img_title
Foto : Pinterest

IntipSeleb – Tak heran jika Cirebon terkenal dengan kulinernya sedapnya yang begitu sohor, hingga ke setiap wilayah di Indonesia. Makanan Khas Cirebon, memang tak kalah enak dari kuliner wilayah lainnya.

Terkadang orang sering kali melupakan salah satu tempat yang memiliki olahan paling enak di Jawa Barat, setelah Bandung. Beragam macam olahan mulai dari nasi hingga tahu gejrot petis, kalian akan temui di kota Udang tersebut.

Di Kota Cirebon, ada banyak makanan khas yang sangat menggugah selera bagi mereka pemburu kuliner lokal. Nah, untuk memberitahukan apa saja makanan khas Cirebon, kami akan membagikan semua makanan khas dari kota ini yang harus Anda coba.

kota yang berada di pesisir pantai utara pulau Jawa, lebih tepatnya berada di provinsi Jawa Barat ini juga sering disebut dengan kota pelabuhan. Karena lokasinya yang berada di dekat laut, Cirebon banyak menghasilkan kuliner laut, salah satunya yaitu terkenal sebagai kota penghasil udang yang cukup besar.

Makanan yang populer merupakan cerminan hasil ternak serta kegemaran warga Cirebon yang menjaga kuliner agar tetap eksis. Sepintas cara membuat makanan Cirebon gampang-gampang susah dan ada pula yang sangat mudah. Tapi cita rasa tidak pernah bohong, hanya tangan-tangan tertentu yang bisa meracik masakan berselera.

Kuliner Cirebon memiliki identitas otentiknya sendiri, dengan cita rasa sangat khas karena tidak sama dengan corak makanan Jawa Barat pada umumnya namun juga berbeda dari olahan khas Jawa Tengah. Sajian kuliner khas Kota Cirebon antara lain nasi jamblang dan nasi lengko.

Ragam makanan khas Cirebon juga enak dan menarik. Kali ini akan dibahas tentang wisata kuliner Cirebon yang sangat terkenal dengan makanan-makanan yang rasanya sangat gurih dan enak.

Tentu saja hal ini membuat para wisatawan kuliner banyak yang ingin mencicipi saat berada di Kota Cirebon. Bagi yang belum pernah makan makanannya, pasti akan langsung tertarik ketika mendengar nama makanan ini.

Membahas tentang wisata kuliner cirebon yang sangat terkenal dengan makanan-makanan yang rasanya sangat gurih dan enak. Tentu saja hal ini membuat para wisata kuliner kota cirebon banyak yang ingin mencicipi saat berada di kota Cirebon.

Buat yang belum pernah ke Cirebon dan belum pernah makan makanannya, pasti akan ngiler deh. Nah kira-kira apa saja sih makanan khas Cirebon yang bisa memanjakan lidah kita? Yuk simak artikel selengkapnya berikut ini.

1. Tahu Gejrot

Jajanan pinggir jalan khas Cirebon ini memang sudah banyak ditemui diberbagai kota lain selain Cirebon. Namun, tentu akan lebih menarik untuk mencicipi Tahu Gerjot langsung di kota asalnya.

Makanan khas Cirebon ini diolah dari tahu goreng dengan berbagai bumbu seperti gula merah, cabai, bawang putih, dan bumbu lainnya yang dicampurkan menggunakan cobek. Campuran bumbu dan gurihnya tahu memberikan rasa unik yang lezat.

2. Nasi Jamblang

Menyantap nasi dalam balutan daun pisang mungkin sudah biasa Toppers temukan di ragam kuliner khas Nusantara. Namun, di Cirebon kamu bisa mencicipi kuliner khas berupa nasi yang dibungkus menggunakan daun jati.

Makanan khas Cirebon satu ini disajikan dengan pilihan lauk pendamping mulai dari tahu, tempe, ayam goreng dan kuliner khas Cirebon lainnya seperti tumis cumi hitam dan paru goreng.

Menu lauk yang disediakan beraneka ragam, mulai dari tahu dan tempe hingga pilihan gulai ati ampela. Setiap makanannya diolah dengan cara yang berbeda sehingga rasanya tidak sama seperti lauk pauk pada umumnya. Misalnya tempe goreng dengan kacang kedelai yang jauh lebih padat daripada tempe yang dijual di pasaran. Kemudian telur goreng yang dimasak dengan minyak yang lebih banyak sehingga terasa lebih renyah.

3. Pedesan Entog

Kuliner khas Cirebon yang memiliki cita rasa unik selanjutnya adalah Pedesan Entog. Makanan asal Cirebon ini dibuat dari daging Entog, sejenis unggas yang menyerupai bebek dan disiram dengan kuah pedas. Perpaduan rasa gurih Entog dan olahan bumbu pedas dari makanan khas Cirebon satu ini sangat pas disantap dengan sepiring nasi putih hangat.

Dagingnya diolah dengan dicampur rempah-rempah dan diberi banyak cabai untuk menambah rasa pedas.

Pedesan entog bisa kamu santap di warung Pedesan Entog Mas Nana, di Jalan Fatahillah. Warung Mas Nana terkenal karena menggunakan teknik khusus dalam memasak sehingga daging entog yang alot menjadi lembut saat dimakan.

4. Sate Kalong

Penjualnya menyebut sajian ini sebagai sate kalong karena rumah makannya hanya dibuka saat malam hari hingga pagi hari, persis seperti cara kalong berkeliaran.

Meskipun dikatakan sate Kalong, jenis sate ini tidak berbahan dasar kelelawar. Sate kalong rasanya gurih dan sedikit manis, nyaris sama seperti rasa daging dendeng.

Perpaduan daging kerbau dan sapi membuat makanan khas Cirebon ini memiliki cita rasa yang otentik. Proses membuat sate kalong tergolong panjang. Daging kerbau dan daging sapi yang masih mentah direbus terlebih dahulu hingga empuk, kemudian dilumuri bumbu rahasia.

5. Nasi Lengko

Nasi lengko adalah menu sarapan yang ada di warung pinggir jalan atau pasar-pasar tradisional di Cirebon. Makanan khas Cirebon ini berisi nasi putih, tauge rebus, tempe dan tahu yang kemudian disiram dengan saus kacang, taburan daun kucai dan sedikit kecap.

Dari sekian banyak yang menjual nasi lengko pinggir jalan, warung nasi lengko Pak Barno yang paling jadi favorit. Beroperasi sejak 1968 di Jalan Pagongan, Cirebon, warung Pak Barno sudah memiliki dua cabang di Cirebon yakni Jalan Bahagia dan Jalan Pagongan.

6. Empal Gentong

Berkunjung ke Cirebon rasanya kurang afdol kalau tidak mencicipi empal gentong, makanan khas Cirebon yang mirip dengan gulai.

Bedanya, jika gulai menggunakan daging sapi dan kambing, empal gentong ditambahkan usus dan babat. Konon, di zaman dulu empal gentong dibuat dengan daging kerbau dan menjadi makanan untuk orang-orang keturunan ningrat.

Empal gentong punya cita rasa gurih dan cocok dijadikan sebagai menu makan siang atau makan malam. Umumnya disajikan dengan lontong dan taburan daun kucai.

7. Mie Koclok

Penggemar mie wajib banget mencoba mie koclok. Mie koclok adalah singkatan dari Mie Khasnya Orang Cirebon yang lebih mantep pol. Nama ini menandakan kalau mie ini merupakan kuliner asli Cirebon yang tidak bisa ditemui di tempat lain.

Mie koclok dibuat dari mie basah, diberi kuah campuran kaldu ayam dengan tepung tapioka, yang menghasilkan warna putih pekat. Lalu disajikan dengan telur rebus, suwiran ayam, sayur kol, tauge, daun bawang dan taburan bawang goreng.

8. Docang

Docang merupakanan makanan murah meriah yang sehat dan sering dijajakan secara kaki lima. Asal kata Docang adalah bodo atau baceman dari oncom dage dan kacang hijau yang dijadikan toge.

Docang adalah makanan asli Cirebon, yang merupakan perpaduan antara sayur oncom dage atau oncom gembus terbuat dari ampas tahu yang dipadukan dengan bungkil kacang tanah dan parutan kelapa.

Topik Terkait