img_title
Foto : Pixabay

IntipSeleb Gaya Hidup – Banyak yang tidak tahu tentang manfaat kacang tanah yang luar biasa hebat untuk tubuh. Padahal bahan makanan yang mudah didapat ini punya sejuta manfaat yang sangat baik untuk tubuh. Manfaat kacang tanah diakui dunia dan menjadi terapi yang baik untuk penderita penyakit keras.

Ternyata kacang tanah bukan makanan asli Indonesia, asal muasal kacang tanah berasal dari Amerika Serikat. Di negeri paman sam itu, nama kacang tanah beragam, seperti peanuts, groundnuts, hingga goobers.

Namun kacang tanah banyak dijumpai di Indonesia, bahkan terbilang murah dan kerap dijual oleh pedagang kaki lima. Biasanya penjual kacang tanah menjualnya dengan cara direbus bersama kulitnya.

Uniknya, kacang tanah bukanlah kacang sesungguhnya seperti kacang mete atau almon. Jenis kacang yang satu ini tumbuh di dalam tanah dan termasuk dalam kelompok leguminosa.

Artinya kacang tanah masuk kategori kacang lentil, kacang polong, serta kacang kedelai. Leguminosa seperti kacang tanah terkenal dengan kandungan proteinnya yang tinggi.

Bahan pangan ini juga padat kalori karena mengandung lemak nabati yang bermanfaat bagi kesehatan. Berikut banyaknya kandungan zat gizi yang bisa Anda dapatkan dari mengonsumsi segenggam kacang tanah seberat 100 gram. Baca berita manfaat kacang tanah di bawah ini.

Kandungan gizi kacang tanah:

Pixabay
Foto : Pixabay
  • Energi: 525 kkal
  • Protein: 27,9 gram
  • Lemak: 42,7 gram
  • Karbohidrat: 17,4 gram
  • Serat: 2,4 gram
  • Karoten total (vitamin A): 30 mikrogram
  • Thiamin (vitamin B1): 0,44 miligram
  • Riboflavin (vitamin B2): 0,27 miligram
  • Niasin (vitamin B3): 1,4 miligram
  • Kalsium: 316 miligram
  • Fosfor: 456 miligram
  • Besi: 5,7 miligram
  • Natrium: 31 miligram
  • Kalium: 466,5 miligram
  • Tembaga: 1,55 miligram
  • Zinc: 1,9 miligram

Selain zat gizi, kacang tanah juga kaya akan zat fitokimia dan antioksidan. Zat fitokimia yaitu zat-zat kimia yang secara alamiah terkandung di dalam tumbuhan. Fitokimia pada makanan ini di antaranya isoflavon, asam fitat, fitosterol, dan p-Coumaric acid.

Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa zat gizi dan senyawa fitokimia dalam kacang tanah dapat membantu menjaga kesehatan jantung serta mengendalikan gula darah dan berat badan.

Berikut penjelasan lebih rinci mengenai temuan para ahli seputar manfaat kacang tanah.

1. Membantu menurunkan berat badan

www.freepik.com/jcomp
Foto : www.freepik.com/jcomp

Meskipun padat akan kalori dan lemak, manfaat kacang tanah ternyata tidak menambah berat badan. Sebuah studi dalam jurnal Nutrition Research justru menyebutkan kacang tanah dapat membantu menjaga berat badan dan mengurangi risiko obesitas.

Makanan ini kemungkinan membuat Anda kenyang lebih lama sehingga mengurangi keinginan untuk makan secara berlebihan. Selain itu, protein dan lemak menyehatkan pada kacang juga meningkatkan laju pembakaran energi di dalam tubuh Anda.

2. Menjaga kesehatan jantung

www.freepik.com/freepik
Foto : www.freepik.com/freepik

Manfaat Kacang tanah memberikan kesehatan jantung karena kandungan lemak tak jenuhnya lebih tinggi dibandingkan lemak jenuh. Lemak tak jenuh adalah lemak menyehatkan yang dapat menurunkan kolesterol serta mencegah penyakit jantung.

Kacang bernama ilmiah Arachis hypogaea ini juga kaya vitamin B3, magnesium, dan tembaga yang diperlukan untuk memelihara kesehatan jantung. Kombinasi vitamin, mineral, dan lemak menyehatkan akan membuat jantung Anda lebih kuat dan sehat. Ternyata manfaat kacang tanah ini mampu menyelamatkan Anda dari serangan jantung mematikan.

3. Menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke

Pinterest
Foto : Pinterest

Menurut American College of Cardiology, orang yang makan kacang tanah setidaknya 2 kali dalam seminggu mengalami penurunan risiko penyakit jantung sebesar 13 persen. Selain itu, risiko penyakit jantung koroner menurun hingga sebesar 15 persen. Begitu hebatnya manfaat kacang tanah hingga membuat makanan ini sebagai terapi kesehatan di Amerika Serikat

Ini mungkin berkaitan dengan khasiat resveratrol serta asam oleat pada kacang tanah. Keduanya membantu melindungi jantung dan pembuluh darah dari kerusakan radikal bebas. Dengan begitu, risiko penyakit jantung dan stroke pun dapat menurun.

4. Mencegah penyakit batu empedu

Freepik/freepik
Foto : Freepik/freepik

Batu empedu terbentuk dari sisa empedu dan kolesterol yang mengendap sehingga membentuk kristal empedu. Lama-kelamaan, batu empedu dapat menyumbat saluran empedu sehingga menyebabkan nyeri dan peradangan.

Konsumsi kacang tanah mungkin bisa mencegah penyakit batu empedu dengan cara menurunkan kolesterol darah. Untuk memperoleh hasil yang lebih baik, kombinasikan dengan pola makan kaya serat dan batasi asupan makanan tinggi lemak jahat.

Manfaat kacang tanah yang satu ini bisa menyelamatkan Anda dari penyakit empedu yang berbahaya. Coba konsumsi dengan cara direbus agar tidak menimbulkan kolesterol jahat dalam darah.

5. Membantu mengontrol gula darah

diabetes.co.uk
Foto : diabetes.co.uk

Kacang tanah dan kacang-kacangan sejenisnya dapat menjadi pilihan camilan untuk penderita diabetes, karena indeks glikemiknya yang rendah. Artinya, makanan ini tidak menyebabkan kenaikan gula darah dengan cepat.

Anda dapat menjadikan kacang tanah sebagai camilan sehari-hari dengan jumlah terbatas, Serat pada kacang tanah juga memperlambat pergerakan makanan di dalam saluran pencernaan, sedangkan protein mengambil lebih banyak energi supaya dapat terurai.

Kedua hal ini membuat tubuh Anda melepaskan energi dan glukosa dengan stabil. Sehingga manfaat kacang tanah ini diakui dunia sebagai pengontrol kadar gula darah dalam tubuh.

6. Menurunkan kolesterol

www.freepik.com/xb100
Foto : www.freepik.com/xb100

Kandungan lemak tak jenuh pada kacang tanah berpotensi menurunkan jumlah low density lipoprotein (LDL), yakni kolesterol ‘jahat’ yang dapat membentuk plak pada pembuluh darah. Ini merupakan penyebab utama dari penyakit jantung koroner.

Lemak menyehatkan ini juga memelihara sel-sel tubuh dan memberikan tubuh Anda asupan vitamin E. Vitamin E merupakan salah satu antioksidan yang melindungi jaringan tubuh Anda dari kerusakan akibat radikal bebas.

Manfaat kacang tanah yang mampu menurunkan kolesterol berarti juga mampu menjaga tubuh Anda dari berbagai penyakit berbahaya.

7. Meningkatkan fungsi arteri

www.freepik.com/rawpixel.com
Foto : www.freepik.com/rawpixel.com

Manfaat kacang tanah selanjutnya adalah meningkatkan fungsi arteri, yaitu pembuluh darah yang mengalirkan darah kaya akan oksigen ke seluruh tubuh. Hal ini karena kacang mengandung zat bernama arginin.

Arginin merupakan asam amino yang dibutuhkan untuk memproduksi oksida nitrat. Fungsi oksida nitrat adalah melebarkan pembuluh darah. Dengan kata lain, arginin dapat membantu dinding arteri lebih elastis dan mengurangi risiko terbentuknya sumbatan di pembuluh darah.

Batasi Konsumsi, Jangan Berlebihan

Pixabay
Foto : Pixabay

Kacang tanah memang kaya manfaat dan kandungan gizi, tapi Anda sebaiknya tidak mengonsumsinya secara berlebihan. Pasalnya, beberapa zat dalam kacang tanah dapat menimbulkan dampak negatif berikut bila dikonsumsi dalam jumlah banyak.

  • Reaksi alergi, baik akibat konsumsi kacang tanah mentah atau olahan. Pada beberapa kasus, alergi kacang yang parah bisa menyebabkan kematian.
  • Terhambatnya penyerapan zat besi dan zinc akibat pengaruh asam fitat pada kacang tanah.
  • Keracunan aflatoksin dari jamur Aspergillus flavus yang tumbuh pada kacang tanah. Keracunan parah dapat menyebabkan gagal hati dan bahkan kanker.

Kacang tanah merupakan bahan makanan yang padat energi, zat gizi, dan senyawa fitokimia. Manfaat mengonsumsi kacang tanah pun beragam, dari menurunkan berat badan hingga mengurangi risiko penyakit jantung.

Anda bisa mendapatkan khasiat kacang tanah dengan menambahkannya ke dalam menu makanan mingguan, baik dalam bentuk segar ataupun olahan. Namun, konsumsilah dalam jumlah yang wajar untuk mencegah alergi dan dampak lainnya. (bbi)

Topik Terkait