• Iqbaal Ramadhan

IntipSeleb – Meski menggeluti bidang akting, Iqbaal Ramadhan tidak meninggalkan karier bermusiknya begitu saja. Mantan anggota grup musik Coboy Junior ini diketahui aktif sebagai bassist dalam band Svmmerdose yang digawangi bersama Terapti Ikhtiar Rinrin (vokalis) dan Agy (gitaris).

Svmmerdose baru saja mengeluarkan debut album perdana mereka berjudul she/her/hers. Menariknya, Iqbaal Ramadhan juga menunjukan kemampuannya di balik layar sebagai sutradara video klip single Break My Walls. Kamu sudah nonton videonya belum di kanal YouTube Svmmerdose?

Dalam video klip itu, Iqbaal Ramadhan menggunakan nama samaran Max Tollenaar, lho. Fyi, Max Tollenaar merupakan nama pena Minke, karakter yang ada di film Bumi Manusia. Dalam film tayang mulai 15 Agustus 2019 tersebut, Iqbaal Ramadhan memerankan karakter Minke yang aktif menulis dengan nama pena Max Tollenaar di surat kabar ketika zaman kolonial.

Kok pakai nama Max Tollenaar sih?

Iqbaal Ramadhan dan Bryan Domani di Bumi Manusia.

Iqbaal Ramadhan sudah lama berpikir untuk menggunakan nama Max Tollenaar bila terlibat dalam sebuah proyek di balik layar. Alasannya ternyata sama dengan karakter Minke yang diciptakan oleh sastrawan Pramoedya Ananta Toer.

“ini nama pena yang Minke gunakan ketika beliau memuat tulisan-tulisannya dalam bahasa belanda di koran belanda juga. Minke sadar atas kemampuan dan bakatnya, tapi beliau juga faham kalau menggunakan nama Indo-nya, tulisan-tulisan beliau—sebagus apapun; tidak akan pernah dimuat hanya karena nama aslinya,’ ungkap Iqbaal di akun Instagaram @iqbaal.e pada Senin, 26 Agustus 2019.

Nama Iqbaal Ramadhan sudah dikenal sejak kecil

Iqbaal Ramadhan

Apa yang kamu pikirkan kalau mendengar nama Iqbaal Ramadhan? Apapun itu, cowok 19 tahun ini ternyata mau menggunakan nama lain agar orang bisa lebih fokus melihat hasil karyanya.

“Saya rasa ini sangat relatable dengan apa yang saya rasakan. nama “Iqbaal Ramadhan” sudah saya pakai sebagai stage name sedari saya kecil. saya kira, akan lebih bijak kalau nama “belakang layar” saya diganti menjadi yang lain. supaya orang benar-benar bisa menghargai apa-apa yang saya buat, tanpa harus menyepelekan atau menggampangkan karena nama asli saya, yang setiap orang pikirannya beda-beda ketika disebutkan,” ungkapnya lagi.

Video Klip Break My Walls

Video klip Svmmerdose lagu Break My Walls.

Kemampuan Iqbaal Ramadhan sebagai sutradara enggak bisa disepelekan. Dalam video klip Break My Walls konsep yang digunakan sangat estetik dan artsy. Selain sebagai sutradara, Iqbaal juga menjadi penulis lagu bersama Tarrarin, lho. Sejak dirilis pada 11 Agustus 2019, video klip Break My Walls ditonton lebih dari 300 ribu kali pada 26 Agustus 2019. Tonton video klipnya berikut ini!