img_title
Foto : Instagram/gunungpancar

IntipSelebGunung Pancar adalah sebuah gunung yang terletak di Desa Desa Karang Tengah Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Indonesia.

Gunung ini terletak pada ketinggian 300–800 m dpl dengan topografi landai sampai bergelombang terjal dengan kemiringan sekitar 15-40%. Menyajikan wisata alam yang menarik, gunung ini juga erat kaitannya dengan wisata mistis.

Di Area Gunung Pancar terdapat pemandian air panas. Jika anda ingin melepaskan penat atau lelah setalah perjalanan jauh dari Jakarta atau pun arah dari Bandung atau mungkin sehabis jalan-jalan mengunakan sepedah, gunung ini sangat cocok untuk melepaskan rasa lelah kamu.

Keindahan alam yang tersaji di tempat ini bisa kita nikmati dengan berbagai macam cara. Bagi yang malas berkeliling hutan, maka bisa menyewa ataupun menggelar hammock yang dibawa diantara pohon-pohon pinus sebagai tempat bersantai.

Nah, dari atas hammock, kita bisa menghayati indahnya maha karya yang maha kuasa. Selain itu, menikmati waktu santai di atas hammock juga bisa diiringi dengan menyantap beberapa camilan dan minuman hangat. Lalu bagi yang ingin menikmati alam melalui aktifitas aktif, maka berkeliling kawasan wisata bisa dilakukan untuk menikmati indahnya alam dengan lebih maksimal.

Di sekitar Gunung Pancar tumbuh berbagai macam pepohonan selain pohon pinus yang bisa menjadi obyek cuci mata. Selain itu, di kawasan gunung ini juga kadang terlihat beberapa hewan hutan seperti ayam hutan, kutilang, babi hutan, dan beraneka jenis burung.

Aktifitas selanjutnya yang bisa dan sering dilakukan oleh para wisatawan yang berlibur di Gunung Pancar adalah berolahraga. Untuk kegiatan ini, kita bisa menyewa sepeda dan gowes di track yang sudah disediakan pengelola. Atau kalau ingin yang lebih hemat, kita juga bisa jogging santai bersama teman-teman mengelilingi kawasan wisata.

Pada gunung pancar juga terdapat air panas. Air panas ini banyak dikunjungi dan menjadi daya tarik wisatawan.

Konon dipercaya air penas ini juga bisa menyembuhkan jika kamu memiliki penyalit kulit. Menuju lokasi pemandian air panas ini tidak terlalu sulit, ketika anda memasuki pintu pembayaran tiket masuk ke Gunung Pancar.

Lalu menuju perempatan dan ambil arah yang ke Gunung Pancar untuk langsung menuju tempat pemandian air panas. Namun, jika anda ingin memutuskan untuk berendam kamu akan dikenai tiket masuk sebersar Rp 25.000. Penduduk sekitar percaya, gunung Pancar adalah makam para raja yang sakti. Itu lah mengapa gunung pancar dikenal dengan aura mistisnya.

Keindahan gunung ini memanglah sangat populer di mata wisatawan. Apalagi untuk yang memiliki hobi menjelajah di alam. Gunung Pancar biasanya dipakai untuk kegiatan berkemah.

Keangkeran dan sakralnya gunung pancar Bogor sudah menjadi rahasia umum. Mendatangi tempat ini perlu memperhatikan tata krama dan nilai sopan santun.

Kemistisannya menjadi daya tarik tersendiri. Ini tidak terlepas dari legenda yang sudah jadi rahasia umum yang melekat pada gunung ini.

Penasaran apa saja legenda misteri gunung ini? Check it out.

1. Makam Keramat Gunung Pancar

Gunung Pancar yang hanya memiliki ketinggian 800 meter dari permukaan laut ini sering menjadi buah bibir bagi orang-orang yang percaya pada hal gaib atau yang suka mencari pusaka. Di Gunung Pancar juga terdapat beberapa makam keramat yang diperkirakan sudah tua usianya.

Beberapa tokoh sejarah terkenal, seperti Mbah Kalijaga, Mbah Raden Surya Kencana, Ki Mas Manggala, Ki Mas Bungsu, Mbah H. Dalem Putih, Mbah Raden Balungtunggal, dan Mbah Raden Lawulung pernah dimakamkan di sana.

2. Benda Pusaka di Gunung Pancar

Banyak yang berkunjung ke makam keramat di Gunung Pancar demi mencari wangsit. Gunung Pancar juga diyakini menyimpan banyak pusaka, seperti cincin, tombak, keris, dan benda-benda peninggalan kerajaan zaman dulu.

Di hari tertentu, Gunung Pancar juga suka memancarkan cahaya terang yang bikin mata silau. Katanya, cahaya tersebut berasal dari Besi Koneng yang dipercaya sebagai peninggalan dari salah satu tokoh sakti yang dimakamkan di sana.

3. Awal dan Akhir Kehidupan Bumi

Masyarakat setempat juga percaya bahwa Gunung Pancar adalah awal dan akhir kehidupan di bumi. Dulu, ketika bumi belum ada penghuninya dan belum memiliki gunung, bumi sering mengalami guncangan hebat.

Setelah itu muncul gunung pertama yang kini dinamakan Gunung Pancar. Kata “Pancar” berasal dari kata “Pancer” yang berarti pasak. Sehingga, masyarakat percaya bahwa Gunung Pancar adalah pondasi bumi paling utama. Jika Gunung Pancar hancur, bumi bakal ikut hancur.

4. Pusat Kerajaan Makhluk Ghaib

Disamping itu, Gunung Pancar dipercayai sebagai pusat kerajaan dari makhluk gaib. Beberapa warga yakini saat sebelum hari kiamat semua makhlukgaib di semua penjuru bumi akan berperang luar biasa.

Peperangan gaib itu juga nanti akan dimenangi oleh kerajaan makhluk gaib yang bertahta di puncak Gunung Pancar.Yakin atau mungkin tidak, semua tergantung pada kepercayaan setiap dari kita. Tetapi itu legenda Gunung Pancar yang tersebar dalam masyarakat.

5. Asal-usul Nama Pancar

Banyak yang mengira bahwa arti dari nama gunung Pancar adalah sorotan cahaya. Namun menurut penuturan warga sekitar, pancar sendiri memiliki makna pasak, tonggak atau pancer. Hal ini bermakna bahwa gunung Pancar adalah sebuah tonggak yang membuat bumi yang kita diami tidak mengambang di lautan luas.

6. Didatangi Prabu Siliwangi dan Prabu Kian Santang

Di kaki bukit gunung pancar terdapat Desa Tegal Luhur. Konon nama tersebut erat kaitannya dengan sejarah zaman dahulu yang mana para pangeran Pajajaran melepas penat atau bersantai di desa ini.

Mitos lain yang berkembang, gunung pancar ini kerap didatangi Prabu Siliwangi dan Prabu Kian Santang hingga saat ini. Kabarnya di gunung ini lah tempat Prabu Kian Santang bersemayam.

7. Curug Tersembunyi

Tidak banyak tau, bahwa di Gunung Pancar terdapat curuk yang tersembunyi, jika anda menginap di Gunung Pancar kamu akan menemukan sebuah curug. Berikut beberapa curug yang bisa kamu kunjungi di Gunung Pancar sebagai berikut, Curug Barong, Curug Hordeng serta Air Terjun Bidadari.

8. Pesugihan Gunung Pancar

Pesugihan Gunung Pancar dipercaya bisa mendatangkan kekayaan dan memikat gadis. Syaratnya, orang yang melakukan pesugihan harus mendapatkan benda pusaka dari kerajaan atau tokoh zaman dulu di gunung tersebut mulai dari cincin, keris, hingga tombak.

9. Pemandian Air Panas

Pemandian air panas ini pun terdapat dua lokasi ada yang umum dan pribadi. Salah satu tempat pemandian air panas di Gunung Pancar adalah pemain air panas Giritirta yang memiliki suhu panas cukup tinggi yaitu sekitar 30-35 derajat celcius.

Pemandian ini terletak di sebuah taman wisata. Di tempat itu, terdapat pula makam Mbah Lembut dan Mbah Putih.

Karena itu sekali semprot, menurut Timan, salah satu petugas pemandian, berbagai penyakit pun bisa disembuhkan. Pemandian air panas Gunung Pancar terletak di dalam kawasan Taman Wisata Alam Gunung Pancar, desa Karangtengah, Kecamatan Babakan Madang Kabupaten Bogor.

Menggunakan kendaraan pribadi dari arah Jakarta masuk Tol Jagorawi, lokasi pemandian tersebut bisa dicapai melalui dua arah. Pertama lewat pintu tol Sentul menuju Desa Babakan Madang dan Desa Karangtengah.

Dengan kondisi jalan beraspal yang cukup baik, jarak sejauh 13 km dari pintu tol itu bisa dicapai dengan waktu tempuh 20 menit. Kedua lewat kawasan Bogor Baru menuju Desa Karangtengah sejauh 25 km, dengan waktu tempuh kurang lebih 1 jam.

Itu dia mitos dan misteri gunung pacar, meski begitu namun tetap menyimpan keindahan fantastis. Kamu bisa menjadikan gunung ini pilihan kala menghabiskan akhir pekan.

Topik Terkait