• Gustika Jusuf Hatta

IntipSeleb – Gustika Jusuf Hatta merupakan cucu dari Wakil Presiden ke-1 Indonesia, Mohammad Hatta. Enggak heran, perempuan 25 tahun ini mempunyai kepedulian yang tinggi terhadap isu sosial. Pemikirannya yang kritis kerap dituangkan lewat akun sosial media pribadi seperti Instagram @gustikajusuf. Penasaran seperti apa sosok Gustika Fardani Jusuf Hatta? Berikut rangkuman IntipSeleb.

1. Kritisi politikus

Gustika Jusuf Hatta

Lahir pada 19 Januari 1994, saat ini Gustika berusia 25 tahun. Lahir dari pasangan Halida Nuriah Hatta dan Gary Rachman Jusuf, Gustika memang seorang anak yang membanggakan. Ia diketahui memiliki karakter hidup yang kuat layaknya sang kakek. Gustika sering mengomentari dunia politik yang sering membawa-bawa nama besar sang kakek lewat media sosial. Saat kampanye Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden kemarin, Gustika kerap mengomentari kubu Prabowo dan Sandiaga Uno.

2. Lulusan King's College

Gustika Jusuf Hatta

Melanjutkan pendidikan sarjananya di King’s Collage, London, Inggris, Gustika mengambil jurusan War Studies atau peperangan. Jurusan yang berat bagi seorang perempuan. Sepertinya perjuangan sang kakek dalam merebut kemerdekaan Indonesia di tahun 1945 membuat Gustika tertarik ya dalam dunia peperangan.

Sebelumnya, Gustika diketahui pernah menempuh pendidikan selama satu tahun di Institute d’etudes politiques de Lyon, Perancis. Selanjutnya ia juga pernah mengambil short course di Oxford University dan juga Sotheby’s Institute of Art sebelum akhirnya menamatkan kuliahnya di King’s College. Salut deh sama Gustika!

3. Sering diundang sebagai narasumber

Gustika Jusuf Hatta

Karena sikap kritisnya yang dianggap cerdas, Gustika kerap diundang menjadi narasumber di acara televisi khususnya saat musim pemilu lalu. Gustika dengan tegas mengajak semua anak muda untuk memberikan hak pilih dan jangan golput.

4. Sering berbicara di forum Internasional

Gustika Jusuf Hatta

Lama tinggal di luar negeri, rupanya membuat Gustika banyak terlibat dalam kegiatan forum bertaraf Internasional seperti Perserikatan Bangsa-Bangsa atau PBB. Dalam forum PBB, ia pernah menjadi delegasi untuk forum pemuda PBB yang membahas tentang perempuan. Tak hanya itu, dalam Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) London, ia juga pernah menjabat sebagai ketua bidang hubungan eksternal.

5. Aktif sebagai aktifis perempuan

Gustika Jusuf Hatta

Tertarik dengan berbagai isu mengenai ketidakadilan yang sering menimpa kaum perempuan, Gustika ternyata juga aktif menjadi aktifis bagi perempuan. Bahkan, ia juga rela untuk turun langsung ke jalanan guna menyuarakan suaranya.

6. Fasih berbahasa Inggris, Perancis dan Spanyol

Gustika Jusuf Hatta

Dalam laman linked.in yang dimilikinya, Gustika memang membuat semua orang kagum akan kecerdasan yang dimiliknya. Menampilkan sertifikat IELTS, ia juga mendapat pengakuan dari 22 orang lainnya jika dirinya memiliki kemampuan dalam berbahasa Spanyol dan Perancis.

7. Sudah memiliki pacar

Gustika dan Wikabhara

Buat cowok-cowok yang mengagumi sosok Gustika, harus siap-siap patah hati nih! Pasalnya, gadis yang akrab disapa Tika itu sudah memiliki kekasih yang bernama Dennis Wikabhara. Pasangan ini termasuk romantis, karena keduanya kerap melakukan travelling ke berbagai negara, bahkan sempat naik gunung bersama.