img_title
Foto : Www.freepik.com/karlyukav

IntipSelebPenyebab bau mulut dapat disebabkan oleh berbagai macam hal. Mulai dari makanan yang anda makan hingga kebiasaan atau aktivitas lain yang menyebabkan munculnya aroma tidak sedap dari rongga mulut. Bau mulut tentu menjadi salah satu momok yang tidak disenangi oleh siapa pun.

Untuk orang-orang yang memiliki aktivitas sehari-hari yang sering berinteraksi atau mengobrol dengan orang lain, tentunya anda ingin penampilan atau performa anda tampak baik. Terutama mulut yang menjadi salah satu media komunikasi antara satu sama lain. Bau mulut yang kurang sedap, sering kali membuat seseorang menjadi tidak percaya diri.

Ada banyak sekali cara untuk menghilangkan bau mulut, namun selain butuh tahu cara menghilangkannya, anda juga perlu tahu penyebab bau mulut. Sebab seperti kata pepatah, ‘lebih baik mencegah dari pada mengobati’. Kira-kira apa saja ya penyebab bau mulut? Dilansir dari hellosehat, berikut ini adalah sederet informasi terkait penyebab bau mulut.

Penyebab bau mulut

www.freepik.com/karlyukav
Foto : www.freepik.com/karlyukav

1. Makanan yang dikonsumsi

Penyebab bau mulut yang pertama adalah dari apa yang anda konsumsi. Hal ini bisa berupa makanan, minuman, hingga obat-obatan. Ini dipengaruhi oleh zat kimia yang terkandung dari makanan hingga obat-obatan yang anda konsumsi, kemudian diserap oleh darah dan dikeluarkan kembali melalui paru-paru.

Selain itu, untuk anda yang penggemar makanan beraroma kuat seperti durian, jengkol, petai hingga bawang, makanan ini juga menjadi salah satu penyebab bau mulut, lho. Oleh sebab itu, mulai dari sekarang anda perlu untuk memperhatikan apa yang anda konsumsi agar menghindari bau mulut.

Tipsnya, jika anda memang senang makan-makanan beraroma kuat, ada baiknya jika dalam waktu dekat anda akan menghadiri suatu acara, maka anda hindari makan makanan tersebut terlebih dahulu. Jika acara sudah selesai, barulah anda boleh mengonsumsinya.

2. Mulut kering

Selain makanan yang dikonsumsi, kondisi mulut juga menjadi salah satu penyebab bau mulut. Bau tidak sedap dari mulut anda bisa muncul jika rongga mulut anda kering atau terjadinya produksi saliva (air liur) yang lebih sedikit dari mulut anda.

Sebenarnya, produksi air liur manusia lebih banyak terjadi di siang hari dan lebih sedikit di malam hari. Itu lah mengapa jika anda bangun tidur, anda sering kali merasa haus atau bahkan mulut menjadi bau. Hal ini karena kurangnya produksi saliva di dalam mulut.

Saat mulut kering, maka bakteri yang bersarang di dalam mulut akan menyebabkan mulut beraroma tidak sedap. Selain itu, kondisi mulut kering juga bisa dipicu jika seseorang kurang minum atau efek samping dari mengonsumsi suatu obat-obatan.

Oleh sebab itu, menjaga agar kebutuhan cairan tubuh anda dapat terpenuhi menjadi hal yang penting. Karena selain sehat, tidak kekurangan air minum juga dapat menghindari anda mengalami bau mulut.

3. Sisa makanan di dalam mulut

Penyebab bau mulut selanjutnya adalah adanya sisa makanan yang tertinggal di dalam mulut. Jika anda makan makanan yang memiliki serat atau lainnya, mungkin saja ada sisa makanan yang tertinggal di dalam mulut anda.

Sisa makanan di sela-sela gigi ini lah yang berkemungkinan menjadi salah satu penyebab bau mulut. Oleh sebab itu, jika selesai makan, ada baiknya anda membersihkan mulut anda sebaik mungkin agar lebih memastikan tak ada sisa makanan yang tertinggal di sela-sela gigi.

Anda bisa menggunakan benang gigi atau berkumur menggunakan mouth wash agar menghilangkan bau tidak sedap dari dalam rongga mulut.

4. Merokok

Tahukah anda bahwa ternyata merokok bisa menjadi salah satu penyebab bau mulut? Hal ini dimuat dalam sebuah studi Hong Kong Medikal Journal tahun 2004 yang dikutip dari hellosehat. Disebutkan bahwa merokok merupakan penyebab bau mulut yang paling umum.

Hal ini dikarenakan ketika seseorang merokok, maka produksi air liur di dalam mulut menjadi berkurang. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa jika mulut kering akibat berkurangnya produksi saliva, maka dapat menyebabkan mulut menjadi beraroma tidak sedap.

Nah karena sudah tahu, tidak ada salahnya untuk mulai mengurangi kebiasaan tersebut bukan?

5. Mendengkur

Kelihatannya sepele, ya, namun siapa sangka, mendengkur juga menjadi salah satu penyebab bau mulut. Lagi-lagi ini terjadi karena faktor mulut kering. Ketika mendengkur, mulut akan terbuka dan secara tidak sengaja proses anda menghirup udara atau menghembuskannya juga melalui mulut.

Jika anda mendengkur selama semalaman, jadi jangan heran ya jika anda mengalami bau mulut di pagi harinya.

Cara menghilangkan bau mulut

www.freepik.com/cookie_studio
Foto : www.freepik.com/cookie_studio

Setelah mengetahui apa saja penyebab bau mulut, tak lengkap jika tak mengetahui bagaimana cara menghilangkan bau mulut. Berikut ini adalah cara mengatasi bau mulut untuk anda.

1. Gosok gigi

Menggosok gigi adalah cara paling simpel dan mudah untuk anda yang ingin menghilangkan bau mulut. Menggosok gigi dapat melepaskan sisa-sisa makanan yang masih tertinggal di dalam mulut.

Selain itu, aroma dari pasta gigi yang digunakan umumnya memiliki aroma mint yang segar. Hal ini lah yang dapat membuat rongga mulut menjadi lebih wangi dan segar, sehingga anda bisa lebih percaya diri untuk berbicara dengan orang lain.

2. Minum air putih

Mulut kering terjadi karena produksi saliva yang jadi jauh lebih sedikit dibanding biasanya. Oleh sebab itu, anda bisa mengatasinya dengan cara minum air putih sehingga dapat mengembalikan kelembapan di dalam mulut dan menghindari mulut kering.

Air putih ini nantinya berguna untuk membilas bakteri-bakteri yang mungkin ada di dalam mulut. Sehingga aroma tidak sedap pun bisa terhindari.

3. Kumur dengan obat kumur

Berkumur dengan obat kumur atau mouth wash juga menjadi solusi ampuh untuk menghilangkan aroma tidak sedap dari dalam mulut anda. Tapi untuk seseorang yang jarang menggunakan mouth wash, mungkin anda akan merasa sedikit tidak nyaman karena awalnya terasa perih saat digunakan berkumur.

4. Makan permen

Jika anda tidak memiliki banyak waktu, anda bisa mengatasai bau mulut dengan cara makan permen. Permen yang memiliki beragam rasa dan aroma dapat menyamarkan aroma tak sedap di dalam mulut.

Tak harus permen jenis tertentu, permen jenis apapun dapat berguna untuk menghilangkan aroma tidak sedap dari mulut anda. Tapi tentu, yang paling segar jika anda mengonsumsi permen yang memiliki aroma mint. Anda juga bisa memanfaatkan permen karet sebagai pengurang aroma tidak sedap di dalam mulut.

5. Makan apel

Siapa sangka, ternyata mengunyah apel juga berguna untuk mengatasi bau mulut, lho. Hal ini disebabkan buah apel yang mengandung senyawa pektin yang dapat meningkatkan produksi air liur sehingga dapat membersihkan mulut secara alami sekaligus mengontrol bau yang tidak sedap dari dalam mulut.

Demikian adalah sederet informasi mengenai penyebab bau mulut beserta cara mengatasinya. Setelah mengetahui apa saja penyebab bau mulut, ada baiknya anda mulai menghindari hal-hal yang berkemungkinan dapat membuat aroma mulut and amenjadi tidak sedap. Semoga informasi dalam artikel ini dapat bermanfaat dan berguna untuk anda. (nes)

Topik Terkait