img_title
Foto : Instagram/bandung.banget

IntipSelebCurug Maribaya merupakan salah satu destinasi hits di Bandung yang memiliki panorama indah. Memiliki air terjun deras, Curug Maribaya menjadi incaran para warga yang ingin melepas penat untuk mengembalikan kestabilan jiwa atau istilah yang kekinian yaitu healing.

Pasalnya manusia membutuhkan ketenangan juga kesenangan dalam hidup. Sehingga kegiatan refreshing dan hiburan lainnya mejadi lifestyle. Tetapi lifestyle seperti ini memang diperlukan untuk menyelaraskan pikiran dari kepenatan. Maka tak heran bila tempat-tempat wisata selalu penuh.

Terutama saat musim libur. Pasalnya, di musim libur, banyak masyarakat yang menghabiskan waktunya untuk menikmati kehidupan dengan berliburan tentunya. Sehingga salah satu destinasi paling dekat dari Ibu Kota Jakarta yang menjadi favorit ialah dengan pergi ke Bandung.

Bandung memiliki banyak destinasi wisata mulai dari kafe hits, hotel-hotel gemas, bar yang ramai, mall terbuka, bahkan alam yang masih menyisakan rasa sejuk saat mengunjunginya. Kota yang disebut-sebut romantis ini memiliki air terjun indah yang buat terkesima pengunjung.

Lantas apa fakta menarik di balik Curug Maribaya ini? Penasaran? Yuk coba intip ke bawah.

1. Wisata Air Terjun Terbaik

infowisatabandung.com
Foto : infowisatabandung.com

Curug Maribaya merupakan satu dari sekian banyak obyek wisata Jawa Barat terbaik khususnya Lembang. Karena Curug Maribaya memiliki banyak objek wisata yang pastinya bisa menjadi bahan refreshing, seperti Dusun Bambu Lembang dan Lembah Dewata. Lembang sendiri merupakan salah satu kecamatan yang terletak di daerah Bandung Barat. Meskipun luasnya tidak seberapa, Lembang merupakan salah satu destinasi terkenal dan ramai pengunjung.

2. Miliki Tinggi 15 Meter

ragamtempatwisata.com
Foto : ragamtempatwisata.com

Salah satu objek wisata Lembang yang bisa kamu kunjungi adalah Curug Maribaya. Pasalnya Curug Maribaya ini menawarkan keindahan alam yang luar biasa. Curug atau Air Terjun Maribaya memiliki ketinggian kurang lebih 15 meter. Ketinggian Curug Maribaya ini menambah daya tarik tersendiri untuk para pengunjung. Hempasan air terjun yang tinggi dapat membuat tubuh kamu basah jika berdiri di dekatnya.

Di Curug Maribaya ini, kamu juga bisa melihat banyak bebatuan dengan berbagai ukuran. Bebatuan yang besar dan kecil menambah keindahan tempat ini. Namun, kamu juga perlu berhati-hati saat berjalan atau duduk di atas batu. Pasalnya, batu yang terkena cipratan air terjun cenderung licin dan berlumut.

3. Instagrammable

triptrus.com
Foto : triptrus.com

Pada era modern ini, banyak kaum milenial suka dan gemar sekali berfoto di pemandangan alam. Bagi kamu yang ingin berfoto juga, objek wisata ini sangat cocok untukmu. Curug Maribaya yang memiliki ketinggian 15 meter dapat membuatmu betah berlama-lama berada disana. Hawa sejuk yang cenderung dingin di Curug ini juga dapat menenangkan pikiran yang sedang kacau.

4. Gabungan 3 Curug

sikidang.com
Foto : sikidang.com

Curug ini sebenarnya adalah gabungan dari 3 Curug berukuran sedang yaitu Curug Cigulung, Curug Cikawari, Curug Cikolelang. Sumber air dari Air Terjun Maribaya berasal dari dua aliran sungan besar di Kabupaten Bandung Barat. Kedua sungai itu sering disebut oleh warga sekitar dengan nama Sungai Cigulung dan Sungai Cikawari.

Tidak hanya dapat melihat ketingggiannya saja, pengunjung juga dapat menikmati kesegaran dari Air Terjun Maribaya. Kamu bisa menikmati kesegaran airnya dengan cara berenang di kolam penampungan air Curug.

Kolam penampungan air dari Curug indah ini cukup dalam, jika tidak bisa berenang disarankan tidak berenang di kolam ini. Kamu bisa berenang di area kolam curug, pada saat musim kemarau. Pasalnya, jika berenang pada musim hujan, air kolam dari Curug ini sangat keruh akibat banyaknya lumpur.

5. Lokasi Wisata

triptrus.com
Foto : triptrus.com

Lokasi Curug Maribaya terletak di kampung Cikondang, Lamajang, Pangalengan, Cibodas, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Untuk bisa sampai di destinasi wisata alam ini kamu harus menempuh perjalanan selama 15 kilometer dari pusat kota Bandung. Kira-kira membutuhkan waktu selama 45 sampai 60 menit untuk sampai di curug indah ini.

Pada saat menuju ke lokasi objek wisata Maribaya ini, kamu akan dimanjakan pemandangan alam yang sangat indah yang berupa persawahan hijau. Selama perjalanan, kamu juga bisa menjumpai kabut tebal dan embun yang bertebaran.

Curug ini memiliki waktu operasional mulai pukul 08.00 sampai pukul 22.00 dan buka setiap hari. Jadi bagi kamu yang ingin mengunjungi curug ini, kalian tidak perlu khawatir akan tutup karena selalu buka setiap hari pada jam tertentu. Bagi kamu yang ingin berkunjung, disarankan berkunjung pada musim kemarau. Pasalnya, pada musim kemarau debit air dari curug ini tidak terlalu deras berbeda dengan musim penghujan.

6. Harga Tiket

wisatalah.com
Foto : wisatalah.com

Untuk menikmati wisata alam di curug ini, kamu bisa membayar fasilitas dengan harga yang relatif. Mulai dari Rp35.000 hingga Rp90.000 biayanya, sesuai dengan kolam mana yang kamu gunakan untuk prosesi healing kamu.

7. Wisata Menarik Dekat Kawasan Curug Maribaya

Tak hanya curug ini saja, tetapi banyak wisata lain di yang seru dekatnya dan juga hits untuk dikunjungi. Jika kamu mungkin usai bermain air dan ingin mencoba wahana lain disekitarnya, bisa banget nih eksplor lembang bagian lainnya.

Seperti daerah wisata lainnya, Lembang juga memiliki banyak spot atau objek wisata menarik yang menjadikannya daya tarik tersendiri. Setiap tahunnya, Lembang juga dapat meraup wisatawan sebanyak ratusan sampai ribuan orang. Tidak hanya itu, hawa sejuk di Lembang dapat membuat kamu betah berlama-lama di daerah ini. Wisata di daerah dekat air terjun ini seperti The Lodge Maribaya, De’Ranch, dan lain sebagainya.

The Lodge Maribaya

klook.com
Foto : klook.com

The Lodge Maribaya adalah salah satu tempat wisata di Lembang yang menawarkan berbagai hal pada pengunjung. Disini kita bisa melakukan berbagai akitivitas seperti camping, trekking mengelilingi area hutan pinus yang indah, acara gathering dan team building, atau bahkan hanya sekedar refreshing menikmati kuliner.

Terdapat juga berbagai wahana yang pastinya instagrammable karena dikelilingi oleh pegunungan dengan hutan pinus yang khas, udara dan suasana disini memang segar banget.

Lokasi The Lodge Maribaya tepatnya berada di Jalan Maribaya No.149/252, Kp Babakan, Gentong, Cibodas, Lembang. Posisi tempat wisata satu ini berada paling akhir dari rangkaian tempat wisata di sepanjang jalan Lembang – Maribaya – Cibodas.

De Ranch

javatravel.net
Foto : javatravel.net

Awalnya, tempat wisata satu ini merupakan peternakan kuda biasa. Namun melihat potensi yang ada, akhirnya dikembangkan menjadi wisata keluarga dengan mengusung konsep koboy yang kental. Mulai dari tahun 2007, areal ini mulai dibuka untuk umum sebagai tempat wisata menunggang kuda di Lembang.

Sehingga De Ranch Lembang termasuk salah satu tempat wisata senior di Lembang. Ada banyak permainan yang tersedia, baik untuk dewasa ataupun anak-anak sehingga tak perlu khawatir akan suntuk di destinasi ini. Alamat lengkap lokasi De Ranch ada di Jl. Maribaya No.17, Kayuambon, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391.

Itulah wisata-wisata seru di sekitar curug hits satu ini. Selamat liburan!

Topik Terkait