img_title
Foto : Instagram/liliz_shopping

IntipSeleb – Kandungan yang terdapat dibeberapa buah dan sayuran segar, memang tak dapat dipungkiri lagi jika ampuh dan mampu mengatasi berbagai macam keluhan. Manfaat jus tomat bagi kesehatan reproduksi dan kesuburan rahim pada wanita justru sangat berpengaruh, pada saat kita rutin mengonsumsinya.

Kandungan likopen pada jus tomat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Beberapa manfaat yang bisa dirasakan setelah minum jus tomat, yaitu melindungi kesehatan jantung, mencegah kanker, hingga mengelola berat badan.

Berkat kandungan vitamin, antioksidan, jus tomat tidak hanya memberikan nutrisi bagi tubuh, tetapi juga membantu untuk mempercantik kulit, menjaga bentuk tubuh dan mencegah penyakit kardiovaskular. Tak hanya itu, jus tomat juga dipercaya dapat membuat kesuburan pasangan kita akan semakin meningkat. Pasalnya, dengan rutin mengonsumsi buah tomat segar, kesehatan reproduksi akan semakin bertambah.

Tomat juga adalah buah yang dapat mempercepat kehamilan. Tomat sangat baik dikonsumsi oleh pasangan suami istri yang sedang melakukan program hamil, karena mengandung likopen, yakni antioksidan yang dapat menambah kesuburan. Terlebih jika dikonsumsi dalam bentuk jus, akan memberikan manfaat untuk meningkatkan kesuburan pria maupun wanita. Akan tetapi jus tomat hanya boleh dikonsumsi setiap 2 hari sekali saja.

Bisa di makan langsung ataupun dibuat jus, tomat memang memiliki segudang vitamin dan manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Tomat juga, terkenal sebagai buah yang mudah ditemui di setiap wilayah di Indonesia. Meskipun beragam macamnya jenis tomat, namun tomat merah biasanya sering kali paling favorit bagi sejumlah orang untuk dibuat jus.

Kandungan yang dianggap dapat meningkatkan kesuburan pria dalam tomat adalah likopen, yaitu salah satu zat pembentuk karotenoid. Ini adalah antioksidan yang memberi warna cerah pada tomat. Antioksidan ini dapat menangkal radikal bebas yang biasanya terbentuk dari konsumsi makanan tidak sehat. Lama-kelamaan, makanan tidak sehat, penuh lemak dan kalori ini dapat menurunkan kualitas sperma.

Saat merencanakan kehamilan, kesuburan adalah hal yang paling penting. Sulit hamil bukan hanya disebabkan oleh perempuan saja, namun ini juga dapat disebabkan oleh infertilitas dari pihak laki-laki. Likopen, selain dapat meningkatkan jumlah sperma, sperma yang dihasilkan juga memiliki tingkat motilitas dan kemampuan bergerak atau berenang yang lebih baik.

Untuk meningkatkan kesuburan laki-laki, tomat sebaiknya dimasak dulu sebelum dikonsumsi. Proses pemanasan tomat, (walau hanya 15 menit) dapat meningkatkan konsentrasi likopen di dalamnya, sehingga kadarnya meningkat hingga 170 persen.

Meski demikian, manfaat tomat juga tetap bisa diperoleh meski dimakan mentah, lho!Jus tomat merupakan salah satu minuman yang diyakini mengandung berbagai macam nutrisi baik untuk tubuh seperti vitamin, mineral, dan antioksidan tinggi.

Buah tomat sangat kaya akan likopen, yakni antioksidan kuat yang bermanfaat bagi kesehatan. Tentunya, ada juga manfaat jus tomat yang bisa kalian rasakan. Tak hanya jus tomat sebagai minuman, namun jus atau pasta tomat kaleng juga dianggap tidak memiliki nilai gizi yang baik karena sudah diproses dan mendapat tambahan seperti natrium, gula, dan pengawet.

1. Meremajakan Kulit

Tidak melulu dikonsumsi, manfaat jus tomat juga bisa didapat dengan menggunakannya sebagai masker wajah. Kandungan vitamin dan antioksidan dalam jus tomat dapat mengatasi masalah kulit wajah seperti jerawat, bekas jerawat, dan komedo.

Masker jus tomat juga bisa mengecilkan pori-pori kulit dan mencegah produksi minyak berlebih. Mengolah jus tomat sebagai masker caranya sangat mudah lho. Cukup haluskan 1-2 buah tomat ukuran sedang tanpa menambahkan air lalu oleskan merata pada wajah.

Tunggu selama 10-20 menit, lalu bilas dengan air bersih. Kita juga bisa menggunakan air es agar makin segar, selain itu air dingin dapat membantu menutup pori-pori kulit wajah.

2. Vitamin Ibu Hamil

Asam folat merupakan bentuk sintetis dari folat. Senyawa ini begitu penting dipenuhi sebelum dan selama kehamilan untuk melindungi bayi dari cacat tabung saraf.

Meskipun pemenuhan asam folat bisa didapatkan dengan mengonsumsi suplemen kehamilan, namun ada beberapa makanan tinggi folat yang dapat membantu memenuhi kebutuhan harian ibu hamil. Salah satunya adalah tomat.

Manfaat jus tomat dapat membantu pembentukan glikogen dalam organ hati yang dapat membuat kita tetap segar dan penuh stamina. Nafsu makan pun bisa meningkat jika mengonsumsi jus tomat, berkat mineral garam yang terkandung di dalam tomat.

3. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat jus tomat selanjutnya adalah melindungi kesehatan penglihatan. Sebab, jus tomat memiliki kadar lutein yang tinggi.
Selain itu, adanya vitamin A yang berfungsi sebagai antioksidan pun dapat mengurangi stres oksidatif di pusat retina sehingga baik untuk kesehatan mata dan mampu menjaga kemampuan melihat seiring bertambahnya usia dan memperlambat timbulnya katarak.

Terkadang kita sering buram dan kunang-kunang pada saat melihat. Karena terlalu banyak main gadget dan melihat komputer di kantor, membuat penglihatan mata kita menjadi tak jelas. Untuk itu, rutin mengonsumsi jus tomat dan pastikan kesehatan mata kalian terjaga.

4. Penyubur Rahim

Jus tomat sangat baik dikonsumsi oleh pasangan suami istri yang sedang melakukan program hamil, karena mengandung likopen, yakni antioksidan yang dapat menambah kesuburan. Terlebih jika dikonsumsi dalam bentuk jus, akan memberikan manfaat untuk meningkatkan kesuburan pria maupun wanita.

5. Mencegah Obesitas

Seperti pada poin pertama, manfaat jus tomat lainnya juga membantu menurunkan berat badan, serta mencegah terjadinya obesitas. Dengan mengonsumsi jus tomat, Anda dapat memperoleh kekayaan serat dan nutrisi tinggi pada tomat, sekaligus mengenyangkan.

Manfaat jus tomat dapat merangsang pelepasan leptin (hormon pemberi rasa kenyang) untuk mencegah Anda makan atau ngemil berlebihan. Hal ini tentu dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Selain itu, jus tomat juga dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan diabetes yang berhubungan dengan obesitas.

6. Menurunkan Berat Badan

Manfaat lain dari jus tomat, yaitu membantu mengelola berat badan. Perawatan medis untuk menurunkan berat badan berfokus pada kebutuhan untuk mengurangi peradangan kronis, yang mungkin menjadi faktor dasar dalam mengelola berat badan.

Resistensi terhadap leptin dianggap sebagai pendorong utama kenaikan badan pada manusia. Namun dengan mengurangi peradangan, leptin juga membantu mengontrol nafsu makan dan menurunkan berat badan.

7. Mencegah Kanker

Jus tomat memiliki kandungan likopen yang menawarkan beberapa efek kemopreventif, terutama pada penyakit kanker prostat.
Kemopreventif adalah upaya mencegah, menunda ataupun melawan perkembangan sel kanker dengan bahan alami.

Selain itu, karotenoid dalam jus tomat juga menawarkan perlindungan terhadap kanker paru-paru. Bukan hanya likopen, efek ini juga dikaitkan dengan alkaloid tomat seperti halnya tomatidine. Khasiat jus tomat yang dikonsumsi setiap hari bahkan dipercaya dapat membantu melawan kanker payudara.

8. Mengobati Sakit Jantung

Sebagai salah satu pembasmi kolesterol jahat dalam tubuh, jus tomat juga diyakini dapat menetralkan homocysteine yang dapat merusak pembuluh darah dan mengganggu fungsi jantung.

Fitonutrien dalam jus tomat juga mampu mencegah pembekuan darah, meningkatkan kesehatan tubuh, serta menurunkan risiko serangan jantung dan stroke. (bbi)

Topik Terkait