img_title
Foto : Freepik

IntipSeleb Gaya Hidup – Anda punya masalah dengan perut buncit? Mungkin tujuh cara menghilangkan lemak perut di bawah ini cocok untuk membantu masalah tubuh Anda.

Perut berlemak dan buncit terkadang menjadi masalah berat salam hidup, apalagi untuk perempuan yang tentu memikirkan penampilan optimal. Namun perut buncit dan berlemak tidak bisa dihilangkan seketika dengan cara yang instan.

Biasanya tubuh berlemak merupakan timbunan dari hasil olahan makanan dalam tubuh yang tidak terbuang oleh keringat atau energi. Hasilnya perut buncit pun tak terhindarkan.

Cara menghilangkan lemak perut bisa Anda coba lakukan di rumah, jika ingin menghasilkan tubuh yang sehat dan bugar tanpa kendala berat badan. Namun biasanya perempuan ada saja keluhannya jika diminta olah raga dan makan-makanan sehat.

Tapi percayalah tidak ada cara lain yang bisa dilakukan dengan alami, untuk menghilangkan perut buncitmu yang bergelambir dengan bahagianya. Cara menghilangkan lemak perut yang dirangkum IntipSeleb di bawah ini mungkin bisa Anda lakukan tanpa harus bersusah payah.

Tetapi paling tidak, Anda harus tetap berupaya keras untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal. Bagaimana caranya? Simak artikel di bawah ini!

Cara Menghilangkan Lemak Perut Buncit

Freepik
Foto : Freepik

Lemak di perut bisa mengganggu penampilan, khususnya bagi perempuan yang mengutamakan fashion dan kecantikan. Tak hanya itu, ternyata lemak di perut juga bisa menyebabkan buruknya kesehatan tubuh.

Melansir dari laman kesehatan halodok, lemak perut atau yang dikenal dengan lemak visceral ternyata menjadi penyebab beberapa penyakit dalam tubuh. Seperti penyakit berbahaya doabetes tipe 2 dan jantung.

Bahayanya timbunan lemak dalam tubuh khususnya di perut ternyata bisa merembet ke penyakit lain yang tidak bisa di duga-duga. Maka dari itu, penting bagi kita untuk menghilangkanemak di perut, agar tidak buncit dan lebih sehat.

Berikut ini cara menghilangkan lemak di perut;

1. Konsumsi Makanan Berserat

Freepik
Foto : Freepik

Menjaga pola makan dan hidup sehat bisa dimulai dengan mengonsumsi sayuran, buah, biji-bijian utuh, serta protein tanpa lemak. Makanan jenis seperti ini ini akan membuat perut kenyang lebih lama karena kaya serat dan bergizi tinggi. Sehingga kita tidak akan tertarik untuk makan berlemak lainnya yang membahayakan tubuh.

Tak hanya itu, kandungan mineral dan vitamin dalam makanan tinggi serat pun dapat memenuhi kebutuhan energi yang sangat diperlukan oleh tubuh. Ingat juga untuk mulai mengurangi konsumsi makanan cepat saji karena dapat mengganggu metabolisme tubuh menjadi tidak lancar.

2. Hindari Makanan Mengandung Lemak Trans

Freepik
Foto : Freepik

Jangan bermimpi untuk memiliki perut langsing jika masih makan-makanan berlemak. Terlebih yang sering dimakan adalah makanan lemak trans yang paling buruk untuk kesehatan tubuh.

Mengonsumsi banyak lemak trans tidak hanya bisa menambah lemak perut, tapi juga bisa meningkatkan risiko mengalami penyakit jantung dan masalah kesehatan lainnya. Jika sudah terjadi maka akan sulit untuk diobati lho.

Lemak trans ini biasanya banyak ditemukan pada margarin, mentega, minyak nabati tertentu, makanan kemasan dan juga sering digunakan pada makanan cepat saji. Memang kita sudah banyak yang tau tentang bahaya makanan cepat saji, namun masih banyak yang bandel mengonsumsinya lantaran praktis.

Jadi, untuk mengusir lemak perut dan melindungi kesehatan, baca label bahan makanan dengan seksama ya dan jauhi produk yang mengandung lemak trans. Pasti tubuh Anda akan jauh lebih sehat dan bugar.

3. Minum Air Putih yang Cukup

Freepik
Foto : Freepik

Sudah bukan rahasia lagi, jika tubuh kita didominasi oleh cairan. Maka penting bagi kita untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan air, dengan mengonsumsi air putih minimal 8 gelas (2-2,5 liter) perhari.

Apalagi jika Anda rutin melakukan olahraga, cairan yang cukup akan menjaga tubuh dari dehidrasi. Namun sebisa mungkin tetap konsumsi minimal 2 liter air per hari untuk memebuhi kebutuhan cairan tubuhmu ya.

Jangan lupa untuk tidak mengonsumsi minuman bersoda, jus buah dalam kemasan, dan minuman berenergi. Karena minuman di atas mengandung gula dalam kadar tinggi kalori dan pengawet yang tidak baik untuk tubuh.

4. Rutin Olahraga

Freepik
Foto : Freepik

Memang olah raga menjadi momok yang menakutkan bagi sebagian orang. Lelah, berkeringat, dan panas membuat sebagian orang enggan untuk olah raga. Padahal olah raga menjadi salah satu cara menghilangkan lemak perut paling ampuh dibanding lainnya.

Sempatkan waktu untuk berolahraga selama 30 hingga 60 menit setidaknya lima kali dalam seminggu. Jika merasa sibuk dan tidak punya banyak waktu berolahraga, tak perlu khawatir, Anda bisa mulai melakukan olahraga ringan dengan jalan kaki, bersepeda, dan berenang.

Tak ada salahnya bergabung dalam komunitas senam atau olahraga untuk memotivasi kamu agar melakukan gaya hidup sehat. Jadi gak perlu lagi merasa takut atau gengsi berolah raga ya!

5. Latihan Otot

Freepik
Foto : Freepik

Olah raga saja ternyata gak cukup untuk Anda berupaya menghilangkan lemak di perut. Ternyata olahraga pembakaran lemak juga sangat diperlukan oleh tubuh untuk mengurangi volume lemak di tubuh.

Setiap hari diusahakan, bakar lemak tubuh dengan banyak bergerak. Lakukan latihan otot setidaknya dua hingga tiga kali dalam seminggu. Hal ini bisa meningkatkan massa otot dalam tubuh dan meningkatkan proses pembakaran lemak dan kalori.

6. Kurangi Kalori

Freepik
Foto : Freepik

Cara menghilangkan lemak perut lainnya juga bisa dengan mengurangi kadar kalori yang masuk ke dalam tubuh. Buang lemak sebanyak satu kilogram setiap minggu, dengan mengurangi asupan kalori sekitar 500 sampai 1000 kalori/hari.

Dengan begini, lemak tubuh pun akan berkurang secara berkala. Cara ini dinilai paling mudah lantaran tak perlu bersusah payah minum obat diet yang harganya mahal.

7. Tidur yang Cukup

Freepik
Foto : Freepik

Tidur menjadi hal yang cukup penting untuk banyak aspek kesehatan, termasuk berat badan. Studi menunjukkan bahwa orang yang kurang tidur cenderung mengalami pertambahan berat badan dan juga lemak di perut.

Jadi, kalay Anda ingin mengusir lemak perut, usahakanlah untuk tidur yang cukup setiap malam. Biasakan tidur di awal waktu dam bangun di pagi hari agar tubuh terasa lebih bugar dan siap beraktifitas.

Menerapkan gaya hidup dan pola makan sehat merupakan cara yang efektif untuk mendapatkan perut yang bebas lemak. Tujuh cara menghilangkan lemak perut di atas juga bisa Anda coba di rumah tanpa harus keluar uang banyak.

Namun harus tetap dipastikan melakukannya dengan rutin dan tidak bolos jalani pola hidup sehat ya. Jangan lupa untuk berbagi kepada sesama dan kurangi stress untuk bisa menjaga pola tubuh sehat dan perut bebas lemak. Selamat mencoba!

Topik Terkait