X

IntipSeleb – Ria Ricis membuka kolom question and answer di Instagram Stories soal pengalaman berhijab. Banyak diantara warganet muslimah yang menanyakan pandangan Ricis soal hijab dan akhlak.

Ricis menegaskan bahwa akhlak dan hijab adalah dua hal yang berbeda. Contohnya mereka mencurahkan isi hati soal takut berhijab karena kelak akan dibully akibat sikapnya yang masih pecicilan. Lantas, bagaimana pendapat Ricis soal hal tersebut? Simak ulasan berikut.

Baca Juga: Pemasukan Turun, Ria Ricis Tetap Syuting Saat COVID-19 Sampai Dilabrak

Ria Ricis buka pertanyaan soal berhijab

Ria Ricis

Ria Ricis merupakan public figure yang aktif dalam sosial media YouTube maupun Instagram. Dia sering berinteraksi dengan para penggemar salah satunya dengan membuka kolom question and answer soal kewajiban berhijab pada Kamis, 2 April 2020.

Berbagai pertanyaan dilontarkan netizen di antaranya bagaimana pendapat Ricis kalau seseorang belum siap untuk berhijab meski diwajibkan dalam agama. Selain itu, Ricis juga banyak mendapat pertanyaan soal orang berhijab berbuat salah tapi langsung dicap buruk. Kata Ricis, akhlak dan hijab merupakan dua hal yang berbeda.

Gapapa dulu Ricis juga belum siap tapi dicoba karena kita gak tahu sejauh mana batasan siap kita kalau kita gak mencoba. Ya sih jadi takut bikin orang berhijab syar’i, karena kalau salah dikit yang disalahin hijabnya itu yang harus diperbaiki bahwa akhlak dan hijab dua hal berbeda,” ungkap Ria Ricis lewat Instagram Stories yang diunggah pada Kamis, 2 April 2020.

Lebih lanjut, wanita 25 tahun ini menjelaskan bahwa tidak ada manusia yang sempurna. Untuk itu, Ricis menyarankan agar wanita muslim belajar untuk berhijab mulai dari hati. Yang paling penting, tidak mencibir orang lain dengan perkataan kurang terpuji.

Semua butuh proses jadi gak ada manusia yang sempurna, ukhti-ukhti yang lain juga belum tentu sifatnya sempurna jadi yang paling penting belajar dan semua dimulai dari hati yang penting gak judge orang lain buruk.  Hijab kan kewajiban masalah suci atau gak kan Allah yang menilai jadi lebih baik pakai hijab jangan didengarkan orang yang ngata-ngatain,” ujarnya.

Saran Ria Ricis soal kewajiban berhijab

Ria Ricis

Tak hanya itu, wanita bernama asli Ria Yunita ini menyarankan kepada perempuan muslim yang mau mencoba berhijab untuk tidak terlalu banyak berpikir. Kata dia, yang paling penting adalah mencoba untuk mengenakan hijab sebagai kewajiban karena tidak ada manusia yang sempurna.

“Kalau teman-teman baru mau pakai hijab baru mau coba jangan kebanyakan mikir, contohnya aku mau berhijab tapi aku begini-begini. Plis tapinya dihilangin coba aja dulu gak ada manusia yang sempurna, udah pakai hijab juga pasti ada kesalahan, bahkan orang lain yang berhijab cukup lama pun pati ada salah. Yang paling penting dicoba daripada gak sama sekali, coba dulu dipakai dulu,” tuturnya.

Ricis juga dimintai pendapat soal wanita yang berhijab tapi masih punya sikap pecicilan. Menurut Ricis, hijab dan akhlak adalah dua hal yang berbeda. Pasalnya, hijab itu merupakan sebuah kewajiban dalam Islam. Sehingga, wanita yang telah berhijab tapi melakukan perbuatan paling buruk sekalipun dianggap Ricis memiliki nilai plus karena telah memenuhi kewajiban dalam Islam.

Hijab dan akhlak dua hal yang berbeda. Kenapa? Karena hijab itu kewajiban, mau dia seperti apa sekalipun dia orang paling buruk tapi dia berhijab setidaknya dia punya nilai plus karena dia sudah mengikuti aturan dan dalam Islam yaitu wajib pakai hijab,” pungkas Ria Ricis.

Berita Terkait :

Saksikan Juga