img_title
Foto : Instagram/@bekam_pangusada

IntipSeleb Gaya Hidup – Pecinta tanaman hias pasti sudah tidak asing dengan tanaman lidah mertua. Walau namanya ‘lidah mertua’ tapi tanaman ini sangat cantik dan mudah dirawat lho.

Tanaman lidah mertua banyak ditemukan di rumah-rumah karena memang sangat mudah di rawat dan tidak membutuhkan air yang banyak. Bahkan walau disimpan di dalam ruangan, tanaman lidah mertua ini tetap bisa bertahan hidup.

Tanaman lidah mertua memiliki bahasa latin Sanseviera Trifasciata adalah salah satu tanaman hias yang mudah ditemukan. Tanaman ini juga dikenal dengan snake plants, atau tanaman ular.

Namun siapa sangka tanaman lidah mertua ini bukan hanya ada di Indonesia, ternyata dia tumbuh di berbagai negara di Asia dan Afrika. Tanaman lidah mertua ini memiliki ciri khas daun berbentuk pedang menjulang berwarna hijau. Berikut ini Intipseleb ulas manfaat dan cara merawat tanaman lidah mertua.

Manfaat tanaman lidah mertua

Instagram/@karyahijau
Foto : Instagram/@karyahijau

Tanaman lidah mertua adalah tanaman hias yang bisa tumbuh di mana saja dengan tinggi mulai dari 15 cm hingga hampir 1 meter.

Selain memberikan udara yang lebih segar dan suasana ruang yang indah, ternyata lidah mertua juga memiliki sejumlah khasiat bagi kesehatan, misalnya:

1. Menyaring Udara dalam Ruangan, Bahkan di Malam Hari

Mirip dengan tanaman hias rumah lainnya, tanaman lidah mertua bisa membantu menyaring udara dalam ruangan. Bahkan pada saat malam hari ketika manusia tertidur.

Yang unik dari tumbuhan ini adalah ia merupakan salah satu dari sedikit tumbuhan yang dapat mengubah karbondioksida (CO2) menjadi oksigen di malam hari.

Kualitas ini menjadikan tanaman lidah mertua sangat ideal untuk dekorasi kamar tidur karena dapat membantu mengatur aliran udara yang sehat. Namun tidak ada salahnya juga tanaman lidah mertua ini disimpan di ruang tamu, untuk menambah keindahan.

2. Menghilangkan Polutan Beracun

Tanaman lidah mertua juga dikenal karena kemampuannya membantu menghilangkan polutan udara beracun. Meksi kontribusinya kecil, menurut artikel dari The University of Arizona, tanaman ular ini dapat menyerap polutan penyebab kanker, antara lain CO2, benzene, formaldehyde, xylene, dan toluene.

Dengan kemampuan menyerap dan mengeluarkan racun berbahaya, tanaman ular dapat berperan sebagai pertahanan efektif terhadap alergi udara. Meskipun memiliki banyak manfaat, tapi ada juga bahaya lidah mertua yang perlu Anda ketahui. Tidak banyak orang yang mengetahui bahwa lidah mertua ternyata mengandung racun.

3. Baik untuk Penderita Alergi

Tahukah Anda bahwa tanaman lidah mertua dapat bermanfaat bagi yang memiliki alergi. Hal ini karena tanaman lidah mertua akan menyerap racun dan melepaskan oksigen.

Tanaman lidah mertua juga dapat melepaskan kelembapan di udara dan mengurangi alergen di udara. Oleh karena itu, banyak penderita alergi memiliki tanaman ini di rumah, karena cara alami untuk menghindar dari risiko munculnya penyakit.

Bisa dikatakan, tanaman lidah mertua adalah tanaman yang mampu memurnikan udara dengan menyerap racun melalui daun dan menghasilkan oksigen murni untuk dihirup.

Bahaya Lidah Mertua

Instagram/@karyahijau
Foto : Instagram/@karyahijau

Meski memiliki banyak manfaat, Moms juga perlu memperhatikan bahaya dari tanaman lidah mertua. Perlu diperhatikan, tanaman lidah mertua tidak bisa dimakan karena beracun, sebisa mungkin Anda jauhkan tanaman ini dari jangkauan anak-anak dan binatang peliharaan.

Berikut beberapa bahaya yang ditimbulkan dari tanaman lidah mertua;

1. Mengandung Racun

Ketahuilah bahwa tanaman lidah mertua ini ternyata juga mengandung racun. Meski begitu kadar racun yang terkandung di dalamnya tidak begitu tinggi. Tanaman ini perlu menjadi perhatian dan jauhkan dari jangkauan anak-anak ya.

Jika tanaman ini termakan dalam jumlah yang banyak, dapat berakibat serius pada kesehatan. Beberapa efek samping yang bisa ditimbulkan dari lidah mertua, yaitu diare, mual, dan muntah-muntah.

2. Jauhi dari Hewan Peliharaan

Masih berhubungan dengan racun yang terkandung di dalam lidah mertua, sebaiknya jauhi tanaman hias ini dari hewan peliharaan kesayangan Anda. Sebab, tanaman ini bisa lebih beracun bagi anjing dan kucing, yang dapat menyebabkan mual, muntah, dan diare.

3. Perhatikan Jangkauan Anak

Jika saat ini Anda memiliki anak yang masih di bawah umur, sebaiknya hindari dari jangkauan anak-anak, selain beracun, tanaman ini bisa melukai anak-anak karena pucuknya yang tajam.

Itulah bahaya dari tanaman lidah mertua yang perlu diperhatikan.

Cara merawat tanaman lidah mertua

Instagram/@bekam_pangusada
Foto : Instagram/@bekam_pangusada

Inilah beberapa cara merawat lidah mertua yang perlu Anda ketahui:

1. Jangan Terlalu Sering Disiram

Berbeda dengan tanaman hias lain yang membutuhkan banyak air, kebutuhan air lidah mertua relatif sedikit, karena sifatnya yang sekulen dan tanaman ini memiliki kemampuan dalam menahan air. Jika Anda memilih untuk menghias rumah dengan tanaman lidah mertua, Anda perlu memastikan agar tanah sudah mengering dan tidak lembab sebelum menyiramnya lagi.

Selain itu, tanaman ini lebih aman untuk berada di dalam rumah supaya ia terhindar dari air hujan yang malah bisa membuatnya cepat membusuk.

2. Tempatkan di Ruang yang Teduh

Pada kenyataannya, lidah mertua tidak terlalu banyak memerlukan pencahayaan matahari. Lidah mertua bisa tetap hidup meskipun ia ditempatkan dengan pencahayaan yang minim.

Lidah mertua harus disimpan di lokasi dengan cahaya terang dan suhu antara 10 ° hingga 23 ° Celsius. Paparan suhu di bawah ambang batas yang lebih rendah ini akan mengakibatkan kerusakan daun dan harus dihindari.

Jadi, Anda perlu memastikan juga agar tanaman ini tidak terkena langsung oleh cahaya supaya daunnya bisa tetap berwarna hijau cerah.

3. Berikan Pupuk

Anda bisa memberikan campuran pupuk pada media tanam, supaya daun dari tanaman lidah mertua tetap memiliki warna yang cerah dan segar serta tumbuh kuat.

4. Gunakan Pestisida

Anda bisa semprotkan tanaman lidah mertua ini dengan pestisida secara rutin supaya terhindar dari hama atau binatang yang akan memakan daunnya.

Namun, jika Anda tertarik menanam tanaman lidah mertua sendiri di rumah, Anda bisa mengikuti cara menanam yang sangat mudah. Simak cara berikut ini:

  • Pertama, pastikan agar menggunakan pot yang terbuat dari plastik dan memiliki lubang pada bagian bawahnya supaya air bisa mengalir keluar dengan mudah.
  • Anda perlu menggunakan tanah atau media tanam yang tidak mudah menyerap air. Sebab lidah mertua bisa cepat membusuk jika tanahnya terlalu basah dan lembab.
  • Tanamkan bibit tanaman Sansevieria ke dalam media tanam dan biarkanlah selama beberapa waktu supaya ia bisa tumbuh dengan subur.
  • Pastikan juga untuk selalu merawatnya dengan baik sesuai tips yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Bagaimana, Anda sudah paham belum tentang manfaat dan cara merawat tanaman lidah mertua? Semoga tulisan ini bermanfaat bagi Anda yang sudah memiliki tanaman lidah mertua. Bagi yang berminat, silahkan coba cara-cara merawatnya dengan baik, agar tumbuh subur dan tidak mudah busuk. Selamat mencoba ya. (bbi)

Topik Terkait