img_title
Foto : Youtube/Stories of the Prophets - Quran Stories

IntipSelebKisah Nabi Muhammad baik untuk dipelajari dan diteladani. Sebab dengan meneladani kisahnya, akan menambahkan keimanan kita pada Allah.

Meneladani kisah rasul merupakan salah satu rukun iman. Nabi Muhammad SAW adalah rasul mulia utusan Allah.

Nabi Muhammad SAW adalah tokoh penting dalam sejarah agama Islam. Hingga saat ini umatnya di seluruh penjuru dunia mengagumi kisah nabi Muhammad SAW. Beliau adalah suri tauladan bagi umat muslim hingga saat ini dan hari akhir nanti.

Nabi Muhammad SAW merupakan nabi penutup, penyempurna ajaran Allah SWT yang telah disampaikan oleh nabi-nabi sebelumnya. Seperti dilansir dalam situs Nu.or.id, sebagai nabi terakhir, perjalanan Nabi Muhammad tak lepas dari upaya menyeru seluruh umat manusia agar beribadah kepada Allah SWT dan menunjukkan mereka jalan yang lurus dalam urusan dunia maupun akhirat.

Bagaimana kisah lengkapnya? Mari simak baik-baik artikel di bawah ini.

Nabi Muhammad Dilahirkan

Suatu hari, saat bepergian ke utara, salah satu suku Arab dari Mekah bertemu dengan seorang pertapa di padang pasir. Beberapa pria berhenti untuk berbicara dengannya.

Para pertapa dikenal bijaksana dan orang-orang Arab sering meminta nasihat mereka. Pertapa itu bertanya dari mana mereka berasal. Ketika mereka menjawab bahwa mereka berasal dari Mekah, dia mengatakan kepada mereka bahwa Allah akan segera mengutus seorang nabi, yang akan datang dari kaum mereka.

Mereka menanyakan nama nabi ini dan pertapa itu menjawab bahwa namanya adalah Muhammad dan bahwa dia akan membimbing mereka ke jalan hidup yang baru. Sementara itu di Mekah, Aminah, meski sedih karena kehilangan suaminya, merasa sangat sehat dan kuat saat menunggu kelahiran bayinya.

Selama ini dia memimpikan banyak hal. Pada satu kesempatan, seolah-olah ada cahaya besar yang bersinar darinya, dan pada kesempatan lain dia mendengar suara yang mengatakan kepadanya bahwa dia akan memiliki anak laki-laki dan namanya adalah Muhammad. Dia tidak pernah melupakan suara itu tetapi dia tidak memberi tahu siapa pun tentang itu.

Pada hari Senin, hari kedua belas Rabiul Awal Tahun Gajah, Aminah melahirkan seorang putra. Allah mengirimkan banyak tanda kepada manusia ketika salah satu nabi pilihan-Nya lahir dan pada hari kedua belas RabiulAwwal tahun 570 M, banyak tanda-tanda seperti itu terlihat.

Beberapa terlihat oleh para sarjana Yahudi yang telah membaca kitab suci mereka tentang seorang Nabi yang akan datang. Salah satu dari orang-orang terpelajar di Yathrib ini, misalnya, melihat bintang baru yang cemerlang yang belum pernah dia lihat sebelumnya saat dia mempelajari langit malam itu.

Dia memanggil orang-orang di sekitarnya dan, sambil menunjukkan bintang itu kepada mereka, memberi tahu mereka bahwa seorang Nabi pasti telah lahir. Pada malam yang sama seorang Yahudi lain sedang melewati tempat pertemuan para pemimpin Quraisy di Mekah.

Dia bertanya kepada mereka apakah bayi laki-laki baru saja lahir dan mengatakan kepada mereka bahwa jika itu benar, ini akan menjadi Nabi bangsa Arab. Aminah mengirim kabar tentang kelahiran ayah mertuanya, Abdul Muthalib, yang sedang duduk di dekat Ka'bah saat itu.

Dia sangat senang dan segera mulai memikirkan nama untuk anak laki-laki itu. Sudah 6 hari datang dan pergi dan dia masih belum memutuskan. Tetapi pada hari ketujuh, saat dia tertidur di dekat Ka'bah, Abdul Muthablib bermimpi bahwa dia harus memberi bayi itu nama Muhammad, seperti yang diimpikan oleh Aminah sendiri.

Dan anak itu kemudian dinamakan Muhammad, yang memiliki arti 'Yang Terpuji'. Ketika Abdul Muthalib memberi tahu para pemimpin Quraish apa yang dia beri nama cucunya, banyak dari mereka bertanya, 'Mengapa Anda tidak memilih jenis nama yang digunakan oleh orang-orang kami?' Seketika dia menjawab, 'Aku ingin dia dipuji oleh Allah di surga dan dipuji oleh manusia di bumi.

Kisah Nabi Muhammad Tinggal di Rumah Siti Halimah

Seperti banyak wanita lain di Mekah, Aminah memutuskan untuk mengirim putranya jauh dari kota untuk tahun-tahun awalnya ke padang pasir yang lebih sehat. Para wanita dari gurun biasanya datang ke Mekah untuk mengumpulkan bayi-bayi yang baru lahir dan mereka kemudian akan memeliharanya sampai mereka tumbuh menjadi anak-anak yang kuat, dan mereka dibayar dengan baik oleh orang tuanya.

Di antara wanita yang bepergian ke Mekah untuk menjemput bayi baru pada saat putra Aminah lahir, adalah seorang wanita Badui Arab bernama Halimah. Bersamanya adalah suami dan bayi laki-lakinya. Mereka selalu sangat miskin tetapi tahun ini segalanya lebih sulit dari sebelumnya karena ada kelaparan.

Keledai yang mengantarkan Halimah dalam perjalanan sangat lemah karena kelaparan sehingga ia sering tersandung. Bayi laki-laki Halimah sendiri menangis sepanjang waktu karena ibunya tidak bisa memberinya makan dengan benar.

Bahkan unta betina mereka tidak memberi mereka setetes susu pun. Halimah tidak tahu harus berbuat apa. Dia berpikir dalam hati, 'Bagaimana mungkin saya bisa memberi makan bayi lagi ketika saya belum cukup susu bahkan untuk anak saya sendiri?'

Akhirnya mereka sampai di Mekah. Semua wanita lain dari suku tempat Halimah berasal, Bani Sa'd, menemukan seorang anak untuk dibawa kembali bersama mereka, tetapi Halimah tidak.

Satu-satunya bayi yang tersisa adalah Nabi Muhammad SAW kala kecil. Biasanya sang ayah membayar pengasuhnya tetapi ayah Muhammad sudah meninggal.

Jadi tidak ada yang mau mengambilnya, meskipun dia berasal dari salah satu keluarga paling mulia di Quraish. Halimah juga tidak ingin membawanya, tetapi dia tidak ingin menjadi satu-satunya wanita yang kembali ke sukunya tanpa memiliki bayi untuk dibesarkan.

Dia bertanya kepada suaminya apakah dia harus mengambil Muhammad SAW atau tidak. Sang suami menyarankan Halimah untuk melakukannya, lalu ia pun berkata, 'Mungkin Allah akan memberkati kita karena dia.'

Mereka memulai perjalanan pulang dan segera setelah Halimah mulai memberi makan Muhammad (saw) susunya tiba-tiba meningkat dan dia memiliki cukup untuknya serta bayi laki-lakinya. Ketika mereka kembali ke rumah, semuanya mulai berubah.

Tanah menjadi hijau, dan pohon kurma, salah satu sumber makanan utama mereka, menghasilkan banyak buah. Bahkan domba dan unta betina tua mereka mulai memberikan banyak susu.

Halimah dan suaminya tahu bahwa nasib baik ini telah datang karena mereka memiliki bayi Nabi Muhammad SAW. Keduanya datang untuk mencintai seolah-olah dia adalah anak mereka sendiri.

Ketika Muhammad SAW berusia dua tahun, Halimah membawanya kembali ke ibunya. Dia memohon pada Aminah, bagaimanapun, untuk membiarkannya menjaganya sedikit lebih lama, dan ibunya sangat senang.

Selama dengan keluarga Halimah di padang pasir, Nabi Muhammad kecil bermain dengan anak-anaknya dan bersama-sama mereka akan membawa domba keluar untuk merumput.

Namun, di lain waktu, Halimah sering mendapati dia duduk sendirian. Dikatakan bahwa pada suatu kesempatan, dua malaikat datang kepada Muhammad SAW dan membasuh hatinya dengan salju.

Dengan cara ini Allah membuat hatinya murni karena Allah menginginkan Muhammad SAW menjadi lebih besar hatinya dari manusia mana pun yang pernah lahir dan menjadi Penutup para Nabi.

“Bukankah Kami telah melebarkan dadamu untukmu Dan meringankan bebanmu yang membebani punggungmu; Dan meninggikan ketenaranmu? Maka sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan, Sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan. Maka ketika engkau lega, tetaplah bekerja keras Dan berusahalah untuk menyenangkan Tuhanmu.” (Qur'an 94.1-8)

Ketika Halimah akhirnya membawa Muhammad (saw) kembali ke Aminah, dia adalah anak yang sehat dan kuat. Kemudian dia akan melihat ke belakang dengan gembira pada waktu yang dia habiskan bersama Halimah, dan dia selalu menganggap dirinya sebagai salah satu Bani Sa'd.

Nabi Muhammad SAW Menjadi Anak Yatim Piatu

Nabi Muhammad SAW kembali untuk tinggal bersama ibunya di Mekah ketika dia berusia sekitar tiga tahun. Tiga tahun kemudian Aminah memutuskan untuk membawa putranya mengunjungi pamannya di Yatsrib.

Dia memberi tahu pelayannya, Barakah, untuk mempersiapkan semua yang mereka perlukan untuk perjalanan panjang, dan kemudian mereka bergabung dengan salah satu karavan yang pergi ke sana. Mereka tinggal di Yathrib sebulan dan Muhammad (saw) menikmati kunjungan dengan sepupunya.

Iklim di sana sangat menyenangkan dan dia belajar berenang dan menerbangkan layang-layang. Namun, dalam perjalanan kembali ke Mekah, Aminah jatuh sakit dan meninggal.

Ibu Nabi Muhammad dimakamkan di desa di al-Abwa tidak jauh dari Yathrib. Muhammad SAW kembali dengan sedih ke Mekah dengan pembantu ibunya. Ia sekarang berusia enam tahun dan telah kehilangan ayah dan ibunya.

Dia kemudian diadopsi oleh kakeknya, Abdul Muthalib, yang sangat mencintainya dan selalu menjaganya di sisinya. Sudah menjadi kebiasaan Abdul Muthalib untuk duduk di atas selimut dekat Ka'bah.

Di sana dia selalu dikelilingi oleh orang-orang yang datang untuk berbicara dengannya. Namun, tidak ada yang diizinkan untuk duduk di atas selimut bersamanya, kecuali cucunya Muhammad SAW, yang menunjukkan seberapa dekat mereka satu sama lain. Berkali-kali Abdul Muthalib terdengar berkata: 'Anak ini akan menjadi sangat penting suatu hari nanti.'

Dua tahun kemudian Abdul Muthalib jatuh sakit dan Muhammad SAW berada di sisinya terus-menerus. Kakeknya tersebut memberi tahu putranya, Abu Thalib, untuk melanjutkan Muhammad SAW setelah kematiannya.

Sang kakek kemudian meninggal, bertambahlah duka dari sang Rasul. Namun ia tetap tegar berada di sisi pamannya, belajar banyak hal hingga menjadi nabi, pamannya setia mendampinginya.

Itulah kisah dari Nabi terakhir umat Muslim, kekasih Allah, Rasulullah SAW. Semoga kita bisa memetik pelajaran dari ketegaran beliau. (nes)

Topik Terkait