img_title
Foto : Instagram/@geomuzee

IntipSelebMuseum Geologi Bandung merupakan salah satu tempat wisata edukasi yang anda temui di Bandung, Jawa Barat. Museum ini berada di Jl. Diponegoro No.57, Cihaur Geulis, Kec. Cibeunying Kaler, Kota Bandung, Jawa Barat.

Jika saat momen liburan tiba, mungkin sebagian dari anda bingung hendak pergi ke tempat wisata mana yang sekiranya cocok untuk dikunjungi bersama dengan keluarga. Sebab kita semua tahu bahwa tak semua tempat wisata bagus dan menarik tak mendukung untuk dikunjungi bersama dengan keluarga.

Namun di Museum ini, anda bisa mengajak keluarga anda untuk liburan sekaligus menambah pengetahuan baru seputar temuan-temuan menarik dari zaman dahulu. Lalu kira-kira ada hal menarik apa ya yang ada di Museum Geologi Bandung? Yuk baca artikel ini sampai selesai, ya!

Museum Geologi Bandung

gmaps/Dilly Mustaram
Foto : gmaps/Dilly Mustaram

Museum Geologi Bandung telah berdiri sejak 16 Mei 1929. Kabarnya, Museum ini telah direnovasi dengan dana bantuan dari JICA (Japan International Cooperation Agency). Setelah direnovasi, Museum yang merupakan kebanggaan warga Bandung ini akhirnya kembali dibuka dan diresmikan oleh Wakil Presiden RI saat itu yakni, Megawati Soekarnoputri pada 23 Agustus 2000.

Sebagai gambaran besar, di dalam Museum Geologi Bandung terdapat Sebagai salah satu monumen bersejarah, museum berada di bawah perlindungan pemerintah dan merupakan peninggalan nasional. Dalam museum ini, tersimpan dan mengelola banyak materi-materi geologi, seperti fosil, batuan, dan mineral.

Disebutkan bahwa semua materi yang ada di dalam Museum ini telah dikumpulkan selama kerja lapangan di Indonesia sejak 1850. Seiring berjalannya waktu, Museum Geologi yang satu ini kini ramai dikunjungi oleh para murid. Tak sedikit pula sekolah yang menjadikan Museum Geologi Bandung ini menjadi tujuan study tour mereka.

Bukan tanpa sebab, Museum ini pada dasarnya menyimpan berbagai macam nilai sejarah kehidupan di masa lampau bisa menjadi sumber informasi baru bagi para siswa selain dari buku pelajaran sejarah saja.

Harga Tiket Masuk Museum Geologi Bandung

Instagram/@geomuzee
Foto : Instagram/@geomuzee

Untuk masuk ke Museum Geologi Bandung, anda dikenakan tarif Rp3000 untuk warga lokal. Rp2000 untuk pelajar dan Rp10.000 untuk wisatawan asing. Luar biasa murah bukan? Sudah bisa berwisata dengan harga murah, anda juga bisa menambah pengetahuan anda dengan barang-barang koleksi museum yang menarik untuk dijelajahi.

Namun perlu kami ingatkan bahwa harga yang tercantum, bisa saja mengalami perubahan seiring berjalannya waktu dan kebijakan baru dari pihak pengelola tempat wisata.

Museum Geologi Bandung sendiri buka mulai dari pukul 09.00 - 15.30 WIB. Namun perlu diperhatikan bahwa Museum ini buka di hari-hari tertentu, yakni Selasa, Rabu, Kamis, Sabtu, dan Minggu. Sedangkan Senin, Jumat, & Libur Nasional Tutup.

Bangunan Museum Geologi Bandung sendiri terdiri dari 2 lantai yang dimana setiap bagiannya telah dipisahkan berdasarkan jenis koleksinya. Penasaran ada apa saja? Yuk disimak.

Lantai 1 Museum Geologi Bandung

Instagram/geomuzee
Foto : Instagram/geomuzee

Ketika anda membeli tiket maka selanjutnya anda akan memasuki gedung museum di lantai satu. Di lantai 1 ini, bagian-bagian museum dipisah menjadi 3 ruangan yang berbeda. Yakni ruangan tengah, barat dan timur.

Di area tengah, anda bisa menemukan animasi kegiatan geologi dan kegiatan yang diadakan oleh pihak museum melalui layar lebar. Kemudian pusat informasi juga tersedia jikalau anda butuh bantuan. Selain itu ada pula area yang melayani jika anda membutuhkan saran atau hal-hal terkait pendidikan dan penelitian.

Beralih dari area tengah, kita menuju area barat. Di area barat ini, anda mulai disuguhkan dengan hal-hal menarik. Berwisata sambil belajar anda dimulai dari sini. Di sini ada area yang menjelaskan tentang terbentuknya Bumi dalam ilmu sains, sistem tata surya hingga berbagai pengetahuan tentang kondisi geologi yang ada di Indonesia.

Jangan anggap bahwa penjelasan tentang hal di atas hanya berupa teks dan terkesan membosankan. Penjelasan mengenai hal tersebut disajikan dengan contoh aslinya, misalnya saja ketika menjelaskan tentang jenis bebatuan, di tempat ini pun menyuguhkan secara langsung jenis batuan yang ada. Ada pula maket yang disertai dengan penjelasan secara detail yang tentu bermanfaat untuk siapa saja.

Kemudian beralih ke area timur, di sini anda akan menemukan hal yang jauh lebih menarik. Jika anda biasanya hanya melihat hewan zaman purba yakni dinosaurus hanya dari televisi atau layar smartphone saja, Museum Geologi Bandung membawa anda untuk melihat replika kerangka fosil dinosaurus secara langsung! Menarik bukan.

Terdapat fosil reptilia bertulang belakang berukuran besar yang hidup di Masa Mesozoikum Tengah hingga Akhir (210-65 juta tahun lalu). Replika fosil Tyrannosaurus Rex Osborn (Jenis kadal buas pemakan daging) ini memiliki panjang mencapai 19 m, tinggi 6,5 m, dan berat 8 ton.

Kemudian ada pula kumpulan fosil tengkorak manusia purba yang ditemukan di Indonesia (Homo erectus P. VIII) dan di beberapa tempat lainnya di dunia terkoleksi dalam bentuk replikanya.

Lantai 2 Museum Geologi Bandung

gmaps/Helmy Moslem
Foto : gmaps/Helmy Moslem

Di lantai 2 Museum juga terbagi menjadi 3 bagian seperti di lantai 1. Di bagian tengah di sajikan maket yang menjelaskan tentang pertambangan emas terbesar di dunia yang ternyata terletak di Pegunungan Tengah Irian Jaya. Selain itu juga terdapat miniatur pengeboran minyak dan gas bumi.

Sedangkan di bagian barat merupakan area yang dikhususkan untuk para staf pengelola museum. Namun jangan khawatir, jangan lupa masih ada area timur, ya. Di area timur anda bisa mulai melakukan penjelajahan lagi.

Di sini terdapat beberapa area yang menjelaskan tentang manfaat dan keguanaan batu mineral bagi manusia. Ada pula bagaimana penyebaran sumber daya mineral di Indonesia hingga penjelasan tentang pengaruh lingkungan sekitar terkait kelestarian sumber daya alam. Setiap sudut dari museum ini sangat menarik untuk dieksplor.

Penjelasan yang detail serta menyuguhkan secara langsung bentuk fisik dari penjelasan yang dimaksud pun semakin membuat seseorang paham dengan membaca penjelasan itu. Secara keseluruhan area di Museum Geologi Bandung ini cukup luas untuk anda berkeliling dan menjelajah satu persatu tentang berbagai macam hal tentang ilmu geologi.

Demikian adalah penjelasan mengenai hal menarik yang bisa anda temui di Museum Geologi Bandung. Mengenai informasi harga yang tercantum dalam artikel ini, lagi-lagi kammi ingatkan agar mengupdate informasi seterkini mungkin. Sebab dikahawatirkan terjadi perubahan harga seusai artikel ini ditayangkan.

Untuk info lebih lanjutnya, anda bisa mengintip Instagram resmi dari Museum Geologi Bandung yakni di @geomuzee. Jika anda ingin mengunjungi Museum bersama rombongan, anda bisa reservasi terlebih dahulu pada nomor yang tertera di bio Instagram Museum Geologi Bandung.

Untuk anda yang penasaran dengan kegiatan apa saja yang dilakukan oleh pihak Museum Geologi Bandung, anda bisa mengintip channel YouTube Museum Geologi yang kini terpantau memiliki kurang lebih dari 2,13 ribu subscribers. Akhir kata semoga informasi ini bermafaat dan selamat berlibur! (nes)

Topik Terkait