img_title
Foto : Instagram/@urk2706

IntipSelebResep kue cucur ternyata mudah sekali lho! Tahukah anda dengan kue tradisional yang satu ini? Kue cucur merupakan kue tradsisional khas Betawi yang keberadaannya tergolong mudah untuk ditemui. Di pasar banyak sekali pedagang yang menjual kue cucur ini bersama dengan berbagai jenis kue basah lainnya.

Biasanya, kue cucur sering dipakai oleh masyarakat Betawi ketika mengadakan acara pengajian sebagai camilan. Pemberian nama kue cucur pun unik, sebab, pembuatan kue ini yakni dengan cara meneteskan adonan ke atas loyang. Dalam Bahasa Betawi, hal tersebut disebut ‘ngocor’, tapi oleh para pendatang dibuat lebih halus menjadi cucur.

Kue cucur mirip dengan kue serabi, bedanya, kue cucur dimasaknya dengan cara digoreng dengan minyak penuh. Rasa kue cucur pun manis, sebab terbuat dari campuran adonan yang diberi gula merah. Tahukah anda bahwa ternyata resep kue cucur itu sangat mudah?

Bahan yang digunakan untuk membuat kue cucur pun tidak terlalu banyak. Memasaknya pun hanya dengan menggorengnya saja. Penasaran dengan resep kue cucur? Yuk simak kumpulan resep kue cucur yang telah dirangkum dari YouTube Chalistaa Kitchen, Puguh Kristanto Kitchen, DAPUR TAMI, dan Hafeeza Cooking Gallery berikut ini.

1. Resep kue cucur gula merah

Bahan-bahan kue cucur gula merah.

- 75 gr (10 sdm) tepung beras
- 75 gr (7 1/2 sdm) tepung terigu
- 125 gr gula merah
- 2 sdm gula pasir (jika suka manis)
- 1/4 sdt garam
- 220 ml air
- daun pandan

Resep atau cara membuat kue cucur gula merah

1. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah siapkan panci untuk membuat adonan kue cucur. Masukkan gula merah, gula pasir, garam, daun pandan yang diikat dan air. Kemudian masak hingga air mendidih atau gula larut. Setelah selesai matikan lalu saring. Setelah disaring biarkan hingga dingin.
2. Selanjutnya siapkan wadah, kemudian tambahkan tepung beras, tepung terigu lalu tambahkan air gula merah yang telah anda rebus sebelumnya. Aduk-aduk hingga semuanya tercampur rata dan pastikan adonan tidak ada yang menggerindil.

3. Kemudian diamkan adonan selama kurang lebih setengah jam.
4. Setelah selesai, panaskan minyak kemudian goreng kue cucur ke dalam minyak yang sudah panas. Masak dengan api sedang atau api kecil agar tidak cepat gosong.
5. Lakukan sampai adonan selesai dan kue cucur siap disajikan!

2. Resep kue cucur bersarang

Bahan-bahan kue cucur bersarang
- 100 gram gula Jawa/gula merah
- 125 ml air putih
- 2 lembar daun pandan
- 60 gram tepung beras
- 50 gram tepung terigu
- ¼ sdt garam

Resep kue cucur atau cara membuat kue cucur

1. Langkah pertama yang perlu anda lakukan adalah siapkan panci kemudian isi dengan air. Tambahkan daun pandan yang disobek atau diikat. Tambahkan gula merah dan masak hingga gula larut. Masak dengan api kecil. Setelah gula larut dan mendidih, matikan api dan dinginkan terlebih dahulu air gula yang anda buat.
2. Selanjutnya siapkan wadah, kemudian tambahkan tepung beras, tepung terigu, garam dan jangan lupa tambahkan cairan gula yang sudah anda buat dan didiamkan untuk beberapa saat. Aduk-aduk hingga semua bahan tercampur rata. Aduk selama kurang lebih 5 menit.

3. Setelah itu diamkan selama kurang lebih setengah jam.
4. Kemudian panaskan minyak dan tuang adonan kue cucur ke atasnya. Masak hingga semua adonan habis.
5. Kue cucur siap disajikan!

3. Resep kue cucur berserat

Bahan-bahan kue cucur berserat

- 500 ml air
- 280 gr gula merah
- 100 gr gula pasir
- 1/2 sdt garam
- 2 helai daun pandan
- 225 gr tepung beras
- 225 gr tepung terigu

Resep kue cucur berserat atau cara membuatnya.

1. Langkah pertama yang perlu anda lakukan adalah membuat cairan gula merahnya. Masukkan air ke panci, tambahkan gula merah, gue pasir, daun pandan dan garam. Masak hingga gula larut dan mendidih.
2. Setelah mendidih, saring gula merah agar kotoran yang ada di dalam gula merah tidak ikut serta. Setelah disaring, diamkan untuk beberapa saat hinga bersuhu ruangan.
3. Siapkan wadah kemudian campurkan tepung terigu dan tepung beras, campurkan sedikit demi sedikit cairan gula merah yang sebelumnya telah didiamkan. Aduk-aduk terus hingga semua bahan tercampur rata dan adonan bertekstur kental.

4. Agar bisa mengembang dan berserat, mixer adonan sambil terus ditambahkan cairan gula merahnya hingga adonan menjadi lebih cair.
5. Setelah adonan siap, diamkan terlebih dahulu selama kurang lebih 1 jam. Setelah selesai siapkan minyak panas, kemudian tuang adonan kue cucur ke dalam minyak panas.
6. Masak kue cucur dengan api kecil. Lakukan hingga adonan habis. Setelah selesai, angkat dan kue cucur siap disajikan!

4. Resep kue cucur mudah

Bahan-bahan kue cucur.

- 7 sdm tepung beras
- 10 sdm terigu pro rendah
- 1 1/2 (250 gram) keping gula merah
- 300 ml (42 sdm) air
- 1/4 sdt garam
- 1 lembar daun pandan
- minyak secukupnya untuk menggoreng

Resep kue cucur atau cara membuatnya

1. Langkah pertama yang perlu anda lakukan untuk membuat kue cucur adalah membuat cairan gula merahnya terlebih dahulu. Siapkan panci yang telah diisi air, kemudian tambahkan gula merah dan daun pandan yang sudah diikat atau disobek. Masak hingga gula larut dan air mendidih. Setelah selesai matikan kompor dan saring cairan gula yang telah anda buat. Lalu sisihkan atau diamkan hingga bersuhu ruangan.
2. Setelah itu siapkan wadah, lalu campurkan tepung terigu, tepung beras dan garam. Aduk-aduk sedikit kemudian tambahkan gula merah sedikit demi sedikit. Aduk-aduk terus hingga semua bahan telah tercampur rata dan cairan gula merah habis.

3. Aduk-aduk terus adonan hingga muncul gelembung-gelembung kecil di dalam adonan. Hal ini bertujuan agar kue cucur memiliki tekstur bersarang.
4. Setelah selesai diaduk selama kurang lebih 15 menit, diamkan selama kurang lebih 1 jam.
5. Lalu, siapkan minyak panas untuk menggoreng. Aduk-aduk sebentar adonan kue cucur sebelum dimasak, kemudian tuangkan adonan kue cucur ke dalam minyak panas. Masak dengan api kecil agar tidak gosong dan bagian dalam kue matang.
6. Lakukan hingga semua adonan habis lalu angkat dan kue cucur siap disajikan.

Demikian adalah sederet resep kue cucur yang bisa anda coba di rumah. Bagaimana? Mudah bukan? Jadi tidak ada alasan lagi ya untuk tidak re-cook. Selain enak, kue cucur yang dibuat sendiri pasti memiliki kesan atau nilai tersendiri yang bermakna tersendiri bagi pembuatnya. Semoga resep kue cucur di atas bermanfaat bagi anda. (nes)

Topik Terkait