X
  • Yanti Noor

IntipSeleb – Gusti Firoza Damayanti Noor, atau yang akrab disapa Yanti Noor meninggal dunia pada usia 65 tahun. Istri dari mendiang Chrisye ini menghembuskan napas terakhirnya di RSUD CImacan, Cipanas, Jawa Barat pada Sabtu, 8 Februari sekitar pukul 12.45 WIB.

Baca Juga: Berita Duka, Istri Mendiang Chrisye Meninggal Dunia

Jenazah disemayamkan di rumah duka yang berada di kawasan Tangerang Selatan. Kemudian, jasad Yanti Noor baru saja dimakamkan di TPU Jeruk Purut, Jakarta Selatan pada hari ini, Minggu 9 Februari siang tadi.

Yanti Noor Sempat Berlibur ke Puncak Sebelum Meninggal Dunia 

Yanti Noor
Sumber Foto: Istimewa

Dilansir dari VIVA.co.id, salah satu putra almarhumah bernama Rayinda Prashatya Chrismansyah atau Pasha menceritakan bahwa ibunya baru saja berlibur ke Puncak bersama teman-temannya. Tepat pada Sabtu pagi kemarin, Pasha cukup terkejut ketika mendapat telepon dari teman ibunya bahwa Yanti Noor telah tiada.

“Ibu saya lagi sama temannya, jalan-jalan di Puncak. Memang biasanya seperti itu, sebulan sekali, memang rutinitas. Itu kejadiannya cepat banget, pada saat itu saya masih shock, baru kabarin keluarga,” katanya, saat ditemui di TPU Jeruk Purut pada Minggu, 9 Februari. 

Tidak Ada Firasat

Yanti Noor
Sumber Foto: @filmchrisye/Instagram

Kenyataan pahit ini pun masih sulit diterima oleh Pasha dan keluarga. Namun, tidak ada yang bisa dilakukannya lagi selain mencoba ikhlas dan berdoa agar almarhumah ibunya diberi tempat yang terbaik di sisi-Nya.

“Pas pamit biasa saja, enggak ada firasat yang gimana-gimana, yang janggal gitu, enggak ada. Pas terima berita itu ya memang Yang Maha Kuasa sudah panggil, kita mau apa,” ujarnya.

Yanti Noor Bukan Meninggal Karena Stroke

Yanti Noor
Sumber Foto: @filmchrisye/Instagram

Sebelumnya, sempat beredar kabar yang mengatakan bahwa Yanti Noor meninggal dunia karena stroke. Hal tersebut pun dibantah oleh Pasha. Menurutnya, sang ibunda tidak punya riwayat stroke, melainkan darah tinggi.

“Kalau sakit darah tinggi itu sudah lama banget, jadi kalau ada pemberitaan stroke itu salah. Saya harus bilang itu salah, beliau ada riwayat darah tinggi dan itu sudah belasan tahun yang lalu,” ungkap Pasha.

Jenazah Yanti Noor Dimakamkan di Liang Lahat Chrisye

Yanti Noor dan Chrisye
Sumber Foto: @paschachrismansyah/Instagram

Lebih mengharukan lagi, Chrisye juga dimakamkan di TPU Jeruk Purut. Jenazah Yanti ternyata dimakamkan dalam satu liang lahat dengan sang suami. Sebelum Yanti meninggal, dia kerap merawat makam sang pelantun Seperti Yang Kau Minta tersebut. Kini, giliran anak-anaknya yang akan menjaga makam kedua orang tua tercinta.

“Dimakamkan di (TPU) Jeruk Purut, samping ayah saya, di atas ayah saya. Ya Insya Allah jaga terus, kan selama ini setelah ayah saya meninggal, dia yang jaga. Mungkin sekarang waktunya kita yang jaga,” ucap Pasha.

Para Artis Tanah Air Iringi Jenazah Yanti Noor ke Pemakaman

Sumber Foto: VIVA.co.id/Ichsan Suhendra

Prosesi pemakaman juga dihadiri oleh sejumlah artis Tanah Air. Beberapa di antaranya adalah Vino G Bastian, Velove Vexia, Widyawati, Erwin Gutawa, serta Dwi Sasono dan istrinya. 

Velove Vexia, yang pernah berperan sebagai Damayanti Noor dalam film biopik Chrisye merasa sangat terpukul atas kepergian almarhumah. Aktris 29 tahun itu tidak pernah mendengar kabar terkini soal Yanti Noor.

“Karena saya enggak pernah tahu Mba Yanti ini ada sakit atau keadaannya enggak sehat. Jadi saya benar-benar sedih dan merasa kehilangan sosok yang saya kenal sekali,” pungkasnya, dikutip dari VIVA.co.id.

Yanti Noor menikah dengan Chrisye tahun 1982 silam. Dari hasil pernikahannya itu, mereka dikaruniai empat orang anak. Mendiang Chrisye meninggal dunia pada 30 Maret 2007 karena penyakit kanker dan paru-paru yang dideritanya.