X
  • Danny raiyah

IntipSeleb – Kabar bahagia datang dari salah satu cucu Soeharto, Danny Bimo Hendro Utomo atau Danny Rukmana resmi menikahi Raiyah Chitra Caesaria. Mantan suami Lulu Tobing itu melangsungkan acara pernikahan pada Sabtu 15 Februari 2020.

Pasangan ini melangsungkan pesta pernikahan yang mewah di sebuah tempat di Jakarta. Tak hanya itu, putra ketiga Tutut Soeharto ini harus menjalani berbagai rangkaian prosesi pernikahan sebelum akhirnya ia sah menjadi suami dari Raiyah. Yuk intip fakta-fakta pernikahan Danny dan Raiyah!

Saksi Nikah

Danny raiyah

Dalam pesta pernikahan yang berlangsung di Grand Ballroom Hotel Mulia, Senayan, Jakarta, pernikahan tersebut disaksikan oleh Andi Darussalam Tabusalla. Tak hanya itu, Mantan Wakil Presiden Try Sutrisno juga hadir untuk menyaksikan cucu dari Soeharto ini untuk melangsungkan pernikahan. Diketahui bahwa Try Sutrisno tiba di lokasi akad pada pukul 10.30 WIB. Acara akad nikah itu pun berlangsung dengan sakral dan khidmat.

Menurut pantauan Viva, akad nikah tersebut berlangsung pada pukul 11.26 WIB dan wajah Danny terlihat sangat tegang menjelang ikrar nikah. Namun, ia akhirnya berhasil mengucapkan ijab kabul dengan satu tarikan napas.

“Saya terima nikah dan kawinnya Andi Raiyah Chitra Caesaria binti H Andi Abdussalam Tabusalla dengan mas kawin tersebut dibayar tunai,” ujar Danny.

Pernikahan Dengan Adat Makassar

Dannny raiyah

Dilihat dari tayangan video Youtube yang diunggah oleh Cendana TV, kedua mempelai menggunakan pakaian adat Makassar. Danny menggunakan pakaian adat Bugis berwarna oranye keemasan dan sang istri juga mengenakan pakaian yang serupa ditambah mahkota di kepalanya. 

Sebelum memasuki ruangan akad nikah, pengantin pria terlihat diiring-iringi oleh keluarga dengan berbagai lantunan musik tradisional yang menggema. Terlihat ada Pagandrang (pemain gendang), pembawa tombak dan payung, pembawa ceret/teko, jubir kemudian pengantin diapit pembawa lellu (pembawa payung). Acara kemudian dilanjutkan dengan tilawah Quran. 

Mas Kawin

Sumber foto: VIVA.co.id

Danny menikahi Raiyah dengan mas kawin berupa emas seberat 20,2 gram dan uang riyal sebesar 88 riyal. Di hadapan dua orang saksi, penghulu dan orang tua mempelai wanita, Danny Rukmana sangat lantang menyebutkan ikrar pernikahan. Setelah itu, ia pun langsung menjemput Raiyah untuk duduk bersanding dengannya.

Raiyah dan Danny juga melakukan prosesi adat lainnya seperti disatukan dalam sehelai kain putih yang telah dijahit sehingga membentuk seperti sarung. Sarung tersebut akan dijahit dengan benang yang tidak mempunyai sambungan. Hal ini dimaksudkan agar hubungan kedua mempelai akan terus menyambung dunia hingga akhirat. Upacara tersebut juga berarti bahwa mempelai pria telah diterima oleh keluarga besar Raiyah.

Kisah Cinta Danny Rukmana dan Raiyah

Sumber foto: VIVA.co.id

Danny dan Raiyah memutuskan menikah setelah kurang lebih dua tahun saling mengenal. Raiyah mengaku bahwa ia pertama kali mengenal Danny sejak di Singapura dan dikenalkan oleh saudara sepupunya. Setelah perkenalan tersebut, mereka pun saling berkomunikasi lewat WhatsApp dan beberapa kali mengadakan pertemuan jika keduanya berada di Jakarta.

“Awalnya ketemu (Danny) dikenali saudara aku, diajak makan. Tanggal 27 Februari 2018. Waktu itu aku masih tinggal di Singapura,’ ujar Raiyah dikutip dari Viva.

Setelah sebulan saling mengenal, pasangan itu pun akhirnya menjalin hubungan asmara jarak jauh karena Danny yang tinggal di Jakarta dan Raiyah yang berada di Singapura. Pada September 2019, mantan suami dari Lulu Tobing ini pun akhirnya melamar Raiyah dan sepakat untuk menggelar akad dan resepsi pernikahan pada hari ini.

Rangkaian Prosesi Pernikahan

Sumber foto: VIVA.co.id

Sebelum sah menjadi suami istri, putra ketiga dari Tutut Soeharto itu harus menjalani serangkaian prosesi sebelum memutuskan masa lajangnya. Pada Kamis 13 Februari, Danny menjalani proses pemasangan Bleketepe dilanjutkan dengan pengajian di kediaman Tutut Soeharto di Menteng, Jakarta Pusat. Sehari setelahnya, ia juga mengadakan proses siraman di kediaman mempelai pria tepat sebelum melangsungkan resepsi pernikahan.

“Papa dan mama yang Danny cintai dan hormati. Danny mohon maaf atas segala kesalahan dan kekhilafan yang pernah Danny lakukan selama ini yang kurang berkenan di hati mama dan papa baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja.  Danny mohon izin untuk mencuci telapak kaki papa dan mama sebagai ungkapan rasa bakti dan terima kasih Danny atas segala pengorbanan mama dan papa untuk Danny selama ini,” ujar Danny Rukmana ketika melangsungkan acara siraman.