img_title
Foto : Berbagai sumber

IntipSeleb Lokal – Kehidupan dunia artis memang selalu dipenuhi lika-liku. Tak hanya saat mereka sudah terkenal dan berada di puncak popularitas, melainkan juga saat awal mereka memulai perjalanannya.

Menjajal sebagai pemusik jalanan atau pengamen, pernah dijajaki oleh sejumlah penyanyi tanah air Indonesia di awal karier mereka. Siapa saja mereka? Berikut Intipseleb telah merangkum penyanyi yang pernah menjadi pengamen dari berbagi sumber.

1. Iwan Fals

Instagram/@iwanfals
Foto : Instagram/@iwanfals

Musisi legenda Iwan Fals dikenal menjadi ikon bagi banyak musisi jalanan. Lagu-lagunya banyak menyerempet mengenai isu-isu sosial seolah menjadi bentuk perjuangannya yang ternyata juga dimulai dari jalanan.

Siapa sangka, seorang maestro musik Indonesia ini ternyata pernah menjadi pengamen di jalanan Kota Bandung. Bahkan, pemilik nama asli Virgiawan Listanto itu mulai mengamen sejak masih SMP. Saat itu ia sempat merasakan teman-temannya pura-pura tak mengenalnya karena malu.

Diremehkan oleh teman-temannya, justru tidak membuat Iwan Fals down. Ia malah menjadikan itu sebagai pengalaman berharga sampai akhirnya bisa berbuah manis seperti sekarang. Kini namanya begitu luas terdengar. Ia menjadi salah satu musisi senior Indonesia yang disegani banyak musisi lainnya.

Topik Terkait