img_title
Foto : Pinterest

IntipSeleb Gaya Hidup – Berikut kumpulan doa sehari-hari yang bisa kamu bacakan ketika hendak melakukan aktivitas. Membaca doa sebelum melakukan aktifitas dimaksudkan agar segala aktivitas yang kita perbuat diberkahi Allah SWT.

Sedangkan bagi mereka yang tidak mau berdoa kepada Allah, Allah sebut mereka sebagai orang-orang yang menyombongkan diri karena tidak mau berdoa sebagai wujud beribadah kepada-Nya. Allah berfirman,

"Dan Rabbmu berfirman: "Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina dina." (QS. Al Mukmin: 60).

Tanpa berlama-lama lagi, ini dia kumpulan doa sehari-hari. Terus simak artikel timeless berikut ini sampai habis ya guys!

1. Doa Bangun Tidur

Pexels.com
Foto : Pexels.com

Ketika bangun tidur setiap umat muslim diwajibkan untuk memanjatkan doa kepada Allah. Doa dimaksudkan untuk bersyukur karena hari ini kita masih diberi kesempatan untuk hidup.

Berikut doa bangun tidur:

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُوْرِ

Alhamdullillahilladzi ahyaanaa ba'da maa amaatanaa wa ilaihin nusyuur

Artinya: "Segala puji bagi Allah, yang telah membangunkan kami setelah menidurkan kami, dan kepada-Nya lah kami dibangkitkan."

2. Doa Masuk Kamar Mandi

islampos.com
Foto : islampos.com

Doa masuk kamar mandi dimaksudkan untuk meminta perlindungan dari segala jenis makhluk yang ada di sana. Seperti diketahui, kamar mandi adalah sarang dari jin.

Maka hukumnya wajib untuk membaca doa ketika kita hendak masuk kamar mandi. Berikut doanya:

اَللّٰهُمَّ اِنّىْ اَعُوْذُبِكَ مِنَ الْخُبُثِ وَالْخَبَآئِثِ

"Allahumma innii a'uudzubika minal khubutsi wal khabaaitsi."

Artinya: "Sesungguhnya aku memohon perlindungan kepada-Mu dari (godaan) setan laki-laki dan setan perempuan."

3. Doa Keluar Kamar Mandi

Freepik
Foto : Freepik

Tak hanya masuk, nyatanya keluar kamar mandi juga wajib berdoa. Doa keluar kamar mandi dimaksudkan agar kita disucikan ketika habis melakukan kegiatan mandi atau mensucikan diri.

Tak hanya itu, doa ini dipercaya bisa mengangkat segala kotoran yang tertinggal selama kita mandi. Berikut doa keluar kamar mandi:

غُفْرَانَكَ الْحَمْدُ لِ لهِ الذي أَذ ْهَبَ عَنِّي ْ الْأَذَى و َعَافَانِيْ اللهم اجْعَل ْنِيْ مِنَ ا لتَّوَّابِيْ نَ وَاجْعَلْ نِيْ مِنَ ال ْمُتَطَهِّرِ يْنَ. اللَّه ُمَّ طَهِّرْ قَلْبِيْ مِ نَ النِّفَاق ِ وَحَصِّنْ فَرْجِيْ مِن َ الْفَوَاحِ شِ

Guhfroonaka alhamdulillahi alladzi adzhaba ‘anni al-adza wa ‘aafaani. Allahumma ij’alni minat tawwaabiina waj’alni minal mutathohhiriin. Allahumma thohhir qolbi minan nifaaqi wa hashshin farji minal fawaahisyi.

Artinya: "Dengan mengharap ampunan-Mu, segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan penyakit dari tubuhku, dan menyehatkan aku. Ya Allah, jadikanlah aku sebagai bagian orang yang bertobat dan jadikanlah aku bagian dari orang yang suci. Ya Allah, bersihkan hatiku dari kemunafikan, dan jaga kelaminku dari perbuatan keji (zina)."

4. Doa Sebelum Wudhu

Unsplash/masjidmpd
Foto : Unsplash/masjidmpd

Sebelum wudhu, kita dianjurkan untuk membaca doa. Agar ketika bersuci kita senantiasa mendapatkan keberkahan.

1. Membaca Ta’awudz

أَعُوْذُبِاللهِمِنَالشَّيْطَانِالرَّجِيْمِ

A‘ūdzu billāhi minas syaithānir rajīm.

Artinya: “Aku berlindung kepada Allah dari gangguan setan yang terkutuk.”

2. Membaca Basmalah

بِسْمِاللهِالرَّحْمنِالرَّحِيمْ

Bismillāhir rahmānir rahīm.

Artinya: “ Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.”

3. Membaca Tahmid

الْحَمْدُلِلَّهِعَلَىالْإِسْلَامِوَنِعْمَتِهِ

Alhamdulillāhi ‘alal Islāmi wa ni‘matihī.

Artinya: “Segala puji bagi Allah atas Islam dan nikmatnya.”

4. Membaca Ta’awudz

رَبِّأَعُوذُبِكمِنْهَمَزَاتِالشَّيَاطِينِوَأَعُوذُبِكَرَبِّأَنْيَحْضُرُون

Rabbi a‘ūdzu bika min hamazātis syayāthīni, wa a‘ūdzu bika rabbi an yahdhurūn.

Artinya: “Tuhanku, aku berlindung kepada-Mu dari gangguan setan. Aku juga berlindung kepada-Mu wahai Tuhanku dari kepungan mereka,” (QS: Al-Mukminun ayat 97-98).

5. Membaca Dua Kalimat Syahadat

أَشْهَدُأَنْلآّاِلَهَإِلاَّاللهُوَأَشْهَدُأَنَّمُحَمَّدًارَسُوْلُاللهِ

Asyhadu an lā ilāha illallāhu, wa asyhadu anna Muhammadan rasūlullāhi.

Artinya: “ Aku bersaksi, tiada tuhan selain Allah. Aku juga bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan Allah.”

6. Membaca Niat Wudhu

نَوَيْتُ الْوُضُوْءَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ اْلاَصْغَرِ فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى

"Nawaitul wudhuu-a liraf'll hadatsil ashghari fardhal lilaahi ta'aalaa"

Artinya: "Saya niat berwudhu untuk menghilangkan hadats kecil fardu karena Allah."

5. Doa Setelah Wudhu

Unsplash/tadekl
Foto : Unsplash/tadekl

Doa setelah wudhu dimaksudkan agar wudhu yang kita lakukan bisa menjadi perantara ibadah. Berikut merupakan doa setelah wudhu.

أَشْهَدُ أَنْ لَا إلَهَ إلَّا اللهَ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ اللَّهُمَّ اجْعَلْنِي مِنَ التَّوَّابِينَ وَاجْعَلْنِيْ مِنْ الْمُتَطَهِّرِينَ

Latin: Asyhadu al laa ilaaha illallah wahdahu laa syariika lah, wa asyhadu anna muhammadan 'abduhu wa rasuuluhu. Allahumma ij'alni minat tawwaabiina waj'alni minal mutathahhiriin.

Artinya: "Aku bersaksi tiada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu baginya. Dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah hamba dan utusannya. Ya Allah, jadikanlah aku bagian dari orang-orang yang bertobat dan jadikanlah aku golongan orang-orang yang suci".

6. Doa Memakai Pakaian

pexels.com
Foto : pexels.com

Islam menganjurkan kita untuk berdoa setiap waktu, termasuk ketika kita hendak memakai pakaian. Doa sebelum memakai pakaian bertujuan agar pakaian yang kita kenakan mengantarkan kita kepada hal yang baik.

Selain itu, agar pakaian yang kita kenakan bisa dapat keberkahan Allah SWT. Berikut doanya:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِهِ وَخَيْرِ مَا هُوَ لَهُ ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهِ وَشَرِّ مَا هُوَ لَهُ

Allaahumma innii as'aluka min khairhi wa khaira maa huwa lahu, wa a'uudzubika min syarrihi wa syarri maa huwa lahu

Artinya: "Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu kebaikan pakaian ini dan kebaikan sesuatu yang di dalamnya, dan aku berlindung kepada-Mu dari keburukan pakaian ini dan keburukan sesuatu yang ada di dalamnya."

7. Doa Membuka Pakaian

Doa membuka pakaian dimaksudkan agar kita mendapat keberkahan. Selain itu, agar aurat kita tidak bisa dilihat oleh kaum jin. Berikut doa membuka pakaian:

بِسْمِ اللهِ الَّذِيْ لاَ إِلَهَ إِلَّا هُوَ

Bismillaahil ladzii laa ilaaha illaa huwa

Artinya: "Dengan nama Allah yang tiada Tuhan selain-Nya"

8. Doa Bercermin

Doa ini bersumber dari hadis shahih riwayat Ibnu Hibban, Al Baihaqi, dan Abu Ya’la. Diharapkan dengan membacanya menjadi bentuk syukur kepada Allah SWT telah diberikan rupa dan tubuh yang tanpa kekurangan apapun.

Berikut doa bercermin:

اللَّهُمَّ كَمَا حَسَّنْتَ خَلْقِي فَحَسِّنْ خُلُقِي

Alloohumma kamaa hassanta kholqii fahassin khuluqi

Artinya: "Ya Allah, sebagaimana Engkau baguskan tubuhku, maka baguskanlah akhlakku."

9. Doa Keluar Rumah

Doa keluar rumah dimaksudkan agar setiap langkah kita diberkahi Allah. Selain itu, doa keluar rumah juga dimaksudkan agar kita memohon penjagaan dari Allah SWT di setiap langkah kita. Ini doanya sesuai dengan HR. Abu Daud dan Tirmidzi:

بِسْمِ اللهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ، لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ

“Bismillahi, tawakkaltu ’alallah, laa haula wa laa quwwata illaa billaah”

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah, aku menyerahkan diriku pada Allah dan tidak ada daya dan kekuatan selain dengan Allah saja”. (HR. Abu Daud dan Tirmidzi)

Sementara doa keluar rumah yang kedua adalah:

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ أَنْ أَضِلَّ أَوْ أُضَلَّ أَوْ أَزِلَّ أَوْ أُزَلَّ أَوْ أَظْلِمَ أَوْ أُظْلَمَ أَوْ أَجْهَلَ أَوْ يُجْهَلَ عَلَىَّ

“Allahumma inni a-’udzu bika an adhilla aw udholla, aw azilla aw uzalla, aw azhlima aw uzhlama, aw ajhala aw yujhala ‘alayya”

Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari: aku tersesat, atau aku menyesatkan, atau aku tergelincir, atau aku digelincirkan, atau aku menzalimi, atau aku dizalimi, atau kebodohanku atau dibodohi”.

10. Doa Masuk Rumah

dreamstime
Foto : dreamstime

Doa dibacakan ketika kita mulai memasuki pagar atau sebelum membuka pintu rumah kita. Berikut doanya:

اَللهُمَّ اِنّىْ اَسْأَلُكَ خَيْرَالْمَوْلِجِ وَخَيْرَالْمَخْرَجِ بِسْمِ اللهِ وَلَجْنَا وَبِسْمِ اللهِ خَرَجْنَا وَعَلَى اللهِ رَبّنَا تَوَكَّلْنَا

Alloohumma Innii As-Aluka Khoirol Mauliji Wa Khoirol Makhroji Bismillaahi Wa Lajnaa Wa Bismillaahi Khorojnaa Wa ‘Alallohi Robbinaa Tawakkalnaa

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu baiknya tempat masuk dan baiknya tempat keluar dengan menyebut nama Allah kami masuk, dan dengan menyebut nama Allah kami keluar dan kepada Allah Tuhan kami, kami bertawakkal.”

Itu dia 10 doa sehari-hari yang bisa kamu amalkan sebelum melakukan aktivitas. Semoga kita senantiasa mendapat perlindungan dari Allah SWT. (hij)

Topik Terkait