img_title
Foto : Berbagai sumber

IntipSeleb – Ustaz Yusuf Mansur saat ini sedang menghadapi kasus dugaan investasi bodong di bidang batu bara. Beberapa waktu lalu rumahnya juga didatangi oleh massa yang merasa ditipu.

Para korban pun akhirnya angkat bicara mengenai alasan merasa telah ditipu oleh Ustaz Yusuf Mansur. Seperti apa cerita dari para korban? Berikut artikelnya. 

Awal Mula Kejadian

Instagram/yusufmansurnew
Foto : Instagram/yusufmansurnew

Ustaz Yusuf Mansur diduga telah merugikan masyarakat senilai Rp46 miliar dalam kasus dugaan investasi bodong di bidang batu bara. Para korban pun menceritakan jika kejadian ini bermula pada tahun 2009 lalu.

Saat itu Ustaz Yusuf Mansur sedang mengisi ceramah di Masjid Darussalam, Kota Wisata Cibubur. Yusuf Mansur memberi ceramah tentang sedekah.

"Seminggu sebelumnya, beliau datang khusus (pada) subuh untuk ceramah, terkait proyek investasi," kata Nur Khaliek, pengurus Masjid Darussalam dikutip IntipSeleb dari VIVA, Kamis, 23 Juni 2022.

Saat itulah, Ustaz Yusuf Mansur menyampaikan informasi terkait investasi batu bara kepada jamaah di masjid. Berdasarkan keterangan Nur Khaliek sang ustaz menjanjikan banyak keuntungan.

"Proyek ini berorientasi, mengajak jamaah masjid Darussalam kaya di dunia dan akhirat," ucap Nur Khaliek.

Nur Khaliek melanjutkan Yusuf Mansur akan membagi dua keuntungan tersebut. 50 persen diantaranya akan disedekahkan untuk membangun Pesantren Daarul Qur'an.

"Catat ini! Pada saat itu dia sebagai komisaris utama," katanya. 

Mulai Banyak yang Berinvestasi

Istimewa
Foto : Istimewa

Karena hal itu, mulai banyak jama'ah yang akhirnya tertarik. Ada 250 orang yang ikut berinvestasi dalam kurun waktu satu tahun. Total investasinya sekitar Rp46 miliar. Namun, masalah mulai muncul. 

"Masih berkoar untuk bisa melanjutkan. Bahkan mengembalikan modal investasi secara mencicil," ucapnya.

Dari seluruh uang yang sudah diberikan tidak sampai setengah investasi itu dikembalikan. Baru sekitar Rp3 miliar yang kembali namun sisanya belum ada kabar hingga saat ini.

"Jadi masih ada lebih dari Rp 40 miliar yang belum dikembalikan. Sisa inilah yang kami tuntut untuk 250 jamaah," katanya.

Para korban berharap, pihak Yusuf Mansur bisa mengembalikan dana tersebut. Mereka butuh kejelasan karena beberapa diantara investor sangat memerlukan uang itu.

"(Jamaah) yang ikut bukan cuma orang kaya, ada marbot masjid," ucapnya.

Diketahui jika Ustaz Yusuf Mansur sendiri saat ini berada di luar negeri. Ia belum kembali ke Indonesia hingga akhir Juni 2022 nanti.

Berita Terkait
Topik Terkait