img_title
Foto : Pinterest

IntipSeleb – Riau merupakan suatu daerah yang memiliki daya tarik wisatawan cukup banyak. Tak hanya tempat-tempat wisatanya saja, Riau juga memiliki keanekaragaman dalam makanan yang super nikmat. Makanan khas Riau, sering kali kita cari saat berkunjung ke tempatnya, pasalnya kita tak bisa temukan di kota-kota lain.

Banyak wisatawan yang berlibur ke Riau khusus untuk gerilya makanan khas Pekanbaru. Tidak dimungkiri bahwa kuliner adalah salah satu daya tarik dari kota Pekanbaru.

Tidak hanya makanan berat yang nikmat, ada banyak camilan unik yang akan Kamu temukan di kota penghasil minyak tersebut. Bahkan mungkin tidak akan Kamu dapati di daerah lain.

Menikmati suatu makanan khas dari suatu daerah tentulah sangat nikmat, apalagi jika Anda mencicipinya langsung di kota asalnya. Memang seperti yang Anda ketahui jika negara Indonesia, sangat kaya akan ragam kulinernya yang mampu menghipnotis dan juga memanjakan lidah siapa saja, termasuk juga Anda.

Nah salah satu kuliner yang wajib untuk Anda coba adalah makanan khas Riau. Nah bagi Anda yang saat ini ingin berkunjung dan juga menghabiskan waktu liburan Anda bersama keluarga di Provinsi Riau, maka berikut beberapa daftar menu atau juga makanan khas Riau yang tidak boleh untuk Anda lewatkan.

Berbatasan langsung dengan selat Malaka, hal ini juga yang membuat Riau secara kultural juga banyak dipengaruhi dengan kebudayaan Melayu. Mulai dari logat bicara, seni arsitektur bangunan, sampai ke urusan kulinernya.

Meski tiap orang memiliki preferensi makanan yang mereka suka, tapi jika suatu hari Moms punya kesempatan untuk datang ke Riau, ada baiknya untuk mencicipi semua kuliner khas di sana. Masakan khas Riau merupakan salah satu kuliner etnis Melayu yang biasa gampang ditemui di negara Malaysia, serta di beberapa daerah yang ada di negara Indonesia seperti Pulau Sumatera, Pulau Jawa Kalimantan Barat.

Melayu yang berada di daerah berbeda memiliki hidangan yang terkenal unik dan spesial, di antaranya daerah Terengganu dan Kelantan dengan nasi dagang, nasi kerabu dan keropok lekor, Negeri Sembilan yang terkenal dengan hidangan lemak-nya.

Ciri utama dalam masakan tradisional Melayu adalah menggunakan rempah-rempah yang cukup banyak. Santan juga penting dalam memberikan cita rasa hidangan Melayu yang kaya dan juga untuk mengentalkan hidangannya.

Bahan dasar lainnya seperti belacan (terasi) sebagai bahan dasar untuk sambal, saus yang terbuat dari terasi, cabai, bawang merah dan bawang putih. Selain itu masakan Melayu juga menggunakan serai dan lengkuas yang cukup banyak.

Nah kira-kira apa saja sih makanan khas Riau yang paling banyak dicari orang, baik dari makanan berat ataupun kue jajanan khas Riau asli. Langsung saja simak artikel IntipSeleb berikut jangan sampai di skip!

1. Roti Jala Kari Ayam

Dinamakan Roti Jala Kari Ayam karena terdiri dari dua hal utama, yakni roti jala dan kari ayam. Roti jala sendiri sebenarnya berasal dari India, namun sudah disesuaikan dengan lidah orang Indonesia, khususnya Melayu.

Bentuk dari roti ini mirip jala atau jaring ikan dengan banyak lubang di tengahnya. Roti yang berbentuk gulungan ini disajikan dengan saus atau kuah kari ayam untuk memperkuat rasa. Pada umumnya, kuliner khas Melayu ini warnanya kuning dan gulungannya mirip lumpia.

2. Sup Tunjang

Hidangan sup ini terbuat dari kaldu tunjang yaitu tulang kaki sapi sehingga dapat dipastikan Anda akan mendapatkan cita rasa kaldu yang sangat khas dan gurih. Salah satu yang menjadikan sup tunjang cukup unik, biasanya akan menemukan sedikit sisa daging yang sengaja dibiarkan menempel pada bagian kaki sapi.

Bagian ini biasanya direndam bersama campuran rempah-rempah. Cita rasa yang dihasilkan sangat empuk dan lembut sehingga akan membuat Moms ingin makan lagi, lagi, dan lagi. Saat berkunjung ke Riau jangan lupa cicipi kuliner sup tunjang dijamin bikin nagih.

3. Nasi Lemak

Nasi lemak khas Riau terdiri dari beberapa bahan, yaitu beras pulen, santan kental, daun salam, batang serai yang dimemarkan, serta daun pandan. Cara memasak makanan khas Riau yang satu ini mirip dengan cara memasak nasi uduk. Beras pulen harus dicuci sampai bersih kemudian dimasak bersama santan kental, daun salam, serai, dan daun pandan. Adonan beras harus dimasak sampai teksturnya menjadi kering karena menyerap santan.

Panganan ini biasanya disajikan saat sarapan dan dihidangkan bersamaan dengan telur, timun, ikan bilis (teri) goreng, serta sambal sebagai pelengkap. Seiring perkembangannya, nasi lemak juga dapat ditemukan dihidangkan dengan daging, ayam, sotong, udang, serta hati sapi.

4. Mie Sagu

Mie sagu ini juga sangatlah nikmat karena dilengkapi dengan menu lain seperti ikan teri sambal goreng, tauge rebus, dan juga daun kucai.Tak hanya nikmat, mie sagi ini juga kaya nutrisi dan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk tetap sehat.

Makanan khas Riau yang satu ini menjadi makanan yang sering sekali diburu oleh wisatawan karena rasanya yang sangat lezat dan bikin ketagihan. Berbahan dasar tepung sagu, yang dicampur dengan topping rempah lainnya, mie sagu menjadi salah satu kuliner wajib dicoba saat kalian berkunjung ke Riau. Mie sagu biasanya dijual di sepanjang kota Riau, dengan harga yang ramah di kantong.

5. Bolu Kemojo

Bolu kemojo bias menjadi makanan khas Pekanbaru yang bisa dibawa pulang. Tentunya, Anda tidak akan kesulitan untuk menemukan bolu ini. Rasa yang diciptakan pun cukup unik sehingga cocok untuk jadi camilan yang nikmat.

Untuk rasa dari bolu berfariasi dimulai dari rasa durian, jagung, coklat, dan pandan. Harga bolu kemojo sangat terjangkau dengan harga berkisar 15 sampai 25 ribu. Berwarna hijau seperti bolu pandan, bolu ini memiliki tekstur yang sangat lembut dan manis saat di kunyah.

6. Lopek Bugi

Saat ini sudah banyak orang yang mengenal lopek bugi berserta resepnya. Bentuknya memang cukup mungil namun rasanya tidak kalah nikmat. Dengan rasanya yang manis dan khas Anda bisa menemukannya dengan mudah di Riau.

Bahan utama pembuatannya menggunakan air pandan, santan, garam, tepung beras, dan pulut hitam. Untuk jenisnya ada pulut putih dan juga pulut hitam. Kue ini hampir mirip seperti koci, namun berbeda isiannya saja.

7. Gulai Belacan

Beragam jenis gulai dari Indonesia yang perlu untuk dinikmati. Salah satunya adalah makanan khas Riau gulai belacan. Udang akan menjadi bahan utama untuk membuat gulai ini.

Dengan kuah yang dibuat dari berbagai rempah pilihan yang khas maka rasa yang dihasilkan sangat nikmat. Biasanya rasa dari gulai ini membuat wisatawan semakin ketagihan dan biasanya ditambahkan petai untuk pelengkap.

Nah, ketuhuh hidangan khas Riau ini wajib kalian coba dan nikmati pada saat berlibur ke Riau nanti, jangan khawatir ketujuh hidangan tersebut memiliki harga yang worth it dan gak akan nguras isi kantong kalian, pastikan membelinya di kota Riau langsung ya!

Topik Terkait