img_title
Foto : Instagram/ @cakkirun_official

IntipSeleb – Haji Muhammad Syakirun atau yang akrab disapa Kirun merupakan salah satu pelawak asal Jawa Timur yang sangat perduli dengan dunia seni lawak Tanah Air. Ia beberapa kali membuka sanggar atau padepokan seni. 

Salah satunya Kirun Cs yang kini berubah nama menjadi Padepokan Seni Kirun (PadSKI). Dilihat dari beberapa postingan Kirun juga sering cemarah dalam sebuah tabligh akbar. Seperti apa sosok Kirun? Berikut artikelnya. 

Memimpin Paguyuban

Instagram/ @cakkirun_official
Foto : Instagram/ @cakkirun_official

Dilansir dari berbagai sumber, perjalanan Abah Kirun sudah tidak diragukan lagi dalam dunia seni. Sejak kecil ia sudah tertarik dengan seni ludruk dan ketoprak. Ia pertama kali bergabung dalam ludruk tobongan, Garuda Sakti. 

Kisah Kirun terus berlanjut ia memutuskan untuk pindah ke Sorong Papua untuk berdagang. Namun, jiwa seni dalam dirinya tetap diasah dan ikut bermain dalam ludruk dan ketoprak. 

Kirun juga sempat memimpin paguyubam Krido Wiromo yang merupakan sekumpulan orang-orang Jawa yang berada di Papua. Ia sempat beberapa kali pindah untuk membesarkan paguyuban di Tanah Papua. 

Topik Terkait