img_title
Foto : U-Report

IntipSeleb Gaya Hidup - Tidak ada yang menyangka bahwa Indonesia punya musuh, alias negara membenci Tanah Air kita. Padahal secara doplomasi, Indonesia tidak pernah menyatakan ingin perang atau bertentangan secara kasat dengan negara lain.

Namun lima negara ini dengan jelas membenci Indonesia lantaran beberapa hal, salah satunya penyebabnya adalah konflik Papua Barat. Ada juga alasan lain lantaran Indonesia mengutuk keras negara yang sedang berperang. Siapa saja kah mereka? Baca artikel selengkapnya di bawah ini.

1. Vanuatu

Travelnanthopis.com
Foto : Travelnanthopis.com

Vanuatu adalah sebuah negara di Kepulauan Pasifik yang sangat berdekatan dengan Australia. Negara ini dikenal dengan pelopor yang mendukung kemerdekaan Papua Barat hang hingga kini masih menjadi bagian dari Indonesia.

Seorang diplomat asal Jndonesiaz yakni Silvani Pasaribu pernah menjelaskan, bahwa negara Vanuatu punya obsesi berlebihan dan tidak sehat terhadap tanah air kita. Bahkan negara tersebut sering sekali mencampuri urusan Indonesia dalam melawan pembebasan Papua Barat.

Menurut Silvani, negara tersebut selalu saja membahas pelanggaran Hak Asasi Manusia yang terjadi di Papua Barat dan selalu diangkat dalam sidang umum PBB.

Topik Terkait