img_title
Foto : Jabarekspress.com

IntipSelebKampung Korea Bandung adalah salah satu tempat wisata di Bandung yang sangat cocok untuk Anda para pecinta drama, musik, maupun budaya Korea Selatan. Seperti namanya, disini pengunjung akan menemukan berbagai macam hal yang sangat khas dengan Negeri Ginseng.

Suasana Korea Selatan yang kental akan sangat terasa dari berbagai aspek seperti arsitektur, penataan tempat, hingga kuliner yang ditawarkan di dalamnya. Dengan begitu, Anda bisa merasakan sensasi layaknya drama Korea tanpa perlu jauh-jauh terbang ke Korea Selatan.

Karena nuansa dan fasilitasnya yang sangat khas seperti negara asalnya, tempat ini pun memiliki julukan Little Korea. Nah, penasaran ingin merasakan sendiri daya tarik yang ditawarkan Kampung Korea Bandung? Kalau begitu, simak sampai akhir pembahasan kali ini ya.

Sekilas Tentang Kampung Korea Bandung

elekesekeng.com
Foto : elekesekeng.com

Kampung Korea Bandung adalah destinasi wisata ala Korea Selatan yang dibangun sejak 2017 silam. Destinasi wisata ini tercipta atas gagasan Ridwan Kamil yang saat itu masih menjabat sebagai Wali Kota Bandung. Dibandingkan tempat wisata di Bandung yang lainnya, Kampung Korea memang terhitung masih baru.

Sesuai dengan namanya, tempat ini pun dibangun semirip mungkin dengan gambaran dan karakter kota Seoul yang asli. Hal tersebut karena pembangunan tempat ini bukan hanya sekedar destinasi wisata saja, melainkan juga sebagai bagian dari program Sister City antara kota Bandung dan Seoul.

Dengan mencanangkan program Sister City, diharapkan nantinya tercipta kerjasama pariwisata antara warga di kota Bandung dengan kota Seoul. Tempat ini juga dapat menjadi ajang penggambaran budaya Korea Selatan kepada warga lokal Bandung.

Sayangnya, tempat ini sempat ditutup pada 2020 lalu akibat pandemi Covid-19. Namun tak perlu khawatir karena kini Kampung Korea sudah beroperasi seperti biasa.

Tempat ini pun dibagi menjadi dua area yang berbeda, yakni area tradisional dan area modern. Lantas, apa perbedaan dari kedua area itu?

Seperti namanya, area tradisional merupakan kawasan yang menghadirkan suasana Korea Selatan tempo dulu yang masih belum tersentuh kehidupan modern. Contohnya seperti bangunan-bangunan di area ini yang terbuat dari kayu sehingga semakin menguatkan kesan tradisionalnya.

Di area tradisional ini pula terdapat Bunga Mugunghwa berwarna merah muda yang membuat suasana di sekitarnya menjadi semakin indah dan asri.

Sementara itu area modern adalah area yang menampilkan suasana dan nuansa khas kota Seoul yang modern dengan segala gemerlapnya. Di area ini Anda akan melihat berbagai bangunan dengan desain kaca yang lebar, dinding dengan warna-warna yang cerah, deretan kursi taman yang dapat sekaligus menjadi tempat makan, serta berbagai hiasan lampu cantik dan memiliki bentuk unik.

Fasilitas Kampung Korea Bandung

Instagram/alivaroct7
Foto : Instagram/alivaroct7

Terdapat banyak sekali fasilitas wisata yang menjadi daya tarik tersendiri dari Kampung Korea ini bagi para wisatawan. Lantas, apa sajakah itu?

1. Tersebar Banyak Spot Foto Estetik

Salah satunya tentu penataan area kawasan ini yang unik dan membuat banyak terdapat spot foto estetik untuk dibagikan di media sosial. Karena itulah Kampung Korea menjadi destinasi wisata yang tepat bagi para wisatawan yang memang senang menikmati wisata foto.

Spot foto bisa langsung Anda temukan dari sejak memasuki kawasan wisata ini. Di area masuk Kampung Korea, terdapat gerbang masuk yang arsitekturnya menyerupai bangunan khas Korea Selatan dengan atap yang melengkung dan materialnya yang terbuat dari kayu besar.

Setelah masuk melalui gerbang utama yang indah tersebut, Anda akan melihat deretan pohon Mugunghwa buatan. Meski memang bukan pohon asli, namun deretan pohon tersebut nampak sangat cantik karena ditata sedemikian rupa agar mirip dengan taman-taman di Korea Selatan.

Ditambah lagi, di sekitarnya terdapat jembatan kayu yang dilengkapi jalan berhias bebatuan, sehingga semakin menambah kesan tradisional ala lingkungan kerajaan Korea Selatan di masa lalu.

Dengan adanya dua bagian yakni area tradisional dan area modern, Anda dapat dengan bebas memilih dan menentukan tema foto yang diinginkan.

2. Merasakan Pakaian Tradisional Korea

Pecinta budaya Korea tentu sudah tidak asing lagi dengan pakaian tradisional Korea Selatan yang bernama hanbok. Hanbok terkenal dengan desainnya yang cantik dan terdiri dari berbagai warna yang indah.

Nah, kabar baiknya, para pengunjung Kampung Korea tak hanya dapat menikmati suasana khas Korea saja, namun juga bisa merasakan secara langsung sensasi menggunakan pakaian tradisionalnya.

Pakaian hanbok ini bisa disewa selama satu jam oleh para wisatawan. Dengan begitu, pengalaman berfoto di Kampung Korea akan menjadi semakin menyenangkan dan lengkap.

3. Belajar Budaya Korea

Tak hanya berfoto-foto saja, jika mengunjungi tempat ini Anda juga dapat belajar lebih jauh tentang budaya Korea Selatan. Hal itu karena di Kampung Korea terdapat kantor Hansamo yang merupakan komunitas pecinta budaya Korea terbesar di Indonesia.

Selain sebagai komunitas terbesar, Hansamo juga mendapatkan dukungan penuh dari Konsulat Jenderal Korea Selatan. Sehingga Hansamo secara aktif mengadakan beragam festival maupun acara kebudayaan Korea.

Beberapa acara yang diadakan di antaranya seperti kursus menari tradisional dan kursus menari K-Pop, kursus bahasa, hingga belajar huruf Hangul.

4. Wisata Kuliner

Berwisata ke tempat yang bertema Korea tak akan lengkap rasanya tanpa mencicipi makanan khas Negeri Ginseng itu. Di Kampung Korea ini, Anda akan dapat merasakan makanan-makanan Korea yang populer lewat drama dan film seperti ramyeon, odeng, toppoki, kimbap, dan masih banyak lagi.

5. Fasilitas Lainnya

Di kawasan ini juga terdapat fasilitas lainnya yang melengkapi. Contohnya seperti toilet, mushola, serta area parkir yang luas dan dapat menampung banyak kendaraan. Tersedia juga area foodcourt yang menyediakan berbagai kuliner menggugah selera.

Jam Operasional dan Tiket Masuk

Instagram/kampungkorea.bdg
Foto : Instagram/kampungkorea.bdg

Lalu, bagaimana dengan jam operasional dan biaya yang harus disiapkan untuk menikmati kawasan ini? Nah, untuk Anda yang ingin berlibur ke Kampung Korea, kawasan ini buka mulai pukul 10.00 dan tutup pada pukul 22.00.

Sementara itu untuk tiket masuknya, pengunjung tidak dikenakan biaya sama sekali alias gratis. Namun, Anda sebaiknya tetap menyiapkan budget agar dapat menikmati wisata kuliner dan menyewa hanbok.

Untuk makanan yang ada di Kampung Korea dibanderol mulai dari harga Rp20 ribuan saja. Sedangkan untuk penyewaan pakaian hanbok, Anda perlu menyiapkan anggaran sekitar Rp30 ribu.

Lokasi dan Rute Kampung Korea Bandung

Instagram/kampungkorea.bdg
Foto : Instagram/kampungkorea.bdg

Kampung Korea Bandung terletak di Kelurahan Kebonwaru, Kecamatan Batununggal, Kota Bandung. Selain menggunakan kendaraan pribadi, Anda juga dapat menggunakan angkutan umu seperti angkot Riung-Dago, Binong-Kalapa, Ciwastra-Cicaheum, dan lainnya.

Sedangkan untuk pintu aksesnya, terdapat dua pintu yang bisa Anda pilih. Pertama adalah melalui Jalan Banteng dan melalui gerbang Taman Kiara Artha.

Seperti itulah ulasan mengenai tempat wisata Kampung Korea Bandung dengan segala keunikan dan fasilitas yang ditawarkannya. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda yang sedang merencanakan berlibur ke kota Bandung.

Topik Terkait