img_title
Foto : Pinterest

IntipSeleb – Untuk kalian yang masih kebingungan mencari tempat wisata yang ramah di kantong dan nyaman untuk mengedukasi anak-anak, alangkah baiknya kalian berkunjung ke kebun Binatang Ragunan di Jakarta Selatan. Kalian bisa melihat banyak macam ragam satwa yang ada di dalam kebun binatang tersebut, dengan sangat bebas dan dalam waktu yang panjang.

Salah satu alternatif liburan terbaik bersama keluarga adalah kebun binatang, bukan? Selain menawarkan wahana rekreasi, kebun binatang juga memberikan sarana edukasi bagi anak-anak.

Mungkin sudah tidak asing lagi dengan Kebun Bintang Ragunan. Salah satu destinasi primadona di Jakarta ini terlihat tak pernah sepi pengunjung terlebih saat liburan tiba. Nah, buat kamu yang belum pernah ke sana, simak dulu nih info lengkapnya. Siapa tahu setelah membaca jadi tertarik berkunjung ke kebun binatang tertua dan terlengkap di Indonesia ini.

Nama Ragunan memang sangat familiar ya bagi masyarakat Indonesia, khususnya warga Jakarta. Bagaimana tidak, kebun binatang ini sudah ada sejak 120 tahun silam dengan beragam kisah unik di baliknya.

Dirikan pada tahun 1864, kebun binatang di Jakarta ini dibangun di atas lahan seluas 140 Ha. Di dalamnya, ada lebih dari 295 spesies hewan dengan jumlah sekitar 2.000 hidup berdampingan dengan 20.000an tanaman.

Tak hanya beragam satwa dan tumbuhan, kebun binatang ini juga dijadikan lokasi penelitian serta memiliki banyak sekali wahana menarik. Sehingga sangat pas dijadikan tempat untuk rekreasi sekaligus wisata edukasi.

Bermula dari Kebun Binatang Cikini kini berubah dan diganti menjadi Taman Margasatwa Ragunan pada tanggal 22 Juni 1966. Nama tersebut dikenal luas hingga sekarang. Tak hanya berganti nama dan berpindah tempat, Ragunan juga sempat ditutup selama tiga minggu disebabkan oleh wabah flu burung yang melanda Indonesia. Hal tersebut terjadi sejak 19 September 2005 hingga 11 Oktober 2005.

Dalam masa pandemi COVID-19 ini kebun Binatang Ragunan juga tidak menyediakan tiket masuk secara langsung, namun untuk kalian yang ingin berkunjung dan melihat satwanya bisa melakukan dengan pembelian online.

Cara membeli tiket masuk ragunan secara online, kalian bisa mengunduhnya langsung dengan cara di bawah ini:

1. Buka link bit.ly/PesantiketTMR
2. Isi form data diri beserta KTP yang didaftarkan (1 KTP maksimal untuk 5 orang)
3. Bukti pendaftaran akan dikirim ke email yang didaftarkan (email tidak langsung dikirim, jadi mohon ditunggu)
4. Jika sampai hari kunjungan belum mendapatkan email konfirmasi, tunjukkan 5. 5. KTP di loket masuk Kebun Binatang Ragunan dan bukti screenshot "Terimakasih Telah Mendaftar"

Adapun ketentuannya dan syarat bagi calon pengunjung kebun binatang ragunan diera pandemi ini:

1. Mendaftar secara online pada H-1 kunjungan melalui link bit.ly/PesantiketTMR
2. Pengunjung wajib sudah vaksinasi COVID-19 dengan ketentuan:

✓Dewasa (dosis lengkap pertama dan kedua)
✓Anak usia 6-12 tahun (wajib tunjukkan bukti vaksin minimal dosis pertama)
✓Wajib scan PeduliLindungi
✓Wajib menggunakan masker
✓Kapasitas maksimal pengunjung 75%

Wisata Kebun Binatang Ragunan di DKI Jakarta Selatan Jakarta memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sangat di sayangkan jika anda berada di kota Jakarta Selatan tidak mengunjungi Wisata Kebun Binatang Ragunan di DKI Jakarta Selatan Jakarta yang mempunyai keindahan yang tiada duanya tersebut. Tempat ini sangat indah dan bisa memberikan sensasi yang berbeda dengan aktivitas kita sehari hari.

Berlokasi terletak di Jl. Harsono No.1, Kelurahan Ragunan, Kecamatan Pasar Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Indonesia.

Nah kira-kira apa saja sih wahana di kebun Binatang Ragunan yang dapat kalian nikmati agar merasa lebih akrab dengan hewan? Yuk simak artikel berikut ini.

1. Onta Tunggang

Selain dapat berinteraksi dengan hewan secara langsung dan dekat, pengelola kebun Binatang Ragunan juga menyediakan agar pengunjung bisa menikmati dan menunggangi langsung hewan-hewan yang berada di margasatwa Ragunan tersebut.

Salah satunya adalah onta tunggang, hewan yang berasal dari Timur Tengah ini kerap menarik daya perhatian pengunjung sehingga orang beramai-ramai silih berganti ingin merasakan sensasi bagaimana menunggang onta.

Tak harus jauh-jauh ke gurun pasir di Timur Tengah, di kebun Binatang Ragunan kalian sudah dapat menikmati sensasi menaiki onta dengan cukup aman. Untuk bisa menikmati naik unta ini kalian hanya cukup membayar sebesar Rp7.500 saja, cukup murah bukan?

2. Kereta Keliling

Wahana yang satu ini disediakan khusus untuk para pengunjung Taman margasatwa Ragunan yang tidak ingin merasakan kecapean untuk menikmati luasnya kebun Binatang ini.

Kereta keliling yang disediakan oleh pihak pengelola tersebut, cukup laris sehingga banyak pengunjung yang tak kebagian dan tidak bisa merasakan rasanya berkeliling kebun bintang menggunakan kereta itu. Dengan kereta keliling ini, pengelola berharap para pengunjung yang sudah cukup umur dan memiliki banyak keluhan tidak merasakan kecapean ataupun pegal kaki dan masih tetap bisa menikmati keindahan kebun Binatang Ragunan.

3. Sepeda

Nah untuk kalian remaja yang berkunjung ke kebun Binatang Ragunan ini biasanya kalian seringkali menyewa sepeda baik sepeda tunggal ataupun ganda untuk mengelilingi wahana yang ada di kebun Binatang Ragunan tersebut.

Dengan membayar tarif Rp15.000 kalian sudah bisa menggunakan sepeda tersebut seharian saat berkeliling ragunan. Tak usah khawatir, untuk pasangan disediakan juga sepeda ganda untuk 2 orang bahkan 3 orang yang bisa kalian sewa juga lho.

4. Ragunan Primata Scmutzer

Wahana ini dibuat semirip mungkin dengan sebuah penangkaran ex hewan langka. Di tempat ini pengunjung akan bisa melihat berbagai jenis hewan primata yang telah punah beserta asal usulnya.

Hewan seperti kera, gorila, orang utan dan lain sebagainya ada juga di Primata Scmutzer ini. Namun sayangnya pengunjung tidak dapat bisa memberikan makanan atau melihatnya lebih dekat secara langsung, Karen aturan yang ditetapkan guna melindungi kenyamanan hewan tersebut.

5. Taman Satwa Anak

Untuk zona yang satu ini sangat cocok untuk anak-anak. Karena di zona terdapat satwa-satwa yang kesukaan anak-anak. Di zona ini juga terdapat aquarium raksasa yang berpenghuni ikan Arapaima dari sungai Amazon dengan berat 100 Kg.

Tentu masih banyak atraksi lain di Kebun Binatang ini seperti : Gajah Tunggang, Unta Tunggang, Taman Perahu Angsa, dan masih banyak lagi. Tidak salah memilih kebun binatang ini sebagai tujuan wisata warga kota Jakarta.

Nah untuk kalian yang ingin berkunjung ke Taman margasatwa Ragunan, pastikan kalian mengunjungi setiap wahana yang disediakan oleh kebun binatang tersebut. Jangan lupa selfie dan foto keluarga untuk diabadikan dan di posting ke media sosial pribadi milik kalian.

Masih bingung untuk berlibur bersama keluarga? Yuk datang ajak keluarga kalian untuk berkunjung ke Taman margasatwa Ragunan yang berada di Jakarta Selatan. Selain banyak mengenal hewan, kali ini kalian juga tak akan bobol kantong lho, pasalnya Kebun Binatang Ragunan ini adalah salah satu tempat piknik paling murah dan menyenangkan.

Topik Terkait