img_title
Foto : Instagram/@herlin.lay

IntipSelebCara membuat bakso ikan ternyata cukup mudah dan bisa dilakukan di rumah. Bakso sendiri merupakan salah satu jenis kuliner di Indonesia yang banyak disukai oleh masyarakat. Untuk menikmati semangkuk bakso pun tidak perlu menunggu cuaca tertentu.

Sebab, mau dinikmati saat cuaca sedang terik sekalipun, tak akan mengubah cita rasa gurih dan nikmat dari bakso. Saking banyaknya orang yang menyukai bakso, sampai-sampai kini sudah banyak bermunculan jenis variasi baru dari bakso.

Sebelumnya bakso lebih umum terbuat dari daging sapi, namun kini muncul lah bakso yang terbuat dari daging ayam hingga daging ikan. Nyatanya, bakso ikan tak kalah peminat dari bakso sapi. Secara visual, bakso ikan memiliki tampilan yang lebih mulus dan berwarna lebih terang dibandingkan dengan bakso sapi.

Selain itu, saat dimakan rasanya pun terasa lebih kenyal dan lembut. Bakso ikan sendiri sudah banyak dijajakan oleh para pedagang di setiap daerah di Indonesia. Namun sudah tahukah anda bagaimana cara membuat bakso ikan?

Untuk anda yang sedang bingung terkait cara membuat bakso ikan, anda perlu menyimak artikel ini sampai selesai. Pasalnya, tim IntipSeleb akan menyajikan sederet resep dan cara membuat bakso ikan yang mudah untuk menjadi menu camilan anda di rumah. Penasaran? Yuk simak cara membuat bakso ikan yang dikutip dari YouTube Nael Onion, Mommy Anna Channel dan Dapur Bang Agus, berikut ini.

1. Resep bakso ikan tenggiri

Bahan-bahan bakso ikan

- 750 gram daging Ikan tenggiri
- 50 gram tepung tapioka
- 2 butir putih telur dingin
- 250 ml air es atau es batu
- 1.5 sdt garam
- 2 sdt gula
- 1/2 sdt lada
- 1.5 sdm kaldu jamur

Cara membuat bakso ikan

1. Cara membuat bakso ikan yang pertama adalah mem-fillet daging ikan tenggiri dan pisahkan daging ikan tenggiri dengan kulit dan juga tulangnya. Kemudian giling daging ikan tenggiri bersamaan dengan es batu sebanyak 100 gram.
2. Setelah itu pindahkan adonan ke wadah, beri gula, lada, dan garam. Jangan lupa tambahkan kaldu jamur dan juga 1 putih telur dingin. Uleni hingga putih telur terserap oleh adonan daging.
3. Setelah terserap, tuangkan sisa putih telur kemudian, uleni adonan hingga tercampur rata. (Tambahan, sembari menguleni adonan, bisa mulai panaskan air untuk mencetak adonan bakso).
4. Tambahkan air dingin sedkit demi sedikit, kemudian uleni sampai adonan benar-benar bertekstur kenyal. Uleni adonan bisa dengan dibanting-banting.

5. Setelah itu, tambahkan tepung tapioca agar bakso makin kenyal, kemudian uleni kembali hingga adonan halus dan tampak mengkilat.
6. Setelah adonan siap, cetak bakso dengan menggunakan tangan dan taruh bakso yang telah dibulatkan ke dalam air panas. Gunanya agar adonan bakso termasak dan tidak lembek atau hancur.
7. Setelah itu masak bakso dengan api sedang. Tanda bakso sudah matang adalah bakso tersebut akan mengapung.
8. Setelah matang, angkat dan tuang ke dalam air es. Hal ini agar tekstur bakso tidak terlalu kematangan dan kenyal.
9. Bakso ikan siap dihidangkan.

2. Resep bakso ikan tongkol

Bahan-bahan bakso ikan tongkol

- 600 gram ikan tongkol putih (bekukan setengah beku)
- 200 gram tepung tapioka
- 1 butir putih telur
- 4 siung bawang putih (dihaluskan)
- 1/2 sdt merica bubuk
- 1/4 baking powder
- 1 batang daun seledri
- garam secukupnya
- kaldu bubuk secukupnya
- 100 ml air es

Cara membuat bakso ikan tongkol

1. Cara membuat bakso ikan yang pertama adalah panaskan panci berisi air untuk merebus bakso terlebih dahulu sembari menyiapkan adonan.
2. Lalu, haluskan daging kan tongkol putih yang telah terpisah dari tulangnya dengan menggunakan blender. Jangan lupa tambahkan putih telur dan air es sebanyak 2 sdm.
3. Setelah selesai taruh ke wadah yang besar untuk mencampur bahan yang lain. Tambahkan baking powder, merica, tepung terigu, bawang putih yang telah dihaluskan, garam 1/2 sdt teh. Setelah itu diaduk hingga semua bahan tercampur rata. Jika tekstur adonan masih terlalu berarir, bisa tambahkan tepung tapioka hingga sedikit padat layaknya adonan bakso.
4. Setelah adonan jadi dan air rebusan siap, matikan kompor. Bulatkan adonan bakso ikan satu persatu hinggsa semuanya habis. Setelah dibulatkan dicemplungkan ke dalam air panas yang sebelumnya telah anda rebus.
5. Kemudian rebus semua bakso yang telah dibulatkan, masak hingga matang. Tanda bakso sudah matang adalah bakso sudah mengapung saat direbus.
6. Angkat dan bakso ikan tongkol siap disajikan.

3. Resep bakso ikan tenggiri

Bahan-bahan bakso ikan tenggiri:

- 1 kg ikan tenggiri
- 3 sdm tepung tapioka
- 1 bungkus kaldu bubuk rasa ayam
- 1/2 sdt garam 1,5 sendok teh
- 5 siung bawang putih (haluskan)
- 1 butir putih telur

Cara membuat bakso ikan tenggiri

1. Cara membuat bakso ikan tenggiri yang pertama adalah pisahkan daging ikan tenggiri dengan tulang dan kulitnya. Setelah itu haluskan daging ikan tenggiri dengan menggunakan blender dengan ditambahkan dengan air es (bisa dengan es batunya juga).
2. Setelah selesai, pindahkan daging ikan tenggiri yang telah dihaluskan ke dalam wadah, tambahkan bumbu bawang putih yang telah dihaluskan, garam dan kaldu bubuk. Kemudian tambahkan pula tepung tapioka dan sedikit air es. Kemudian uleni hingga semua bahan tercampur rata. Kemudian tambahkan putih telur dan diaduk kembali hingga rata.

3. Siapkan air panas untuk merebus bakso, kemudian setelah panas, matikan kompor. Anda bisa mulai membulatkan adonan bakso ikan satu persatu hingga semua adonan habis. Bulatkan adonan kemudian masukkan ke dalam rebusan air panas yang sebelumnya anda siapkan.
4. Setelah itu rebus semua bakso ikan hingga semuanya matang. Tanda bakso telah matang adalah dengan mengapung di atas air saat direbus.
5. Begitu matang, angkat dan bakso ikan siap disajikan.

4. Bonus resep kuah bakso bening

Bahan-bahan

- 3 siung bawang putih
- jahe (kurang lebih seujung kelingking)
- 1 liter air
- 1 sdt merica
- garam
- kaldu ayam bubuk
- sedikit micin (jika tidak suka bisa dilewati)
- daun bawang secukupnya (untuk taburan)

Resep kuah bakso bening atau cara membuatnya:

1. Langkah pertama adalah haluskan bawang putih, jahe dan merica (bisa diulek atau diblender), usahakan jangan terlalu halus.
2. Setelah itu tumis bumbu yang telah dihaluskan. Tumis dengan api kecil dan hingga bumbu harum. Lalu, tambahkan 1 liter air dan masak dengan api sedang.
3. Setelah itu tambahkan garam, kaldu ayam bubuk, dan juga micin. Sesuaikan dengan selera anda. Kemudian tambahkan bakso yang telah dibuat atau bakso siap saji.
4. Masak hingga mendidih dan jangan lupa tambahkan irisan daun bawang.
5. Sajikan bakso di dalam mangkuk dan anda bisa menambahkan pelengkap lainnya seperti irisan seledri dan juga bawang goreng.

Demikian adalah kumpulan cara membuat bakso ikan yang bisa anda coba di rumah. Mudah bukan? Tak ada salahnya untuk mulai menyiapkan bahan dan mulai membuat kreasi bakso ikan sendiri di rumah. (nes)

Topik Terkait