img_title
Foto : Www.freepik.com/freepik

IntipSeleb – Sebenarnya keutamaan surat Ar Rahman sangat baik untuk anda. Surat Ar Rahman. Surat Ar Rahman merupakan surat ke-55 di dalam Al Quran. Surat Ar Rahman sendiri memiliki arti yang maha pemurah, hal ini seperti yang disebutkan di dalam ayat pertama pada surat ini.

Surat Ar Rahman tergolong surat Makkiyah sebab diturunkannya di kota Mekkah dan terdiri dari 78 ayat. Jika anda sering atau tahu tentang surat Ar Rahman, tentunya anda akan sadar bahwa ada sebaris kalimat yang diulang berkali-kali.

Baris kalimat itu berbunyi ‘Fa-biayyi alaa'i Rabbi kuma tukadzdzi ban yang memiliki arti ‘Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?’. Pengulangan kalmat ini terjadi sebanyak 31 kali dalam surat Ar Rahman.

Buya Yahya pernah mengemukakan bahwa kalimat yang diulang di dalam Al Quran pasti memiliki maksud, dan para ulama sendiri tak berani untuk menyimpulkan secara pasti apa maksud pengulangan kalimat tersebut di dalam Al Quran.

"Ada hal yang dibidik, yang diinginkan dan hanya Allah yang tahu. Cuma para ulama biasanya memahaminya itu namanya hikmah, tidak berani mengatakan 'karena itu lah Allah mengatakan itu', kayak sudah tahu betul apa yang dimaksud oleh Allah. Itu adalah hikmah," kata Buya Yahya dikutip dari YouTube Al-Bahjah TV, 3 Mei 2019.

Lantas sudah tahukah anda apa saja keutamaan surat Ar Rahman? Ada beberapa keutamaan surat Ar Rahman yang sangat baik untuk siapa saja yang mengamalkannya. Penasaran? Yuk lihat beberapa keutamaan surat Ar Rahman berikut ini.

Keutamaan surat Ar Rahman

Dilansir dari dalamislam, ada 8 keutamaan surat Ar Rahman bagi siapapun yang mengamalkannya yakni sebagai berikut:

1. Selalu memperbanyak memuji Allah SWT

Keutamaan surat Ar Rahman yang pertamana adalah dapat membantu umat muslim untuk memperbanyak pujian kepada Allah SWT. Hal ini merujuk pada kata 'Ar Rahman' sendiri yang diketahui merupakan Nama Allah yang memiliki arti "Maha Pengasih nikmat dunia dan akhirat".

Terlebih lagi jika kita membaca surat Ar Rahman sambil berserah diri kepada Allah SWT. Akan ada banyak sekali keutamaan yang bisa kita dapatkan.

2. Sebagai pengingat bahwa Allah memiliki sifat Ar Rahman

Keutamaan surat Ar Rahman berikutnya adalah untuk mengingatkan kita bahwa Allah SWT memiliki sifat Ar Rahman. Secara garis besar, isi dari surat Ar Rahman adalah segala penjabaran nikmat Allah SWT yang luar biasa melimpah. Hal ini yang akan senantiasa mengingatkan kita bahwa Allah memiliki sifat maha pengasih lagi maha penyayang kepada semua.

3. Pengingat agar tidak kufur nikmat

Keutamanaan surat Ar Rahman berikutnya adalah sebagai pengingat agar kita tidak mengkufuri nikmat. Hal ini telah dijelaskan dari ayat Ar Rahman yang menjabarkan tentang banyak nikmat Allah yang telah diberikan. Diantaranya adalah ayat ke 3 yang memiliki arti “telah menciptakan manusia”.

Jika anda membawa surat Ar Rahman dengan sepenuh arti dan memaknai setiap bait kalimatnya, Insya Allah kita tidak akan mengkufuri nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT. Sebab, bisa hidup ke dunia merupakan salah satu karunia dan nikmat Allah SWT yang luar biasa. Sudah sepatutnya sebagai manusia, kita bersyukur atas segala kelimpahan nikmat yang mungkin tak kita sadari.

4. Sebagai pengingat untuk selalu beribadah

Keutamaan surat Ar Rahman selanjutnya adalah sebagai pengingat umat manusia agar selalu beribadah kepada Allah SWT. Hal ini merujuk pada kebenaran bahwa pada dasarnya, tak hanya manusia saja yang beribadah kepada Allah SWT.

Kekuasaan milik Allah SWT tak hanya mampu menciptakan yang tampak saja, namun yang tak tampak juga. Seperti misalnya saja kerajaan Jin dan alam semesta yang tidak tampak dari pandangan manusia juga diciptakan oleh Allah SWT.

5. Sebagai pengingat bahwa manusia adalah makhluk pelupa

Keutamaan surat Ar Rahman berikutnya adalah dapat menjadi pengingat bahwa sesungguhnya manusia adalah makhluk yang pelupa. Hal ini merujuk pada banyaknya pengulangan pada ayat “fabiayyi aalaa’i robbikuma tukadziban”. Hal ini mungkin diharapkan agar dapat menjadi pengingat bahwa pada dasarnya manusia adalah pelupa.

Kalimat tersebut yang berarti ‘Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?’ merupakan sebuah kalimat tanya yang seolah meminta jawaban agar manusia sadar bahwa sesungguhnya nikmat Allah luar biasa banyaknya hingga mungkin tak disadari oleh manusia selama ini.

6. Dapat ridho dari Allah SWT atas segala nikmat yang telah diberikan

Keutamaan surat Ar Rahman berikutnya adalah bisa mendapatkan ridho dari Allah SWT dari segala nikmat yang telah diberikan. Hal ini merujuk pada tafsir Ats Tsaqolayn, Rasulullah SAW bersabda: “barang siapa membaca surat Ar Rahman, Allah akan menyayangi kelemahannya dan meridhoi nikmat yang dikaruniakan kepadanya.”. Hadits ini lah yang semakin menguatkan keutamaan surat Ar Rahman.

7. Orang yang membaca surat Ar Rahman seperti mati Syahid

Keutamaan surat Ar Rahman selanjutnya mungkin banyak diharapkan oleh kaum muslimin. Sebab, untuk orang-orang yang gemar mengamalkan surat Ar Rahman, maka ketika wafat nanti, wafatnya seperti mati syahid.

Mati syahid adalah kondisi ketika seseorang meninggal dunia dalam keadaan di jalan Allah SWT.

Dalam Tsawabul A’mal, dijelaskan bahwa Rasulullah pernah bersabda: “barang siapa membaca Ar Rahman, dan ketika membaca kalimat ‘fabiayyi aala’i robbikuma tukadzibaan’ kemudian jika dia mengucapkan: tidak ada satupun nikmatMu dari Tuhanku yang aku dustakan, maka jika membacanya di malam hari kemudian mati, maka matinya seperti mati syahid, jika membacanya di siang hari kemudian ia mati, maka matinya seperti mati syahid.” (diriwayatkan oleh Imam Ja’far)

Merujuk pada hadits di atas bahwa telah jelas bahwa surat Ar Rahman dapat membuat pembacanya ketika wafat nanti seolah mati syahid. Sebagai tambahan, di dalam hadits tersebut juga mengingatkan agar kita bisa mengamalkan surat Ar Rahman dengan membacanya di dua waktu, yakni siang dan malam hari.

8. Mendapat syafaat di hari kiamat

Keutamaan surat Ar Rahman berikutnya adalah bisa mendapatkan syafaat di hari kiamat kelak.

Rasulullah bersabda: “jangan tinggalkan membaca surat Ar Rahman, bangunlah malam bersamanya, surat ini tidak menentramkan hati orang-orang munafik, kamu akan menjumpai Tuhan bersamanya(Ar Rahman) pada hari kiamat, wujudnya seperti wujud manusia yang paling indah dan baunya paling harum, pada hari kiamat tidak ada seorangpun yang berdiri dihadapan Allah yang paling dekat denganNya selainnya. Pada saat itu Allah berfirman: soapakah orang di dunia yang sering bangun malam dan tekun membacamu? Dia menjawab: Ya Robbi, Fulan bin Fulan, lalu wajah mereka menjdi putih. Dan ia berkata kepada mereka: berilah syafaat bagi orang-orang yang mencintai kalian. Kemudian ia memberi syafaat sampai yang terakhir dan tidak ada seorang pun yang tertinggal dari orang-orang yang berhak menerima syafaat mereka. Lalau ia berkata kepada mereka: masuklah kalian ke surga, dan tinggallah didalamnya sebagaimana yang kalian inginkan.”

Demikian adalah sederet keutamaan surat Ar Rahman. Semoga informasi terkait keutamaan surat Ar Rahman ini dapat bermanfaat bagi kita semua.(prl).

Topik Terkait