img_title
Foto : Www.freepik.com/prostooleh

IntipSelebVertigo merupakan gejala penyaikit yang menyebabkan seseorang bisa merasakan sensasi pusing berputar yang sering kali kemunculan secara tiba-tiba. Untuk anda yang sering merasakan sensasi seperti yang dijelaskan di atas, mungkin anda mengalami vertigo.

Lantas apa saja faktor penyebab dan obatnya? Untuk mengetahuinya lebih lanjut, simak ulasan artikelnya di bawah ini yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

Apa itu vertigo?

www.freepik.com/wayhomestudio
Foto : www.freepik.com/wayhomestudio

Sebelum mengetahui faktor penyebab dan lainnya tentang vertigo, ada baiknya untuk mengetahui apa itu vertigo. Seperti yang telah dijelaskan bahwa vertigo merupakan sebuah gejala yang menyebabkan seseorang mengalami sensasi pusing yang berputar dalam kurun waktu yang tiba-tiba.

Jika sudah merasakan vertigo, biasanya seseorang akan kehilangan keseimbangan dan disorientasi. Bahkan tak jarang jika seseorang yang terkena vertigo bisa sampai terjatuh karena merasakan sakit atau pusing yang dirasakannya.

Kendati demikian, vertigo memiliki gejala bervariasi yang bisa dirasakan oleh setiap orang. Misalnya saja gejala pusing yang ringan dan munculnya secara berkala (tidak sekali serangan). Namun di kasus tertentu, serangan vertigo juga bisa terjadi dalam skala yang parah. Biasanya terjadi dalam durasi yang lama dan berlangsung selama beberapa hari yang menyebabkan berbagai aktivitas yang seharusnya dilakukan menjadi terganggu.

Penyebab vertigo

www.freepik.com/cookie_studio
Foto : www.freepik.com/cookie_studio

Penyebab vertigo adalah karena adanya gangguan yang terjadi di telinga atau pun otak. Untuk mengetahui lebih lanjut terkait penyebab vertigo, pada perlu membagi vertigo menjadi dua jenis, yakni vertigo perifer dan sentral. Simak penjelasannya berikut ini.

Vertigo perifer

Apa itu vertigo perifer? Vertigo perifer adalah jenis vertigo yang paling sering dirasakan oleh para penderita vertigo. Vertigo perifer umumnya terjadi karena adanya gangguan pada telinga di bagian dalam. Pada dasarnya telinga bagian dalam berfungsi untuk menjaga keseimbangan tubuh yakni labirin vertibular.

Tak hanya itu saja, penyebab lainnya dari vertigo perifer bisa dikarenakan adanya gangguan dari saraf vertibular. Saraf vestibular merupakan saraf yang terletak di antara telinga bagian dalam dan batang otak.

Vertigo sentral

Berbeda dengan vertigo perifer yang disebabkan karena ada gangguan dari telinga, vertigo sentral terjadi karena adanya gangguan dari otak atau sistem saraf pusat. Gangguan itu bisa terjadi karena beberapa kondisi, misalnya saja cedera pada bagian kepala, stroke, migrain hingga sifilis.

Namun ada pula penyebab lainnya dari munculnya vertigo sentral dan vertigo perifer selain yang dijelaskan di atas. Di antarara lain karena adanya efek samping pengunaan obat seperti aspirin, perubahan tekanan udara hingga menyebabkan rusaknya telinga, alergi, gangguan kecemasan hingga karena kehamilan yang menyebabkan perubahan hormon.

Faktor vertigo

www.freepik.com/prostooleh
Foto : www.freepik.com/prostooleh

Nyatanya ada beberapa faktor yang menyebabkan seseorang bisa berisiko mengalami vertigo, di antara lain sebagai berikut:

- Usia di atas 50 tahun
- Berjenis kelamin wanita
- Pernah mengalami cedera kepala
- Menderita kondisi yang memengaruhi telinga atau keseimbangan tubuh
- Pernah mengalami vertigo
- Memiliki keluarga dengan riwayat vertigo
- Mengalami stres berat
- Mengonsumsi obat-obatan tertentu, terutama obat antidepresan atau antipsikotik
- Mengonsumsi minuman beralkohol

Obat vertigo

www.freepik.com/wayhomestudio
Foto : www.freepik.com/wayhomestudio

Jika vertigo yang anda rasakan sudah sering terjadi dan parah hingga mengganggu aktivitas sehari-hari, ada baiknya untuk segera memeriksakan kondisi anda agar segera mendapatkan perawatan dan segera pulih.

Akan tetapi jika vertigo yang anda rasakan masih tergolong ringan, maka anda bisa mencoba beberapa obat vertigo berikut ini agar pusing yang anda rasakan bisa segera menghilang. Simak obatnya berikut ini.

1. Minum air putih

Obat alami vertigo pertama yang bisa anda coba adalah dengan mengonsumsi air putih. Hal ini disebabkan salah satu penyebab seseorang mengalami vertigo adalah karena kurangnya cairan di dalam tubuhnya sehingga membuat orang tersebut mengalami dehidrasi.

Hal ini disebabkan karena ketika seseorang mengalami dehidrasi, maka akan berakibat buruk pada beberapa bagian dalam tubuh, termasuk sirkulasi di dalamnya. Oleh sebab itu, anda disarankan untuk menjaga kebutuhan cairan anda agar tetap terpenuhi.

Dalam sehari, anda disarankan untuk mengonsumsi 8 hingga 12 gelas air putih dalam sehari. Bagaimana, cara yang satu ini cukup mudah bukan untuk mengatasi vertigo?

2. Air jahe

Selain air putih, mengonsumsi air jahe juga dipercaya mampu meredakan vertigo yang tiba-tiba menyerang. Hal ini lantaran jahe yang memiliki sensasi pedas sehingga dapat menjadi obat alami bagi para penderita vertigo.

Untuk memanfaatkan air jahe sebagai pengobatan vertigo pun cukup mudah, yakni dengan merebus sekitar 4 gram jahe yang telah dibersihkan selama kurang lebih 5 menit. Setelah selesai, saring air jahe tersebut lalu jika anda mau boleh ditambahkan sedikit madu agar rasanya lebih enak.

3. Minyak essensial

Cara meredakan vertigo selanjutnya bisa dengan menggunakan minyak essensial. Minyak essensial merupakan minyak yang terbuat dari tumbuhan. Ada banyak sekali kegunaan minyak essensial salah satunya adalah dipercaya mampu meredakan vertigo.

Anda bisa memanfaatkan minyak lemon balm untuk meredakan gejala vertigo yang mengganggu. Atau anda juga bisa menggunakan minyak pappermint sebagai aroma terapi agar tubuh menjadi lebih rileks dan terhindar dari rasa mual hingga sakit kepala yang berlebihan.

Caranya pun cukup mudah, yakni anda hanya perlu mengoleskan minyak essensial tersebut ke area dahi, pelipis atau bagian belakang leher anda. Kemudian lakukan pijatan lembut agar tubuh menjadi lebih rileks dan pusing pun mereda.

4. Cuka apel

Siapa sangka, ternyata cuka apel juga banyak dimanfaatkan untuk menjadi salah satu obat jika terkena vetrigo. Hal ini dikarenakan cuka apel yang mengandung Vitamin A, Vitamin B, Vitamin B1, B2, B6, Vitamin C, Vitamin E, kalium, potasium hingga magnesium.

Senyawa tersebut lah yang membuat cuka apel memiliki kandungan antioksidan dan antibakteri. Cara memanfaatkan cuka apel sebagai obat vertigo pun cukup mudah, yakni dengan cara mengonsumsi 2 sendok madu dan satu sendok cuka apel saja.

5. Teh

Mengonsumsi teh ternyata mampu membuat tubuh lebih rileks dan meredakan gejala vertigo yang mungkin anda rasakan. Kini teh sendiri sudah memiliki banyak variannya, jadi anda bisa menyesuaikannya dengan selera anda.

Namun jika anda bertujuan untuk meredakan vertigo, anda disarankan untuk mengonsumsi teh bunga mawar, teh bunga melati, hingga teh chamomile. Untuk teh chamomile sendiri, selain dapat meredakan vertigo, teh ini juga banyak dipercaya dapat membuat orang yang sulit tidur menjadi lebih rileks sehingga lebih cepat tidur.

Wah jadi tidak ada salahnya ya jika mengonsumsi teh yang satu ini. Selain meredakan vertigo namun juga dapat berguna untuk lainnya.

Demikian adalah artikel yang membahas mengenai vertigo mulai dari definisi, penyebab, faktor hingga obat vertigo. Jika anda sedang atau sering kali merasakan vertigo, tidak ada salahnya untuk segera memeriksakan kondisi anda ke dokter untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Semoga informasi dalam artikel ini berguna bagi anda dan semoga anda sehat selalu. (nes)

Topik Terkait