img_title
Foto : Viva.co.id

IntipSeleb – Kunyit asam adalah minuman tradisional atau jamu yang diracik dari dua jenis rempah yang berbeda, yaitu kunyit dan asam Jawa. Di Indonesia, kedua rempah ini tidak hanya bisa digunakan sebagai bumbu masakan, tetapi juga diolah menjadi minuman yang dikenal berkhasiat bagi kesehatan.

Manfaat kunyit asam untuk kesehatan memang sudah dikenal sejak jaman dahulu. Tak heran jika kunyit kerap digunakan dalam pengobatan tradisional. Di Indonesia sendiri, kunyit merupakan jenis tanaman yang telah digunakan sejak lama sebagai bahan memasak. Kunyit memiliki fungsi sebagai pewarna alami, yaitu warna kuning.

secara turun temurun sebagai obat atau jamu tradisional. Kunyit tinggi kandungan kurkumin, sedangkan asam kaya kandungan vitamin. Kedua bahan tersebut mengandung berbagai macam vitamin serta senyawa yang bersifat antiinflamasi dan antibakteri. Sehingga berkontribusi baik terhadap kesehatan tubuh dan kecantikan kulit.

Tak heran bila jamu tradisional kunyit asam ini banyak digemari masyarakat. Apalagi dengan sensasi rasa yang menggiurkan, perpaduan manis dan asam. Anda tak perlu takut dengan rasa pahit yang biasanya muncul saat meneguknya.

Jamu kunyit asam menjadi salah satu cara untuk menghilangkan keram saat menstruasi terjadi. Jamu kunyit asam sendiri sudah dipercaya sedari dulu sebagai obat herbal untuk meredakan nyeri menstruasi.

Jamu kunyit asam biasanya seringkali dijumpai di beberapa toko Jamu dan obat herbal tradisional berbagai wilayah. Tak hanya rasanya yang menyegarkan, kunyit asam dipercaya mampu mengatasi berbagai keluhan wanita selain nyeri haid yaitu untuk membantu meredakan masalah keputihan.

Biasanya berbagai keluhan intim organ wanita, dapat diatasi dengan macam-macam jenis jamu. Jamu tradisional dipercaya akan membantu meredakan nyeri yang dirasakan.

Nah untuk itu langsung saja yuk kita intip apa saja manfaat dari jamu kunyit asam bagi kesehatan tubuh selain meredakan nyeri haid? Chek it out!

1. Memperlancar Siklus Haid

Manfaat kunyit asam untuk menstruasi yang pertama adalah membantu melancarkan siklus haid. darah menstruasi juga terkadang bisa lebih deras atau malam lebih sedikit.

Nah, dengan mengonsumsi jamu kunyit asam, siklus haid bisa diperbaiki serta nyeri hadi pun bisa menjadi lebih baik dari sebelumnya. Kunyit bisa memicu siklus haid dengan aman dan alami karena dikenal sebagai sumber estrogen yang baik untuk wanita yang sedang menstruasi.

2. Mengatasi PMS

Biasanya PMS atau sindrom pra menstruasi datang sebelum haid. Nah, ketika PMS perempuan akan mengalami gejala yang berbeda-beda. Biasanya, gejala PMS sendiri berupa sakit kepala, lemas, pilek, hingga munculnya jerawat.

Dengan mengonsumsi jamu kunyit asam secara rutin, kandungannya mampu untuk meredakan gejala PMS. Sistem kekebalan tubuh yang bekerja dengan baik ampuh untuk mencegah pilek atau infeksi bakteri yang menjadi penyebab jerawat. Jika mengonsumsi jamu kunyit asam dengan rutin, khasiatnya bisa mengatasi rasa lemas dan tubuh menjadi lebih bugar

3. Atasi Keputihan

Selain nyeri haid, masalah wanita yang tak ada habisnya adalah masalah keputihan. Jamu kunir asam juga bisa membantu mengatasi keputihan. Hal ini dipengaruhi oleh kandungan mineral dan minyak atsiri yang dimilikinya.

Kedua kandungan ini mampu membersihkan darah haid yang tersisa pada saluran tubafalopi. Kandungan ini juga sangat efektif hentikan dan cegah keputihan.

Namun hal tersebut bisa diatasi dengan mengonsumsi jamu kunyit asam. Kandungan mineral dan minyak atsiri yang terdapat di dalamnya mampu membersihkan darah haid yang tersisa pada saluran tubafalopi serta efektif mencegah keputihan. Manfaat kunyit asam ini akan lebih terasa jika konsumsi secara rutin dengan takaran yang baik.

4. Redakan Bau Badan

Teruntuk kalian yang ingin tubuh langsing dan bebas bau badan, coba rutinkan konsumsi jamu kunyit asam, deh. Buat jamu kunyit asam dan campurkan dengan perasan jeruk nipis.

Rutinkan minum jamu ini paling tidak seminggu sekali untuk membersihkan wajah, menghilangkan bau badan, dan membuat tubuh jadi makin cerah. Sebagai. Dijamin bau badan kalian segera hilang.

5. Mencegah Penuaan Dini

Bila kamu sering terpapar radikal bebas dan mengonsumsi makanan yang kurang sehat, maka risiko penuaan dini dapat meningkat drastis. Oleh sebab itu, kamu perlu mengonsumsi kunyit asam yang mengandung antioksidan untuk melawan tanda-tanda penuaan dini dan mencegah hiperpigmentasi akibat paparan sinar ultraviolet (UV).

Karena jamu kunyit asam dipercaya dapat membantu proses penyamaran flek dan kerutan di wajah, sehingga dapat meremajakan kulit dan mencegah penuaan dini sejak muda.

6. Mengobati Maag

Kunyit asam dapat mengobati gangguan pencernaan secara alami, termasuk bila kamu mengalami gejala maag. Coba seduh secangkir kunyit hangat untuk meredakan nyerinya.

Manfaat ini dapat kamu rasakan karena kurkumin dapat mengobati peradangan akibat luka di lambung saat maag kambuh, serta kurkumin dapat mengendalikan produksi asam lambung yang berlebihan.

7. Meredakan Sembelit

Sembelit dan perut kembung adalah kondisi yang biasa dirasakan ketika seorang perempuan sedang mengalami menstruasi. Dengan minum jamu kunyit asam, kedua hal ini bisa diredakan.

Manfaat kunyit asam ini bekerja sebagai antimikroba, antioksidan dan antiperadangan, yang bisa digunakan untuk melancarkan pencernaan sehingga perut kembung ban sembelit bisa diatasi.

8. Atasi Infeksi Jamur Organ Intim

Berbagai jenis infeksi oleh jamur atau bakteri pada vagina bisa hadir karena menstruasi. Kendati demikian, kita tidak perlu khawatir. Salah satu manfaat kunyit asam bisa mencegah dan bahkan menghentikan pertumbuhan bakteri dan juga jamur di vagina.

Kunyit sendiri memiliki funsgi sebagai antijamur serta antiseptik alami sehingga ampuh untuk menjaga kesehatan serta kebersihan vagina nih.

9. Membersihkan Racun

Salah satu manfaat kunyit asam yang bisa kamu dapatkan setelah mengonsumsinya adalah tubuh menjadi bersih dan bebas dari racun. Jamu kunyit asam bisa dikatakan sebagai minuman detoksifikasi atau minuman penetral racun yang masuk dalam tubuh. Racun atau toksin dapat ditemui di mana saja, terutama berasal dari polusi udara yang tercemar oleh asap kendaraan.

10. Menurunkan Berat Badan

Asam jawa memiliki kandungan yang baik untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Selain itu kandungan dalam asam jawa juga dapat membantu sistem pencernaan bekerja lebih optimal dan dapat menghambat produksi lemak.

Ini menjadi salah satu manfaat kunyit asam yang menarik. Dengan berbagai kandungan asam jawa yang tercampur dalam minuman kunyit asam bisa digunakan sebagai ramuan untuk menurunkan berat badan secara efektif dan tanpa adanya efek samping yang merugikan.

11. Menurunkan Gula Darah

Bila Anda mengidap penyakit diabetes, cobalah untuk rutin mengonsumsi jamu kunyit asam. Kunyit telah lama diketahui dapat menurunkan gula darah pada orang dengan diabetes.

Efek ini diduga akibat kemampuan antiinflamasi yang dimiliki kunyit dan asam jawa. Bila peradangan berkurang, tubuh dapat merespons hormon insulin dengan baik. Dengan rutin mengkonsumsi kunyit asam bagi kalian yang memiliki gula darah tinggi,. Dan sering kumat serta merasakan sakit alangkah baiknya mencoba membuat ramuan kunyit asam sendiri di rumah dan rutin meminumnya seminggu tiga kali.

Topik Terkait