img_title
Foto : Intipseleb/Tiya Sukmawati

IntipSeleb Musik – Bersama Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, band musik Slank meresmikan koperasi berbasis fans dan keanggotan multipihak.

Sebagai bentuk kepedulian dan dedikasi untuk memberdayakan para fans yakni Slankers dan generasi muda untuk berproses menjadi wirausaha mandiri dan tangguh. Apa sih Slankop itu? Yuk simak artikel berikut ini!

Slank Luncurkan Slankop

Intipseleb/Tiya Sukmawati
Foto : Intipseleb/Tiya Sukmawati

Belum lama ini, Slank baru saja meluncurkan koperasi yang diberi nama Slankops Koperasi Konsumen Slank Jurus Tandur atau Slankop. SLANKOPS merupakan Koperasi Konsumen, dengan model keanggotaan multipihak, wilayah kerjanya meliputi seluruh wilayah Indonesia, berbadan hukum nasional dan berbasis digital.

"Hari ini kita launching bawa Slank dan Slankers, membentuk koperasi. Ini koperasi pertama berbasis fans dengan band rock n roll," ujar Akhadi Wira Satriaji atau kerap disapa Kaka, di kawasan Duren III, Pancoran, Jakarta Selatan, Selasa, 19 Juli 2022.

Didirikan oleh 12 orang anggota Slank dan Slanker yang diwakili 4 daerah Jakarta, Bekasi, Yogyakarta dan Purbalingga. SLANKOPS sendiri telah memiliki badan hukum yang sah AHU-000943.AH.01.29 tahun 2022, di bawah binaan langsung Kementerian Koperasi dan UMKM RI.

Slankops menjadi koperasi pertama di Indonesia yang berbasis fans, dan juga pertama di Indonesia koperasi konsumen yang menerapkan model keanggotaan Multipihak. Koperasi multipihak sendiri model baru di Indonesia, berdasarkan peraturan Menteri Koperasi dan UKM no 8 tahun 2021.

Dukungan Para Menteri

Intipseleb/Tiya Sukmawati
Foto : Intipseleb/Tiya Sukmawati

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki juga memberikan apresiasi kepada SLANK atas didirikannya Koperasi Slankops ini. Menteri Teten menegaskan perlunya koperasi yang berbasis komunitas, karena ciri khas dari koperasi adalah sebagai badan usaha berbasis anggota, baik sebagai modal sosial maupun sumber daya manusia yang potensial untuk dikembangkan dari segi ekonomi.

Topik Terkait