img_title
Foto : Pinterest

IntipSeleb – Ada banyak keutamaan Surat Al-Kahfi yang menjadikan surat ini istimewa. Rasulullah SAW sendiri menganjurkan untuk membacanya setiap hari Jumat. Sesuai yang terkandung dalam hadits Shahih yang berbunyi:

“Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jum’at, dia akan disinari cahaya di antara dua Jum’at.” (HR. An Nasa’i dan Baihaqi. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shohih sebagaimana dalam Shohihul Jami’ no. 6470)

Surat Al Kahfi adalah surat ke 18 yang terdiri dari 110 ayat. Di dalamnya berisi berbagai cara menghadapi berbagai cobaan dan fitnah.

Terkandung kisah Ashabul Kahfi yang rela meninggalkan kampung halamannya dalam keadaan terusir demi mempertahankan agamanya. Selain itu, Terdapat kisah pemilik kebun Shohibul Jannatain yang mengajarkan untuk tidak mudah terpukau oleh harta dan tidak meninggalkan agama hanya demi urusan dunia.

Tak hanya itu, dalam Surat Ak-Kahfi juga terkandung kisah kedua Nabi Allah SWT ini mengajarkan pentingnya ilmu dan hidayah. Ada pula kisah ini mengajarkan pentingnya amanat seorang pemimpin. Dr. Muhammad Bakar Isma’il dalam kitab Al-Fiqh al Wadhih min al Kitab wa al Sunnah menjelaskan bahwa salah satu amalan yang dianjurkan untuk dikerjakan pada malam dan hari Jum’at adalah membaca Surat Al Kahfi.

Sebenarnya membaca Surat Al Kahfi tidak hanya baik dibaca pada hari Jumat saja melainkan setiap hari. Akan tetapi, memang dianjurkan bahwa sebaiknya Surat Al Kahfi dibaca saat terbenamnya matahari di hari Kamis hingga terbenamnya matahari di hari selanjutnya yakni hari Jumat.

Dia adalah pemimpin yang memiliki kekuasaan luas dan menggunakannya untuk menegakan keadilan dan syariat agama Allah ke seluruh dunia. Membaca surat ini di hari Jumat akan mendapatkan keutamaan surat Al-Kahfi yang luar biasa.

Topik Terkait