie telur atau keriting sesuai selera.
- 100 gram kerupuk.
- 1 buah butir telur.
- 1 buah sosis.
- Minyak secukupnya.
- Air secukupnya.
- 1/2 sendok teh gula pasir.
- 1/2 sendok teh garam.
- 1/2 kaldu ayam bubuk.

Bahan untuk bumbu halus:
- 2 ruas kencur.
- 2 siung bawang putih.
- 4 siung bawang merah.
- 4 buah cabai merah.

Cara pembuatan serta penyajian:
1. Pertama-tama kamu harus siapkan bahan terlebih dahulu dan rendam kerupuk serta kwetiau dengan air panas hingga terasa lunak.
2. Potong kecil sosis dan bakso.
3. Panaskan minyak di wajan, tumis bumbu halus hingga matang dan tercium aroma harum. Kemudian masukkan sosis dan bakso.
4. Campur aduk telur ke dalam wajan tersebut. Aduk secara merata. Tuangkan air secukupnya, lalu tambahkan gula pasir, garam, dan kaldu ayam. Masak hingga mendidih Masukkan mi dan kerupuk. Kemudian masak hingga matang.
5. Seblak mie dengan kuah yang banyak siap dihindangkan.

Seblak Mie Jeletot

Bahan-bahan:
- 2 bungkus mie kuning atau mie telur.
- 1 buah sosis, potong-potong.
- 1 butir telur ayam.
- 1 buah bakso ayam, potong-potong.
- 1 genggam kerupuk.
- 3 helai kol putih, potong-potong.
- 2 lembar daun jeruk purut.
- 5 butir bawang merah.
- 2 siung bawang putih.
- 5 buah cabai rawit.
- 5 buah cabai merah besar.
- 1/2 sendok teh garam.
- 1/2 sendok teh gula.
- 2 sendok makan minyak goreng.
- Air secukupnya.

Cara pembuatan serta penyajian:
1. Pertama haluskan bawang merah, bawang putih, cabai merah, dan cabai rawit. Kemudian tumis bumbu halus dan tambahkan daun jeruk perut. Tumis hingga harum muncul.
2. Tambahkan air. Setelah air mendidih, masukkan kol, sosis, dan bakso. Masak selama 1 hingga 2 menit.
3. Masukkan mie ke dalam bersamaan dengan bahan lainnya. Lalu masukkan telur juga kerupuk ke dalam panci atau wajan yang digunakan.
4. Koreksi rasa dengan tambahkan gula dan juga garam hingga rasanya terasa pas. Masak hingga mulai terasa matang. Angkat dan hidangkan di piring cantik milikmu.

Itulah resep seblak mie yang kerap dicari dan ingin segera dibuat untuk jadi makanan yang akan kamu konsumsi. Jika ini pertama kali mencoba masak seblak mie, jangan takut gagal ya. Selamat mencoba dan semoga berhasil! (nes)

Topik Terkait