img_title
Foto : Pariwisata.situbondokab.go.id

IntipSelebTaman Nasional Baluran merupakan salah satu taman nasional sekaligus destinasi wisata di pulau Jawa yang eksotis dan sangat sayang untuk dilewatkan. Destinasi wisata ini terletak di provinsi Jawa Timur.

Sama seperti taman nasional lainnya di Indonesia, Taman Nasional Baluran menampung ratusan jenis flora dan fauna asli dan dilindungi. Ekosistem di taman nasional ini pun selalu dijaga kealamiannya demi kelestarian flora dan fauna di dalamnya.

Meski statusnya sebagai sebuah taman nasional, namun tempat ini terbuka sebagai tempat wisata dan dapat dikunjungi oleh masyarakat umum. Salah satu daya tarik yang dimiliki oleh destinasi yang satu ini adalah nuansanya yang membuat pengunjung seolah merasa bukan sedang di Indonesia, melainkan sedang di Afrika.

Suasana dan sensasi unik yang ditawarkannya menjadikan tempat ini tak pernah gagal menarik perhatian wisatawan. Tertarik mengunjungi tempat ini dan menikmati keindahan alamnya yang luar biasa? Simak dahulu informasi di bawah ini mengenai destinasi terbaik, harga tiket masuk, hingga akomodasi yang terdapat di Taman Nasional Baluran.

Sekilas Tentang Taman Nasional Baluran

pariwisata.situbondokab.go.id
Foto : pariwisata.situbondokab.go.id

Taman Nasional Baluran terletak tepatnya di Situbondo, Jawa Timur dan memiliki luas sekitar 25.000 hektar. Tempat ini dinamai demikian karena terletak dekat dengan Gunung Baluran yang masih berada di kawasan yang sama.

Pada awalnya, kawasan ini merupakan sebuah hutan lindung. Namun perlahan diubah menjadi sebuah suaka margasatwa. Kemudian barulah pada tahun 1980-an, kawasan ini mendapatkan statusnya sebagai sebuah taman nasional.

Di tempat ini terdapat sebuah kawasan hutan lindung, namun sebagian besar area di sini adalah padang rumput atau savana yang terhampar sangat luas. Savana tersebut diketahui terhampar dengan luas kurang lebih 10.000 hektar. Angka tersebut menjadikan savana ini menjadi yang terluas di Pulau Jawa.

Selain padang rumput yang membentang, area ini juga ditumbuhi dengan pohon-pohon berbatang lebar yang unik dan mirip dengan pepohonan khas Afrika. Ditambah lagi, di taman nasional ini terdapat hewan-hewan liar yang berkeliaran bebas.

Beberapa hewan liar tersebut contohnya seperti rusa, kerbau, banteng, monyet, dan berbagai jenis burung. Tak mengherankan jika kawasan ini memiliki nuansa alam liar yang sangat mirip dengan di Afrika.

Selain sebagai destinasi wisata, Taman Nasional Baluran juga sering dijadikan area untuk penelitian para ahli maupun wisatawan.

Tempat Terbaik di Taman Nasional Baluran

pariwisata.situbondokab.go.id
Foto : pariwisata.situbondokab.go.id

Dengan luasnya yang mencapai puluhan ribu hektar, taman nasional ini tentunya menyimpan banyak spot atau tempat menarik yang bisa dijadikan destinasi saat menghabiskan waktu liburan. Lalu, apa saja tempat terbaik yang bisa Anda singgahi di taman nasional ini? Simak daftarnya berikut ini.

1. Hutan Evergreen

Salah satu spot menarik yang bisa ditemukan di taman nasional ini adalah Hutan Evergreen. Hutan ini memiliki pemandangan yang indah dan tak biasa karena berbentuk seperti sebuah terowongan hijau. Jika ingin mengunjungi wilayah savana, maka Anda harus melewati hutan ini.

Selama berjalan melewati Hutan Evergreen, Anda akan ditemani pemandangan hijau nan asri yang berasal dari deretan pohon tropis dan berbagai hewan liar yang tinggal dengan nyaman di balik pepohonan itu.

2. Savana Bekol

Nah, setelah selesai melewati Hutan Evergreen, maka Anda akan sampai di Savana Bekol yang merupakan hamparan padang rumput yang begitu luas. Savana Bekol bisa dikatakan sebagai daya tarik utama dari Taman Nasional Baluran ini.

Di area ini para wisatawan akan menyaksikan pemandangan indah dari padang rumput yang membentang luas sejauh mata memandang. Pemandangan tersebut semakin indah dengan banyaknya satwa liar yang bebas berlarian di savana ini, serta latar berupa gunung yang menjulang tinggi.

Kombinasi semua aspek tersebutlah yang membuat taman nasional ini menyuguhkan suasana yang sangat khas Afrika hingga kemudian mendapat julukan ‘Africa van Java’.

Akan tetapi, sebaiknya Anda memastikan untuk datang saat musim kemarau, karena pemandangan savana yang ada akan menjadi lebih indah dan eksotis dibanding saat musim hujan.

3. Pantai Bama Baluran

Tak hanya hutan, gunung, dan padang rumput saja yang tersaji di Taman Nasional Baluran, melainkan Anda juga bisa menikmati segarnya pemandangan pantai di kawasan ini, tepatnya di lokasi yang bernama Pantai Bama Baluran.

Jarak pantai ini dengan Savana Bekol pun tak terlalu jauh, hanya sekitar 3 kilometer saja. Daya tarik dari pantai ini adalah keindahannya yang masih sangat alami sehingga air lautnya pun terlihat sangat jernih.

4. Menara Pandang

Pernahkah terbayang bagaimana rasanya menikmati pemandangan hamparan savana dari ketinggian? Tentunya savana tersebut akan terlihat semakin indah lagi.

Nah, hal itu sangat mungkin dilakukan jika Anda mengunjungi Menara Pandang yang ada di Baluran. Dengan memasuki Menara Pandang ini, Anda akan bisa mengamati keseluruhan Savana Bekol beserta semua satwa liar yang terdapat di dalamnya dengan lebih leluasa.

5. Perairan Bama

Selain menikmati keindahan Pantai Bama, Anda juga bisa menikmati keindahan bawah lautnya, lho. Hal ini karena perairan di Pantai Bama merupakan salah satu spot snorkeling yang sangat cocok untuk Anda penikmat keindahan bawah laut.

Menariknya, wisatawan bisa melakukan aktivitas snorkeling di Perairan Bama tanpa harus melakukan sewa perahu terlebih dahulu. Sehingga wisatawan pun bisa langsung perhi ke tengah laut yang hanya berjarak 100 sampai 200 meter dari tepi pantai dan menikmati keindahan berbagai jenis ikan dan terumbu karang.

6. Dermaga Mangrove Bama

Selain hamparan pasir putih yang lembut, pemandangan pantai yang indah, dan pemandangan bawah laut yang dihiasi berbagai jenis ikan dan terumbu karang, kawasan pantai Bama juga memiliki spot lainnya yang patut dikunjungi, yakni Dermaga Mangrove Bama.

Jika sedang berada di kawasan pantai Bama, Anda hanya perlu berjalan hingga sekitar 100 meter ke arah selatan dari pantai dan Anda pun akan melihat hamparan hutan mangrove yang cantik dan terawat dengan baik.

Harga Tiket Masuk di Taman Nasional Baluran

pariwisata.situbondokab.go.id
Foto : pariwisata.situbondokab.go.id

Semakin tertarik untuk berkunjung dan berwisata ke taman nasional yang satu ini? Kalau begitu, siapkan budget untuk membeli tiket masuk ke kawasan ini.

Harga tiket masuk ke Taman Nasional Baluran untuk wisatawan domestik adalah sebesar Rp16.500 di hari kerja, dan Rp18.500 pada hari libur.

Sedangkan tiket masuk untuk wisatawan mancanegara adalah seharga Rp150.000 pada hari kerja, dan Rp225.000 jika berkunjung pada hari libur.

Ada pula biaya parkir yang perlu Anda siapkan yakni seharga Rp5.000 untuk pengunjung yang membawa motor, dan Rp10.000 bagi pengunjung yang membawa mobil.

Nah, demikianlah sederet informasi mengenai Taman Nasional baluran, tempat terbaik yang bisa dikunjungi selama berwisata di sana, dan harga tiket masuk yang diperlukan untuk dapat mengunjungi taman nasional yang indah ini. (nes)

Topik Terkait