img_title
Foto : Asianfoodnetwork.com

IntipSeleb – Resep tumis kacang panjang pada dasarnya tak jauh berbeda dengan aneka menu sayur tumis lainnya. Meski begitu, tentu akan lebih menggugah selera jika hidangan yang satu ini dibuat menjadi beragam kreasi yang lebih variatif.

Kacang panjang merupakan jenis sayuran yang sangat mudah ditemukan dalam berbagai kesempatan. Sayuran yang satu ini pun memiliki banyak nutrisi yang menyehatkan tubuh. Kacang panjang mengandung vitamin C yang baik untuk menjaga imunitas tubuh.

Selain itu, di dalamnya terdapat juga antioksidan, betakaroten, dan vitamin B2. Oleh karenanya sederet manfaat yang baik bagi tubuh pun bisa didapatkan dari mengonsumsi kacang panjang, seperti membantu menjaga kesehatan jantung, menyehatkan kulit, hingga menurnkan kadar glukosa.

Dengan semua manfaat tersebut, tentu tak ada alasan untuk tidak mengonsumsi sayuran hijau yang satu ini. Nah, berikut ini variasi resep tumis kacang panjang yang akan bikin Anda ikut lapar!

Aneka Resep Tumis Kacang Panjang

aneka-masakan.com
Foto : aneka-masakan.com

1. Tumis Kacang Panjang Segar

Bahan-bahan:

- 1 ikat besar kacang panjang yang sudah dipotong-potong

- 6 siung bawang merah

- 3 siung bawang putih

- 4 buah cabai merah keriting, potong menyerong

- 8 buah cabai rawit, potong serong

- 1/2 sdt gula merah

- 1/4 sdt penyedap rasa

- Minyak goreng secukupnya

- Garam secukupnya

- Air secukupnya

Cara Membuat:

- Siapkan semua bahan-bahan yang dibutuhkan. Jangan lupa untuk mencuci bersih terlebih dahulu kacang panjang yang telah dipotong sebelumnya.

- Panaskan sedikit minyak di dalam wajan untuk menumis.

- Masukkan bawang merah dan bawang putih dan tumis hingga mengeluarkan bau harum.

- Setelah itu tambahkan cabai merah dan cabai rawit yang telah dicuci dan diiris menyerong. Tumis kembali sampai agak layu.

- Barulah kemudian masukkan kacang panjang ke dalam wajan. Aduk rata semuanya hingga tercampur.

- Tuangkan air sedikit saja ke dalam wajan. Tujuannya adalah agar kacang panjanng menjadi lunak dan matang. Setelah itu bumbui dengan gula merah, penyedap rasa, dan garam secukupnya. Kemudian aduk secara merata.

- Lanjutkan memasak kacang panjang sampai matang dan teksturnya melunak. Tunggu pula hingga kuahnya menyusut dan bumbu menyerap. Kemudian koreksi rasa untuk memastikan apakah sudah sesuai selera.

- Setelah kacang panjang matang, matikan kompor dan tuangkan kacang panjang tersebut ke mangkuk. Selesai, tumis kacang panjang siap dihidangkan.

2 Tumis Kacang Panjang Teri

Bahan-bahan:

- 100 gram kacang panjang

- 50 gram ikan teri

- 1 buah cabai merah besar

- 5 butir bawang merah

- 3 siung bawang putih

- 1 lembar daun salam

- 1/4 sdt kaldu ayam bubuk

- 2 cm lengkuas

- Minyak goreng secukupnya

- Garam dan merica secukupnya

- Air secukupnya

Cara Membuat:

- Cuci bersih kacang panjang sampai bersih, lalu potong kacang panjang itu dengan ukuran kurang ebih sekitar 3 cm.

- Iris halus bawang merah, bawang putih, dan cabai dengan potongan menyerong. Setelah itu geprek lengkuas.

- Selanjutnya siapkan wajan dan masukkan minyak goreng secukupnya saja pada wajan. Tunggu hingga minyak panas, kemudian masukkan teri yang sudah disiapkan.

- Goreng teri tersebut hingga berubah warna dan matang. Setelah matang, sisihkan dahulu teri dari wajan.

- Kembali masukkan minyak goreng secukupnya ke wajan dan biarkan hingga memanas. Setelah itu tumis bumbu seperti bawanng merah, bawang putih, daun salam, cabai, dan lengkuas. Tumis sambil diaduk-aduk hingga agak layu dan mengeluarkan aroma wangi.

- Barulah masukkan kacang panjang, dan aduk kembali sampai merata. Lalu tambahkan air secukupnya saja.

- Selanjutnya masukkan bumbu lainnya seperti garam, gula, merica, dan kaldu ayam bubuk. Aduk kacang panjang agar bumbunya merata.

- Setelah bumbu sudah dirasa meresap, barulah masukkan ikan teri yang sudah digoreng sebelumnya dan aduk sampai matang. Angkat dan sajikan di piring.

Tumis Kacang Panjang Saus Tiram

Bahan-bahan:

- 150 gram kacang panjang yang sudah dipotong sekitar 3 cm

- 1 buah cabai merah besar

- 4 butir bawang merah

- 3 siung bawang putih

- 1 sdm saus tiram

- 2 sdm kecap manis

- 1 lembar daun jeruk

- 1 lembar daun salam

- 1/4 sdt garam

- Gula pasir secukupnya

- 1 cm lengkuas yang sudah digeprek

- Minyak goreng secukupnya untuk menumis

- Air secukupnya

Cara Membuat:

- Potong-potong kacang panjang sekitar 3 cm terlebih dahulu, kemudian cuci bersih dan sisihkan.

- Siapkan wajan yang sudah diberi minyak goreng dan panaskan. Lalu tumis bawang merah dan bawang putih sampai layu, barulah tambahkan lengkuas, daun salam, daun jeruk, dan cabai merah.

- Aduk sampai semuanya merata, dan masukkan kacang panjang ke dalam wajan. Tambahkan kecap manis, saus tiram, gula, dan garam, kemudian aduk kembali hingga semua tercampur dengan merata. Setelah itu berikan sedikit air.

- Cicipi sedikit untuk mengoreksi rasa. Setelah itu matikan api dan hidangkan tumis kacang panjang saus tiram di piring.

3. Tumis Kacang Panjang Jagung

Bahan-bahan:

- 250 gram kacang panjang

- 5 butir bawang merah

- 3 siung bawang putih

- 3 buah cabai merah keriting

- 1 lembar daun jeruk

- 1 batang serai yang sudah digeprek

- 2 buah jagung yang sudah disisir butirannya

- Minyak goreng secukupnya

- Garam dan merica secukupnya

- Air secukupnya

Cara Membuat:

- Langkah pertama, cuci bersih dahulu kacang panjanng dengan air mengalir. Selanjutnya potong-potong kacang panjang dengan panjang kurang lebih 2 sampai 3 cm.

- Kemudian lanjutkan dengan mengiris tipis bawang merah, bawang putih, dan cabai keriting.

- Siapkan wajan dan tuangkan minyak di atasnya, tunggu beberapa saat hingga minyak menjadi panas.

- Jika sudah panas, selanjutnya masukkan bawang putih, bawang merah, dan cabai keriting tadi untuk ditumis. Aduk-aduk semua bumbu tersebut hingga tumisan bumbu berbau harum.

- Setelah bumbu agak layu dan bau harum sudah tercium, masukkan kacang panjang yang telah dipotong beserta butiran jagung ke dalam wajan. Kemudian aduk hingga merata.

- Tambahkan air secukupnya pada wajan, kemudian masukkan garam serta merica sesuai selera. Aduk kembali sampai bumbu tercampur dan meresap, kemudian biarkan kacang panjang dimasak hingga kuahnya terlihat menyusut.

- Koreksi rasa untuk memastikan semuanya sudah pas. Setelah itu angkat dan tata di piring. Selesai, tumis kacang panjang jagung kini sudah siap untuk dinikmati.

Demikianlah 3 resep tumis kacang panjang dengan berbagai variasi berbeda. Cara membuatnya termasuk mudah dan bahan serta peralatannya pun tak sulit untuk ditemukan. Selamat mencoba, ya! (nes)

Topik Terkait